cara menghasilkan uang lewat content placement dan blog review

Bikin Blog Jadi Ladang Uang di Website Ini!

Tanpa perlu dijelaskan panjang lebar lagi, pasti dah tahu dong yah kalau sekarang blog juga bisa diduitin. Jadi daripada bikin blog cuma buat tempat cuap-cuap aja, mending dimanfaatin buat dapat penghasilan tambahan.

Kalau untuk caranya sendiri sih banyak banget. Buat yang belum pernah mungkin bisa cek cara saya menghasilkan uang dari blog.

Di antara semua cara monetasi yang ada, kayaknya Adsense dan Affiliate Marketing jadi pilihan paling populer. Sekilas mengenai Adsense, di sini kita menjadi partner periklanan Google di mana kita dibayar untuk menampilkan iklan dari jaringan Adsense. Sementara Affiliate marketing menggunakan sistem komisi di mana kita mendapatkan imbalan uang untuk setiap transaksi sukses yang terjadi lewat link afiliasi kita.

Meski kelihatannya mudah, Adsense dan Affiliate marketing punya banyak kekurangan, terutama buat bloger pemula.

Untuk Adsense, kita harus punya blog dengan trafik tinggi biar bisa gajian setiap bulan. Tergantung niche blognya juga, pengunjung 1.000 per hari aja kadang masih belum bisa dapat $100 per bulan yang jadi batas penarikan Adsenese. Jadi kalau trafiknya masih unyu-unyu gtu ya bakalan lama banget ngumpulinnya.

Buat affiliate marketing mungkin syarat dan cara mainnya lebih mudah. Batas penarikan dananya juga relatif lebih kecil. Cuma menyakinkan orang buat beli produk lewat link afiliasi kita bukan hal yang gampang. Apalagi kita bakalan saingan sama ratusan/ribuan affiliate marketer lain di luar sana. Tapi kalau sudah jalan sih biasanya bakal rutin dapat setiap bulannya.

Lha terus gimana cara dapat duit dari blog yang paling mudah?

Ya sebenarnya sih gak ada yang mudah, kekekeke

Anyway, di antara cara lain yang pernah saya coba, cara yang paling mudah itu kerjasama content placement alias konten berbayar. Dengan cara ini, kita dibayar untuk menampilkan artikel orang lain di blog kita. As simple as that.

Selain content placement ada juga yang namanya job review yang konsepnya hampir mirip. Bedanya kalau di job review kita harus bikin artikelnya sendiri.

Jumlah uang yang bisa kita dapat dari cara ini bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah tergantung reputasi blog kita.

Apa syarat supaya blog bisa dapat content placement?

Dibandingkan bikin blog buat Adsense, syarat blog buat dapat kerjasama content placement kayaknya jauh ringan. yang penting blognya keurus dan kontennya dah lumayan banyak. Tulisan juga bisa gado-gado dan gak mesti punya niche khusus (meski kalau ada lebih bagus).

Meski begitu, banyak marketer yang juga menargetkan blog dengan kriteria tertentu, misalnya:

1. Punya Domain Authority (DA) yang tinggi

Buat yang belum tahu, domain authority adalah sistem ranking yang dikembangkan Moz untuk mengukur reputasi blog kita. Nilainya berkisar antara 0-100.

Untuk cek nilai domain authority, kita bisa pakai tools gratis dari Moz. Cukup masukan nama website, keluar deh nilai DA-nya.

Nah, supaya bisa dapat job review dan content placement, nilai DA minimal kyknya sekitar 10 (soalnya dulu waktu nilai DA blog saya segitu dah dapat tawaran content placement). Di beberapa situs penyedia content placement juga, nilai DA terendah yang jadi syarat memang segitu.

Cuma kalau bisa lebih besar ya lebih bagus. Selain bisa dapat bayaran yang lebih besar, kita juga lebih mudah dapat job.

Terus bagaimana caranya bikin blog dengan nilai DA yang bagus?

Wah, kalau ini bisa panjang. Tapi insyallah saya bahas kapan-kapan.

2. Punya Domain Rating (DR) yang bagus

Domain rating mirip dengan domain authority di atas. Bedanya kalau yang ini buatannya Ahrefs. Konon katanya sih lebih bagus perhitungannya si Ahrefs ini, makanya ada banyak advertizer yang menyesuaikan tarif content placement dengan nilai domain rating blognya.

3. Aktif di Sosial Media

Buat kamu yang aktif di sosial media juga bisa banget nih ngebantu blognya supaya dapat job content placement. Pada beberapa kasus malah tarif di sosial medianya bisa beda sama tarif content placementnya, jadi bisa dapet dobel.

Jadi gak masalah kalau nilai DA-nya kecil atau gak ada kontennya yang masuk halaman pertama Google. Yang penting eksistensinya di sosial media luar biasa, xixixi.

Di mana kita bisa cari job content placement?

Jujur dulu saya sih gak pernah nyari, yang ada malah datang sendiri (sombong amat! wkwkwk)

Kalau mau bisa begini, kita kudu punya authority di niche yang kita ambil. Misalnya buat yang sering review gadget atau alat kecantikan dan bisa nangkring di hasil pencarian Google, bisa aja nih tau-tau dihubungi sama pihak pengiklan.

Cuma buat yang gak bisa dan gak mau repot begitu, jangan khawatir! Kamu bisa mencari sendiri tawaran content placement di tempat-tempat berikut ini:

1. Sosiago.id

Sosiago.id adalah situs pertama yang perlu kamu cek buat nyari job content placement.

Dulu saya pertama kali tahu ada situs semacam ini waktu ada lomba blog yang diadakan SosiaGo. Akhirnya jadi tahu deh ternyata ada yah situs yang kayak gini.

cari blog review dan job content placement di sosiago.id
Contoh job content placement di sosiago.id

Buat daftar tidak ada syarat khusus, blog seperti apapun bisa langsung lolos tanpa ditinjau terlebih dahulu. Selain blog, kamu juga bisa mendaftakan akun sosial media karena ada banyak juga job khusus buat akun sosmed kayak Instagram, Twitter, dan Youtube.

Satu hal yang unik, Sosiago juga sering mengadakan kontes dengan hadiah yang fantastis. Meski ada yang bentuknya blog review, kebanyakan kontesnya berupa kontes SEO. Jadi kalau kamu jago SEO, jangan lupa ikutan yah!

2. Vira.id

Selanjutnya ada Vira.id. Sama seperti Sosiago, di sini juga banyak job content placement yang bisa kamu bid. Sayangnya di sini ada proses peninjauannya dulu. Katanya sih biar pengiklan memang bener-bener dapat blog berkualitas. Tapi kalau kamu punya blog yang rutin diupdate dan punya banyak artikel yang dah keindeks, insyaallah gak bakalan sulit kok diapprove!

Overall, jobnya lumayan banyak, fee berkisar antara 70-110 ribuan. Nominalnya memang gak gede-gede banget. Tapi kalau kamu punya banyak blog, bisa panen terus setiap minggu lho!

Cari job blog review dan content placement di vira.id
Contoh job di vira.id

3. Jawalink

Selain dua nama sebelumnya, Jawalink juga menjadi salah satu website yang fungsinya mempertemukan pengiklan dengan publisher. Konsep Jawalink tidak jauh berbeda dengan dua website sebelumnya. Di sini kita bisa jadi publisher dan ikutan ngebid campaign yang ada di situs ini.

4. BlogPartner.id

Blogerpartner.id adalah platform yang menghubungkan bloger di seluruh Indonesia dengan Blibli.com. Jadi di sini kita bisa dapat project dari blibli.com sesuai dengan niche blog kita.

Beda sama dua website sebelumnya, di blog ini kita akan dibayar memakai voucher blibli.com. Meski begitu, jumlahnya lebih besar dibanding uang yang bisa kita dapat di Sosiago.id atau Vira.id.

Sebelum bisa dapat job placement dari blogpartner.id, kita harus lolos proses peninjauan dulu. Setelah diterima, kita hanya perlu menunggu tawaran jobnya saja tanpa perlu ikutan bid.

5. Rajabacklink.com

Sesuai dengan namanya, Rajabacklink adalah situs di mana kamu bisa menawarkan jasa backlink. Kalau praktiknya sih gak jauh beda sama content placement. Intinya ya tetap ngasih backlink permanen ke yang ngasih job.

Sayangnya kalau mau sukses jualan backlink kamu harus punya website yang punya nilai DA/PA tinggi. Kalau masih rendah yang ada harus jual murah supaya bisa bersaing dengan blog lain.

Btw saya belum terlalu sukses pakai situs ini. Mungkin kalau ada pembaca yang bisa banyak jual backlink di sini kasih tahu y!

6. Projects.co.id

Projects.co.id adalah salah satu situs freelancer terbesar dan terbaik di Indonesia. Di sini kamu bisa menemukan banyak job, termasuk job content placement meski jumlahnya tidak terlalu banyak.

Cari job content placement di salah satu situs freelancer terbaik di indonesia
Contoh job content placement di Projects.co.id

Selagi menunggu job content placement, sekalian saja ikutan jadi penulis lepas di situs ini. Lumayan kan nulis dibayar daripada nulis di blog sendiri gak dibayar, kekeke.


Dah, lumayan banyak kan website yang bisa kamu coba buat nyari job content placement dan blog review. Lumayan kan jadi alternatif sambil nungguin gajian Adsense yang gak ngumpul-ngumpul!

Selain lewat website di atas, kamu juga bisa cari-cari tawaran kerjasama content placement dengan mengikuti grup bloger atau bergabung ke komunitas bloger tertentu.

Btw satu info penting! Kalau sering ambil job content placement, jangan lupa sering-sering diupdate blognya. Kalau blog kita isinya postingan berbayar semua, nanti bisa dicap spammy sama Google. Jadi kalau dapat job menulis, timpa dulu pakai 2-3 artikel sebelum ngambil job lagi. Dengan begitu, blog kita tetap awet dan bagus reputasinya serta punya spam score yang rendah.

Dah, happy hunting aja yah!

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *