cara memilih hosting untuk toko online
Blogging

7 Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Toko Online

Membuat toko online sendiri adalah salah satu langkah terbaik dalam mempromosikan dan menjual produk serta jasa yang kita miliki sendiri.

Dibandingkan dengan menjualnya di situs online marketplace, membuka toko online memiliki banyak kelebihan seperti margin keuntungan yang lebih besar, kebebasan dalam menentukan strategi bisnis, hingga memiliki database pelanggan sendiri.

Salah satu langkah penting dalam membuat toko online sendiri adalah memilih hosting yang tepat. Hosting yang baik akan membuat toko online lebih stabil dan bisa melayani pengunjung dengan baik.

Jadi jangan melihat harganya saja, gunakan juga beberapa tips memilih hosting terbaik untuk toko online berikut agar pas dengan kebutuhan kita.

Tips Memilih Hosting untuk Toko Online

tips memilih hosting untuk toko online

1. Pilih Layanan yang Kredibel

Saat ini tidak sulit untuk mencari layanan hosting di Indonesia. Selain nama-nama besar yang ada, kini juga ada banyak reseller hosting yang menawarkan paket dengan harga terjangkau.

Meski begitu kredibilitas penyedia hosting harus menjadi pertimbangan nomor satu dalam memilih layanan hosting. Kita tentu tidak ingin bukan jika toko online yang kita bangun menjadi sia-sia karena penyedia hosting kabur atau tidak mau bertanggung jawab atas masalah yang terjadi dengan hosting kita?

Karena itulah, pastikan kita sudah melakukan riset sebelum memiliki hosting. Minimal kita bisa dengan mudah menemukan lokasi kantor, nomor telepon resmi, serta testimoni dari klien yang pernah menggunakan jasa mereka.

2. Ketahui Kebutuhan Toko Online

Beda tokonya beda pula kebutuhan hostingnya.

Sebagai contoh, layanan shared hosting mungkin masih bisa digunakan untuk membuat toko online dengan skala kecil. Namun jika jumlah trafiknya sudah cukup tinggi, maka kita bisa mulai memikirkan opsi lain seperti VPS.

Salah satu kelebihan VPS adalah resourcenya yang dapat dengan mudah diupgrade. Jadi jenis hosting ini akan cocok untuk website e-commerce yang sedang berkembang dan selalu mengalami peningkatan jumlah pengunjung.

Jika toko online sudah memiliki jumlah pengunjung bulanan yang sangat tinggi, opsi lain yang bisa digunakan adalah menggunakan layanan dedicated server. Dengan begitu kita bisa menggunakan resource yang jauh lebih maksimal dalam melayani semua kebutuhan pembeli.

3. Cari Layanan Hosting dengan Jaminan Uptime Tinggi

Toko online yang baik tentunya harus bisa diakses setiap saat. Namun hal ini bisa urung terjadi karena downtime bisa membuat server tidak bisa diakses untuk beberapa saat. Jika hal ini terjadi, toko online tentu akan mengalami kerugian material, apalagi jika website down di jam yang ramai pengunjung.

Untuk meminimalkan risiko ini, pastikan kita memilh hosting dengan jaminan uptime yang tinggi. Selain itu cek juga apakah hosting akan memberikan kompensasi jika nilai uptime yang kita dapat tidak sesuai dengan janji mereka.

4. Cek Kecepatan Server

Kecepatan akses menjadi salah satu faktor utama yang harus dimiliki sebuah toko online. Sebagai pelanggan saja kita pasti bisa merasakan bagaimanya nyamannya sebuah toko online yang bisa diakses dengan cepat bukan?

Nah, salah satu cara untuk melihat kecepatan server yang digunakan hosting adalah dengan melihat teknologi yang digunakan oleh hosting tersebut. Beberapa fitur yag bisa membuat server lebih cepat diakses antara lain,

  • Teknologi Litespeed server yang memiliki performa yang jauh lebih cepat dibanding Apache dan Nginx.
  • Penggunaan Ultrafast SSD atau bahkan NVME yang jauh lebih cepat diakses dibanding hard drive biasa.
  • Brotli compression yang bisa memperkecil ukuran file hingga 20-30% lebih kecil dibanding kompresi gzip agar transfer data bisa dilakukan lebih cepat.

5. Disk Space dan Inode yang Besar

Untuk meyakinkan calon pembeli, toko online umumnya menyediakan beberapa foto produk dalam kualitas yang baik. Dengan begitu pengunjung lebih mudah dalam memutuskan apakah mereka akan membeli produk tersebut atau tidak.

Sayangnya foto dan gambar adalah salah satu elemen website yang memiliki ukuran yang cukup besar, apalagi jika dalam jumlah banyak.

Makanya salah satu resource yang perlu diperhatikan sebelum memilih hosting untuk toko online adalah besarnya storage yang diberikan. Semakin besar tentu akan semakin bagus. Pastikan juga kamu sudah memperhitungkan space yang akan habis untuk file instalasi CMS.

Selain storage, pastikan juga hosting menawarkan inodes dalam jumlah yang banyak. Dengan begitu kita bisa menyimpan file dalam jumlah banyak. Tidak hanya foto tapi juga file email, log, atau file database.

6. Layanan Support yang Handal

Jujur saja tidak semua pemilik toko online memiliki kemampuan teknis dalam masalah website dan hosting. Jadi mencari layanan hosting yang memiliki support yang handal adalah faktor penting yang tidak boleh dilewatkan.

Tim support yang handal bisa membantu pemilik website untuk mengatasi masalah pada hosting mereka dengan cepat. Selain itu, tim support yang baik akan selalu tersedia selama 24 jam dan bisa dihubungi dengan beragam metode.

7. Harga yang Kompetitif

Harga tentu menjadi biaya yang menjadi pertimbangan utama sebelum membuka toko online. Meski begitu jangan terlalu tergiur dengan harga yang murah karena umumnya harga selaras dengan layanan yang diberikan. Jangan sampai kita kecewa karena niat berhemat malah menjadi bumerang dan membawa kerugian tambahan pada toko online yang kita buat.

Rekomendasi Hosting untuk Toko Online

Dengan semua kriteria di atas, memilih hosting untuk toko online tentu kini lebih mudah bukan? Namun jika kamu butuh rekomendasi, ada satu layanan yang patut kamu pertimbangkan untuk membuat situs belanja online, salah satunya adalah paket Cloud Hosting dari Qwords.

Tapi apakah paket hosting Qwords tersebut memenuhi semua kriteria di atas?

Kredibilitas

Masalah kredibilitas, Qwords tidak perlu diragukan lagi. Sudah ada sejak tahun 2005, hosting Indonesia ini berpengalaman menangani puluhan ribu hosting dengan berbagai kebutuhan. Kantornya pun tersebar di berbagai tempat mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Berdasarkan data dari Hostadvice, Qwords bahkan masuk dalam 5 besar hosting lokal dengan jumlah klien terbanyak lho!

Layanan

Layanan Qwords sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan beragam kebutuhan dan budget. Untuk shared hosting, paket High Performance Cloud Hosting dan Business Cloud Hosting bisa jadi pilihan.

Jika butuh resource yang lebih besar, Qwords juga menyediakan layanan VPS dan Dedicated Server.

Jaminan uptime

Dengan teknologi cloud-nya, Qwords berani memberi jaminan uptime hingga 99,99%.

Kecepatan server

Qwords menggunakan hardware terbaik yang sudah dilengkapi dengan teknologi Litespeed dan Brotli compression. Selain itu Qwords juga menggunakan Tier 1 Network yang membuat jaringan lebih cepat dengan jalur routing yang lebih pendek.

Disk storage

Disk storage yang disediakan dalam beragam layanan Qwords ada yang berukuran besar. Jadi tidak masalah jika kamu menggunakan shared hosting atau VPN, ada opsi paket dengan tempat penyimpanan data yang cukup lega untuk toko online.

Support

Qwords menyediakan support dalam beragam cara. Mulai dari live chat, email, call-center, hingga bantuan lewat tiket. Dan semua layanan ini bisa kamu akses selama 24 jam nonstop.

Harga

Dengan semua fitur yang ditawarkan oleh Qwords, jangan khawatir harganya akan mahal.

Sebagai contoh, paket Business Cloud Hosting SOHO dengan 50GB storage, 4GB RAM, 3 CPU Core, dan 500 email per jam harganya cuma Rp200 ribuan saja per bulannya. Selain itu kamu juga sudah dapat free domain dan SSL gratis.

Untuk VPS, paket termurah cuma Rp135.000 per bulan (Promo jadi Rp75.000 per bulan). Dengan harga tersebut kamu sudah bisa dapat hosting dengan spek 1 CPU Core, 1GB RAM, unmetered bandwith, dan 25 GB SSD Storage. Terjangkau bukan?


Memilih hosting untuk toko online tidaklah bisa dilakukan sembarangan. Selain harus memiliki storage yang cukup, hosting juga harus stabil dan memiliki uptime yang tinggi.

Untungnya kini tidak sulit untuk menemukan hosting semacam itu. Salah satunya adalah cloud hosting dari Qwords yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun melayani hosting di Indonesia. Jadi tunggu apa lagi, langsung saja cek hosting murah Qwords dan buat toko onlinemu sekarang juga!

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *