Mengulas Wisata Kuliner Enak di Bogor yang Perlu di Coba

Bogor merupakan kota yang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

Hal ini  terjadi karena Bogor masih memiliki suasana alam yang terhitung masih sejuk. Tak heran, banyak orang berbondong-bondong pergi ke Bogor untuk berlibur dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Letaknya yang tidak jauh dari Ibu Kota pun membuat akses ke kota ini menjadi mudah. Selain itu, banyak wisata kuliner enak di Bogor, mulai dari makanan khas daerah sampai makanan khas negara lain, jadi alasan penting lain kenapa kamu harus mengunjungi kota yang dijuluki ‘kota hujan’ ini.

Yuk kenali Makanan Khas Kota Bogor!

1. Asinan Bogor

Siapa sih yang tidak tahu dengan makanan khas Bogor satu ini. Pasalnya, di kota-kota lain pun asinan Bogor sudah banyak dijual. Namun tetap saja, kalau kamu main ke Bogor harus nyobain langsung di kota kelahirannya. Asinan buah, asinan sayur, atau asinan sayur dan buah bisa jadi teman kamu di siang hari yang pastinya seger banget!

Meski banyak dijual di luar Bogor, jangan lupa untuk mencicipi segarnya asinan langsung di tempatnya
Meski banyak dijual di luar Bogor, jangan lupa untuk mencicipi segarnya asinan langsung di tempatnya (image: pegipegi.com)

2. Laksa Bogor

Makanan khas Bogor ini sangat unik, laksa Bogor berbeda dengan laksa lainnya karena tidak menggunakan mie sama sekali. Kuahnya pun bertekstur karena terdapat campuran parutan kelapa. Biasanya kamu bisa memilih topping taburan serundeng, tahu kuning, dan telur rebus.

3. Bolu Lapis Sangkuriang

Bagi kamu pecinta makanan manis, bolu lapis sangkuriang sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jangan khawatir juga, banyak pilihan topping yang disediakan jadi bisa disesuaikan dengan lidah kamu. Mulai topping choco chips, keju, sampai rainbow chips pun ada.

4. Doclang

Doclang adalah makanan khas Bogor yang biasanya dipilih sebagai menu sarapan.

Sekilas tampilannya mirip dengan kupat tahu atau ketoprak karena sama-sama terdiri dari ketupat dan tahu yang disiram kuah kacang. Bedanya, ketupat pada doclang dibungkus dan dimasak dalam balutan daun patat. Selain itu doclang juga dihidangkan beserta menu tambahan berupa kentang, telur rebus, dan kerupuk.

Jika kamu ingin mencicipinya, salah satu spot yang banyak menjual doclang ada di kawasan jembatan merah Bogor.

Doclang, makanan khas Bogor yang bisa disantap sebagai menu sarapan
Doclang, makanan khas Bogor yang bisa disantap sebagai menu sarapan (image: wikipedia.org)

Selain itu mencoba makanan khasnya, banyak juga tempat wisata kuliner yang bisa kamu pilih saat berkunjung ke Bogor.

1. Macaroni Panggang

Tempatnya terletak di Jl. Salak No.24, RT.03/RW.04, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Letaknya hanya 5 km dari stasiun Bogor.

Di sini terdapat dua macam macaroni panggang yaitu macaroni panggang spesial dan macaroni panggang biasa. Ukuran nya pun bisa kamu pilih, ada yang small, medium, dan large. Soal rasa tidak usah diragukan lagi, karena tempat wisata kuliner satu ini cukup dikenal banyak orang mengenai rasa macaroni panggang nya yang enak.

Selain itu, banyak varian makanan lainnya yang ditawarkan disini.

(Buka mulai pukul 07:00 sampai pukul 22:00 WIB)

2. MP Lasagna Gulung

Tempatnya terletak di Jl. Salak No.20, RT.03/RW.04, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Jaraknya hanya kurang lebih 13 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi dari stasiun Bogor.

Di tempat ini tersedia dua jenis menu yaitu traditional food seperti sate atau nasi goreng, dan western food seperti Lasagna dan Bruschetta. Namun tentu saja yang paling terkenal disini yaitu lasagna gulungnya.

(Buka mulai pukul 07:00 sampai pukul 22:00 WIB)

Jangan lupa mampir dan cobain lasagna gulung kalau kamu ke Bogor!
Jangan lupa mampir dan cobain lasagna gulung kalau kamu ke Bogor! (image: pergikuliner.com)

3. Midori

Tempatnya terletak di Jl. Raya Pajajaran No.53, RT.04/RW.13, Bantarjati, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor. Jaraknya 5,5 km dari stasiun kota Bogor.

Bagi kamu yang suka dengan makanan Jepang, dan sedang berkunjung di Bogor bisa berkunjung ke Midori. Tempatnya cukup cozy,terdapat live music dan disediakan area merokok.

(Buka mulai pukul 10:00 sampai pukul 22:00 WIB)

4. Waroeng Taman

Tempatnya Berada di Pusat Niaga Taman Kencana Jalan Ceremai Ujung Babakan No. 1, RT.01/RW.01, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jaraknya 5 km dari stasiun kota Bogor.

Konsep dari tempat ini yaitu mengusung alam, terdiri dari meja-meja kayu klasik. Terdapat live music  dan area merokok. Banyak jenis makanan yang ditawarkan, misalnya kwetiau goreng, mie ayam jamur, es leci, dll.

(Buka mulai pukul 10:00 sampai pukul 23:00 WIB)


Cukup banyak bukan yang terdapat di kota hujan ini. Kamu bisa juga baca mengenai wisata kuliner enak lainnya di https://www.cekaja.com/info/daftar-tempat-wisata-kuliner-enak-di-bogor-dengan-harga-murah/ . Semoga bermanfaat.

Default image
Tuan Rumah
Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.
Leave a Reply