pentingnya memiliki nama domain kustom sendiri
Blogging

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Nama Domain Sendiri

Hosting dan nama domain adalah dua hal yang diperlukan dalam membuat sebuah website atau blog. Hosting digunakan untuk menampung file-file yang diperlukan sementara nama domain bertindak sebagai alamat blog.

Jika menggunakan platform blog gratis seperti WordPress.com atau Blogger, dua hal ini bukanlah masalah karena sudah disediakan gratis. Jadi siapapun dapat membuat blog dengan mudah dan bisa langsung mengisinya dengan konten buatan mereka.

Meski memiliki hosting yang lumayan stabil, satu kekurangan dalam menggunakan blog gratis seperti ini adalah nama domain yang didapat. Jika kamu membuat blog di kedua situs tersebut, nama domain yang didapat berupa sub-domain dari domain utama mereka. Jadi blog kamu nantinya akan memiliki embel-embel wordpress.com atau blogspot.com di belakangnya.

Sekilas memang tidak ada yang salah dengan hal ini, toh website/blog tetap dapat diakses secara normal.

Tapi jika kamu ingin serius ngeblog, maka menggantinya dengan nama domain sendiri adalah sebuah keharusan. Jika masih ragu, simak dulu yuk beberapa alasan kenapa kamu harus punya nama domain sendiri.

Kelebihan Punya Nama Domain Kustom Sendiri

1. Jadi Lebih Unik

Yang jelas menggunakan nama domain sendiri akan membuat blog tampak unik meski sama-sama menggunakan platform blog gratisan. Bila masih menggunakan akhiran wordpress.com atau blogspot.com, nama website kita akan mirip dengan jutaan website lainnya.

2. Lebih Kredibel

Karena bisa dibuat secara cuma-cuma, blog gratis sering disalahgunakan dan dipakai untuk kegiatan yang malah membahayakan pengunjungnya. Meski hanya segelintir, hal ini tetap saja merusak reputasi blog gratis yang akhirnya banyak diidentikan dengan blog spam.

Untuk mengatasinya, menggunakan nama domain sendiri bisa menjadi salah satu solusi. Lagipula jika kita mencari kata kunci di mesin pencari, kebanyakan dari kita akan lebih memilih untuk mengklik nama situs yang lebih pendek dibanding subdomain blog gratis yang lebih panjang bukan?

3. Personal Branding

Memiliki nama domain sendiri adalah cara terbaik untuk mempromosikan nama brand atau nama kita sendiri secara online. Dengan begitu nama domain lebih dari sekedar nama website, tapi juga identitas kita di dunia maya yang membuat kita tampak lebih profesional.

Hal ini akan sangat berguna jika kita membuat website sebagai portfolio atau toko online. Orang yang ingin mencari brand kita akan lebih mudah menemukannya jika kita menggunakan nama domain kustom yang mengandung nama brand tersebut.

4. Nama Domain akan Selalu Melekat

Meski digunakan bersamaan, nama domain tidak akan terikat pada hosting yang digunakan. Jika mau, kita bisa memindahkannya ke hosting lain atau mengarahkannya ke domain lainnya. Selama diperpanjang, domain akan selalu menjadi milik kita, bahkan saat sedang tidak digunakan. Jika kita memutuskan untuk menggunakannya kembali, semua reputasi yang didapat oleh nama domain tersebut tidak akan hilang semuanya. Kita pun tidak perlu membangun reputasi blog lagi dari awal.

5. Investasi

Membangun authority yang baik pada sebuah nama domain bisa menjadi investasi tersendiri bagi pemiliknya. Jika authority-nya tinggi, nama domain bisa memiliki harga yang tinggi pula.

Hal yang sama tidak bisa dilakukan pada subdomain gratisan. Setinggi apapun authority-nya akan tetap dipandang sebelah mata karena kita tidak memiliki kontrol penuh terhadap subdomain tersebut.

6. Membuka Peluang Monetasi Tambahan

Memiliki nama domain sendiri akan membuka peluang monetasi tambahan yang tidak bisa didapat jika kita masih mengandalkan nama domain dari blog gratis.

Sebagai contoh, layanan seperti BuySellAds tidak menerima pendaftaran menggunakan subdomain. Dan jika kamu pernah mengikuti lomba blog, kadang panitia lomba akan memberi syarat agar blog menggunakan nama domain dengan TLD dan bukan berupa subdomain.

7. Harganya Terjangkau

Jika semua alasan di atas masih belum membuat kamu yakin untuk memiliki nama domain sendiri, patut kamu tahu bahwa nama domain bisa ditebus dengan harga yang sangat murah lho!

Untuk nama domain .com, biayanya kurang dari Rp150.000 per tahun. Kalau dihitung-hitung, per bulan kita hanya perlu keluar uang sekitar 12 ribuan saja. Kalau mau cari yang lebih murah, ada opsi domain lokal seperti WEB.ID atau MY.ID yang harganya masing-masing cuma Rp55K dan Rp12K saja per tahunnya.

Tips Memilih Nama Domain

Saat memutuskan untuk membeli nama domain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Jadi jangan asal memilih nama domain agar manfaatnya bisa dirasakan secara optimal.

  • Pilih TLD yang tepat – Meski kini ada banyak pilihan ekstensi yang bisa dipilih, .COM tetap harus jadi incaran utama karena TLD ini identik dengan website. Saat kita memberikan nama website, maka pada umumnya orang akan menganggap domain tersebut menggunakan TLD .COM. Jika domain dengan TLD ini tidak tersedia, tidak ada salahnya menggunakan alternatif .NET atau .ORG.
  • Gunakan nama yang pendek – Nama yang pendek akan lebih mudah diingat. Incarlah nama domain dengan panjang 6-14 karakter.
  • Gunakan nama yang mudah disebutkan – Jika sebuah nama domain sulit diucapkan, bayangkan jika harus mengetiknya. Makanya carilah nama yang mudah untuk ditulis dan diingat orang lain.
  • Hindari tanda sambung dan angka – Tanda sambung dan angka pada nama domain akan membuatnya lebih sulit diucapkan.
  • Selipkan keyword – Jika memiliki website dengan niche tertentu, tidak ada salahnya jika menggunakan keyword pada nama domain. Selain menggambarkan bisnis, nama domain dengan keyword tertentu juga mudah menarik perhatian orang lain yang sedang mencari topik yang sesuai dengan niche website tersebut.
  • Jangan menggunakan nama yang berpotensi melanggar hak ciptaCek domain yang ingin didaftarkan. Hindari penggunaan nama brand lain yang sudah lebih dulu populer agar domain tidak bermasalah di kemudian hari.

Di Mana Saya Bisa Membeli Nama Domain?

Saat ini tidak sulit untuk mencari tempat jual beli domain. Opsinya sangat beragam mulai dari perorangan hingga sebuah perusahaan. Tidak hanya di luar negeri, di dalam negeri pun ada banyak opsi penjual nama domain yang bisa kita pilih.

Meski begitu, membeli domain tidak boleh dilakukan di sembarang tempat. Salah beli domain malah bisa bermasalah. Pusing kan kalau domain ternyata tidak bisa dipindahkan atau malah tidak bisa diakses setelah dibeli?

Nah, salah satu tempat beli domain terpercaya di Indonesia adalah Qwords. Qwords sendiri sudah berpengalaman sejak tahun 2005 di dunia hosting dan domain. Selain itu kliennya juga bukan dari Indonesia saja, tapi juga dari beberapa negara Asia lainnya. Jadi masalah kredibiltas tidak perlu diragukan lagi.

Untuk urusan domain, Qwords menyediakan domain dengan beragam TLD mulai dari yang populer seperti .COM atau .NET, hingga generic TLD terbaru seperti .SHOP atau .STORE.

Tidak cuma itu, Qwords juga sudah terakreditasi PANDI. Jadi kamu bisa mendapatkan beragam TLD lokal seperti .ID, .CO.ID, atau .WEB.ID dengan harga yang sangat terjangkau.

Setiap domain yang dibeli akan langsung aktif dalam hitungan menit. kamu pun mendapatkan full-control terhadap domain tersebut. Jika bingung bagaimana cara memakainya, ada tim layanan bantuan yang siap memberikan fast response selama 24 jam penuh. Asik kan?

Jika ingin ngeblog dengan serius, nama domain menjadi salah satu hal yang harus kamu miliki. Makanya, jika kamu masih belum memiliki nama domain sendiri, sekarang adalah waktu yang tepat untuk membelinya. Kalau masih bingung harus beli di mana, langsung cek Qwords saja!

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *