cara mengetahui token listrik yang hilang
Info

3 Cara Mengetahui Nomor Token Listrik yang Hilang

Meski kini kita bisa membeli token listrik secara online atau lewat aplikasi, ternyata masih banyak juga orang yang membeli listrik secara konvensional. Buktinya kalau saya ke minimarket terdekat, kadang masih ada saja pelanggan yang beli token listrik di kasir.

Prosesnya sendiri memang lumayan mudah. Tinggal sebut nomor meterannya, pilih nominal yang mau dibeli, bayar, selesai deh. nomor token listrik yang kita beli pun bisa langsung tercetak di struk pembelian.

Sayang karena bentuknya cuma selembar kertas, struk seperti ini jadi mudah hilang, apalagi kalau kita beli token untuk jaga-jaga saja dan bukan untuk dipakai saat itu juga.

Nah, kalau kamu kehilangan struk berisi token listrik, jangan panik dulu. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melihat nomor token listrik yang hilang.

Cara Melihat Nomor Token Listrik yang Hilang

Kalau kamu membeli token listrik di tempat yang relatif dekat, cara yang paling mudah untuk melihat nomor token listrik yang hilang adalah dengan menanyakannya langsung kepada si penjual. Mudah-mudahan sih masih tersimpan 🙂

Namun jika si penjual ternyata sudah menghapus nomor token listrik yang kita beli sebelumnya, kamu bisa melakukan langkah-langkah alternatif berikut ini.

1. Menghubungi Call Center PLN 123

Langkah alternatif pertama yang bisa dilakukan adalah menghubungi call center PLN 123. Cara menelpon PLN dan mendapatkan nomor token listrik yang hilang bisa kamu lakukan sesuai langkah berikut ini:

  • Siapkan dulu nomor meteran listrik rumah kamu
  • Telepon nomor PLN 123 dengan tambahan kode area. Misal untuk Jabodetabek (021), telpon call center PLN dengan menekan angka 021123
  • Beritahu masalah kamu lalu sebutkan nomor meteran listrik
  • Dari PLN akan disediakan informasi pembelian token listrik terakhir

2. Cek Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

cara mengetahui token listrik yang hilang melalui aplikasi PLN Mobile

Btw sudah tahu belum sih kalau PLN punya aplikasi resmi bernama PLN Mobile?

Dengan aplikasi ini, kita bisa tahu beragam info mulai dari tagihan rekening listrik, riwayat pemakaian kwh listrik, lokasi pembayaran, info pemasangan baru, serta info pengaduan. Tidak kalahpenting, aplikasi PLN Mobile juga bisa kamu gunakan untuk melihat transaksi token listrik. Caranya?

  • Buka Google Play Store dan instal aplkasi PLN Mobile
  • Pada beranda aplikasi, pilih menu INFORMASI
  • Setelah itu kita bisa melihat pilihan Informasi Tagihan dan Token Listrik
  • Akan ada popup yang meminta kita untuk memasukan ID pelanggan atau nomor meter. Masukan nomor meteran atau IDPEL kamu pada kotak isian yang tersedia.
  • Setelah menunggu beberapa saat, aplikasi ini akan menampilkan info pembelian token listrik terakhir beserta nomor token listriknya.

3. Cek Melalui Website Resmi PLN

Kalau telpon ke call center PLN atau instal aplikasi PLN tidak cocok sama kamu, masih ada nih cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mendapatkan nomor token listrik yang hilang melalui website resmi PLN.

Saya sendiri tidak menyarankan cara ini. Terakhir saya coba situsnya lumayan lelet dan kadang muncul error. Tapi sebagai alternatif rasanya sih tidak salah tahu kalau kita tahu caranya.

  • Masuk ke situs web.pln.co.id
  • Pilih menu PELANGGAN ► INFORMASI TAGIHAN DAN TOKEN LISTRIK
  • Pad opsi IDENTITAS PELANGGAN, pilih IDPEL dan masukan nomor meteran kamu
  • Klik tombol CARI
  • Setelah itu akan muncul informasi mengenai 20 digit token listrik yang terakhir kamu beli

Dah, sekarang gak usah panik yah kalau nomor token listrik yang kita beli hilang. Kalau memang struknya tidak disimpan sama si penjual, kita masih bisa cek nomor token listrik via call center PLN 123, aplikasi PLN, atau dari website PLN.

Kalau masih kurang juga, email saja ke PLN atau langsung datang ke kantor PLN untuk mendapatkan nomor token listrik yang hilang.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *