Apakah blog masih bisa menghasilkan uang
Blogging

Buka-Bukaan Pendapatan Blogrumahan Selama 2 Tahun Ngeblog!

Disclaimer: Tulisan ini dibuat untuk tujuan edukasi, bukan ajang pamer. Saya hanya berharap artikel ini bisa membantu menjawab pertanyaan apakah blog masih bisa menghasilkan uang atau tidak.

Lagipula uang yang saya dapat dari blog ini tidak seberapa dan rasanya sangat mungkin untuk diraih. Jadi siapa tahu mungkin postingan bisa jadi inspirasi buat teman bloger lain.

“Bagaimana sih cara mendapatkan uang dari blog?”

Kayaknya masalah ini jadi pertanyaan yang paling sering dicari jawabannya sama bloger pemula. Bukannya kenapa-kenapa, memang sekarang ngeblog gak cuma jadi ajang nulis aja. Kalau blog kita ramai, ada potensi pendapatan yang lumayan besar banget.

Gak percaya?

Ya saya juga gak percaya sih awalnya. Tapi setelah rutin dapat uang dari blog, saya jadi ngeh kenapa orang pada ngebet bikin blog.

Memang dapatnya sih belum sebanyak master-master yang lain. Tapi kebayang aja kalau diseriusin ngeblog. Pantesan aja banyak orang yang jadiin bloger sebagai profesi utama.

Anyway, cara menghasilkan uang dari blog itu ada banyak. Gak melulu lewat Google Adsense, kita juga bisa dapat uang dari affiliate marketing, content placement, jualan ebook, atau pasang iklan sendiri.

Nah, buat yang baru ikutan ngeblog, biasanya cara yang paling diincer itu ya lewat Google Adsense.

Padahal kalau menurut saya sih cara ini paling gak beginner-friendly. Selain daftarnya yang susah, penghasilan buat blog pemula juga gak seberapa. Kalau bikin blognya cuma sekedar bikin banyak konten mah dijamin auto lama gajiannya, kekeke.

Terus apa dong cara monetasi blog yang paling ampuh?

Kalau yang ini kayaknya tergantung. Yang jelas dicoba aja semuanya, toh gak ada salahnya juga ngebarengin beberapa metode monetasi sekaligus. Nanti kalau sudah kelihatan ada channel yang benar-benar menghasilkan, baru deh fokus di situ.

Dan sebagai gambaran berapa uang yang bisa kamu dapat dari blog, kali ini saya mau buka-bukaan pendapatan ngeblog dari blog ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi atau sekedar menjawab pertanyaan, “apakah blog masih bisa menghasilkan uang?”

Total Pendapatan Blogrumahan dari Google Adsense, Affiliate Marketing, dan Content Placement

Btw ini khusus buat pemula aja yah. Yang dah master lewat dulu.

Sedikit info, blogrumahan.com adalah nama domain yang saya dah punya lama. Sayangnya gak terlalu keurus.

Bayangin, umurnya dah dua tahun dua bulan tapi postingannya baru 75 biji. Jadi sebulan paling update 2-3 kali aja. Nichenya pun gak jelas. Pengen bikin blog personal malah jadi blog gado-gado.

Anyway, dengan postingan segitu saya masih bisa dapat trafik organic tetap antara 300-450 PV per hari.

Lumayan sih, soalnya saya gak pernah nulis pakai SEO kayak di blog saya yang lain. Pengennya sih bikin blog yang gak bikin stress, jadi selama ini nulis biar keliatan update aja, kekeke.

Trafik blogrumahan yang masih ekstrim turun-naiknya

Dengan trafik sebanyak itu, blog ini bisa tetap menghasilkan uang dan bisa biayain hosting dan nama domainnya sendiri. Nah, siapa tahu ada yang penasaran berapa yang bisa didapat dari blog kayak gini, simak terus artikelnya y!

1. Google Adsense

Google Adsense adalah jaringan iklan milik Google. Tapi sebelum bisa bergabung, kita harus memenuhi syarat dan lolos review dari Google dulu. Kalau sudah diterima sebagai publisher Adsense, kita tinggal pasang kode iklan aja di blog kita.

Jumlah penghasilan dari Google Adsense akan tergantung dari banyak faktor. Tapi secara umum biasanya dipengaruhi faktor niche, jumlah klik dan nilai per klik yang kita dapat.

Cara daftar Google Adsense

Supaya bisa diterima Adsense, kita harus memenuhi syarat dan lolos review dari Google. Sayangnya proses review ini bisa lumayan lama. Beberapa bloger banyak sih yang bisa diterima dalam hitungan jam. Tapi banyak juga yang dah nunggu berminggu-minggu ternyata malah ditolak.

Supaya blog baru bisa diterima Google Adsense, pastikan blog sudah memenuhi syarat dari Google. Kalau sudah, kamu bisa cek beberapa poin berikut ini

  • Untuk konten gak perlu banyak-banyak, yang penting berbobot dan bukan hasil plagiat. Kalau bisa kontennya dibuat dalam satu tema. Misanya lagi ngebahas tomat, ya bikin aja 10 artikel yang ngebahas tomat juga. Nanti setiap artikel dikaitkan pakai internal link biar bot Google gampang mengindeksnya.
  • Rapihin menu navigasi. Yang penting nyari apa-apa di blog kamu gampang.
  • Rapihin blognya. Jangan sampai masih ada gambar bawaan template, apalagi kalau masih ada tulisan lorem ipsumnya.
  • Bikin beberapa halaman khusus seperti About Me, Contact, Privacy Policy, sama Disclaimer.
  • Bikin loading blog jadi cepat. Jangan pakai template abal-abal.
  • Sering-sering share di sosmed atau berkunjung ke blog orang.
  • Usia blog kayaknya gak terlalu berpengaruh. Soalnya ada beberapa bloger yang cepat diterima Adsense, gak harus nunggu sampai usia blognya 6 bulan dulu.

Nah, buat yang gak mau ribet, kamu juga bisa lho dapat penghasilan dari Adsense tanpa harus daftar dulu.

Caranya? Ikutan JV Adsense. Dengan JV Adsense, blog kita ikutan nebeng pakai akun Google Adsense orang lain. Pendapatannya memang kepotong, tapi enaknya kita bisa langsung pakai Google Adsense dan kita bisa gajian setiap bulan tanpa ada batas minimum.

Sebagai contoh, blog ini juga ikut akun Adsense ‘kakaknya’. Kalau daftar lagi sih insyaallah diterima kayaknya. Tapi biar cepet dan saldonya juga ngumpul di satu tempat, lebih enak digabung aja. Buat kamu yang juga pengen ikutan, cek “JV Adsense” di Google aja yak!

Berapa penghasilan Blogrumahan dari Google Adsense?

Nah, ini yang paling penting. Bisa dapet berapa sih dari Google Adsense?

Anyway, seperti saya bilang sebelumnya, jumlah penghasilan Adsense itu ditentukan banyak faktor mulai dari niche, jumlah trafik, nilai BPK, penempatan iklan, bahkan jenis iklan yang kita pasang. Jadi meski jumlah trafik blog kamu sama kayak blog ini, belum tentu pendapatan Adsensenya sama.

Sebagai contoh, blog ini nichenya gado-gado. Pemasangan iklan juga cuma di area konten saja. Tepatnya diawal paragraf, di tengah, dan di akhir artikel. Jenisnya juga berbeda-beda. Ada yang berbentuk link ads, in-article ads, sama responsive link.

Untuk jumlah pengunjung, blog ini lumayan drastis turun naiknya, rata-rata sekitar 400-an pageviews per harinya.

Dengan stat semacam ini, blogrumahan cuma dapat 70-80 ribuan aja per bulannya. Lumayan lah buat nutupin biaya hosting per bulan yang cuma 20-ribuan.

Pendapatan Adsense bulanan Blogrumahan.com
Pendapatan Adsense bulanan Blogrumahan.com

2. Content Placement

Content placement, sponsored post, atau postingan berbayar, adalah postingan yang dipublish dengan imbalan tertentu. Imbalannya sendiri biasanya berupa uang, tapi ada juga yang bentuknya produk/jasa, atau voucher yang bisa dibelanjakan.

Cara mendapatkan content placement

Kalau blog kita punya stat yang bagus, aktif di sosial media, atau punya postingan yang nangkring di page one Google, biasanya bakal ada tim marketing yang menghubungi kita dan menawarkan kerja sama. Sejauh ini saya memang dapatnya dari cara semacam ini, jadi jarang cari sendiri.

Tapi kalau cari sendiri juga bisa. Pertama kita bisa cari di beberapa grup bloger atau grup komunitas bloger. Selain itu kita juga bisa daftar di situs penyedia jasa content placement supaya bisa dapet orderan.

Berapa penghasilan Blogrumahan dari content placement?

Kalau yang ini saya masih jarang, maklum karena blog memang gak keurus. Makanya alhamdulillah aja sih ada rejeki yang nyamperin meski gak rutin setiap bulan.

Total selama dua tahun ini saya baru dapat 6 content placement saja. Beberapa saya dapat langsung via email, sisanya saya dapat setelah join campaign di Sosiago.id dan Blogpartner.id. Kalau tarif per post sih jangan ditanya, kecil euy dibanding blog lain!

Dari 6 kerjasama itu, saya dapat uang sebesar Rp395.000 + voucher Rp150K. Jadi kalau dihitung rata-rata per bulannya saya cuma dapat Rp21ribuan, #wadidaw

Tawaran content placement via email yang didapat blogrumahan.com
Tawaran content placement via email yang didapat blogrumahan.com

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah bentuk kerjasama di mana kita bisa dapat komisi setiap kali ada transaksi sukses yang dilakukan melalui link afiliasi kita. Besar komisinya sendiri bermacam-macam tergantung produk/jasa apa yang kita promosikan

Cara ikutan affiliate marketing

Untuk mulai affiliate marketing, umumnya kita cuma perlu daftar di situs penyedia afiliasi tersebut. Enaknya lagi, kita juga juga gak perlu beli produknya dulu untuk bisa mengiklankan barangnya.

Sebagai contoh, salah satu produk afiliasi yang saya promosikan di sini adalah hosting dan layanan safelink. Nanti setiap kali ada yang membeli hosting atau daftar di layanan shortlink yang saya rekomendasikan, saya bisa dapat komisi.

Berapa penghasilan Blogrumahan dari affiliate marketing?

Hmm, kalau yang ini sih jujur saya susah ngitungnya karena link afiliasi ini saya pakai di beberapa website sekaligus. Kalau lihat jumlah kliknya sih lumayan banyak, sayang saya tidak tahu conversion ratenya. Berapa y kira-kira yang berhasil dikonversi lewat link di blog ini?

Kalau menghitung penghasilan total dikalikan persentase klik keseluruhan blog saya, kayaknya bisa dibilang saya dapat lumayan banyak dari cara ini. Saya tidak tahu pastinya, tapi setiap bulan kayaknya penghasilannya tidak jauh dari penghasilan blog ini dari Adsense.

4. (Bonus) Lomba Blog

Lomba blog adalah lomba menulis yang bisa diikuti siapa saja yang punya blog. Mau gratisan atau berbayar sama aja. Yang penting bisa nulis!

Tadinya saya gak mau nyantumin, tapi kalau dilihat-lihat penghasilan dari lomba blog lumayan juga meski saya jarang ikutan (dan jarang menang juga, huhuhu)

Cara ikutan lomba blog

Kalau mau ikutan sih langsung aja. Selama memenuhi syarat yang sudah ditentukan panitia, artikel bisa langsung dikirim untuk dilombakan.

Nah, kalau mau tau info seputar lomba blog, langsung aja cek info lomba blog terbaru dari blogrumahan y!

Berapa penghasilan Blogrumahan dari lomba blog?

Berhubung saya jarang dapet juara, hadiah yang saya dapat kebanyakan voucher atau produk sponsor. Total hadiah yang pernah saya dapat di blog ini antara lain,

  • Voucher belanja Rp300.000
  • Hosting + Domain gratis dari JagoanHosting
  • Domain gratis dari JagoanHosting
  • Hosting + Domain gratis dari Rumahweb
  • Uang tunai Rp150.000 dari Qwords

Hadiahnya sih mungkin gak seberapa, tapi lumayan, jadi sering nyobain hosting gratis, kekeke.

Jadi, Apakah Blog Masih Bisa Menghasilkan Uang?

Kalau lihat contoh di atas, kayaknya sih gak salah kalau saya bilang bahwa blog masih bisa menghasilkan uang.

Lha wong blog gak keurus aja masih bisa dapat uang apalagi blog yang diurus setiap hari.

Lagipula cara saya mengurus blog ini juga tidak terlalu rumit. Dah jarang diupdate, kontennya pun dibuat tanpa menggunakan kaidah SEO atau menargetkan kata kunci tertentu.

Nah, kalau kamu punya blog yang mirip-mirip sama blogrumahan.com, lumayan nih ada benchmarknya. Mungkin kamu malah bisa dapat lebih banyak daripada saya 🙂

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

2 Comments

  • Astriatrianjani

    Wah.. Ini sih keren mas, saya auto pengen lho😁. Kpan ya bisa gitu, kayaknya masih perlu usaha keras deh.
    Saya juga nggak pernah ikutan lomba, karena nggak telaten banget ngurusin syaratnya. He..he…

    • Tuan Rumah

      Wah, kalau targetnya blog ini sih sangat realistis mba. Insyaallah bisa!

      Btw sesekali ikutan lomba boleh banget tuh. Targetnya belajar aja dulu. Lagian siapa tahu lagi dah rejekinya, kan mayan dapat hadiah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *