waktu terbaik untuk minum air putih
Kesehatan

8 Waktu Terbaik untuk Meminum Air Putih

Meski sekilas sederhana, manfaat air putih ternyata tidak bisa disepelekan.

Air minum yang murni dan bersih tidak hanya baik untuk mengatasi rasa haus, tetapi juga membantu tubuh agar bekerja dengan baik. Kekurangan asupan cairan seperti air putih bahkan akan menyebabkan dehidrasi yang tidak baik untuk tubuh.

Meski bisa diminum setiap saat, ternyata ada lho 8 waktu penting di mana tubuh kita lebih memerlukan cairan ini.

Inilah Waktu Terbaik untuk Meminum Air Putih!

1. Minum air putih setelah bangun tidur

Sama seperti mesin mobil di pagi hari, ada baiknya kita memanaskannya terlebih dahulu sebelum kita gunakan bepergian agar mesin dapat berjalan dengan lebih optimal.

Pada manusia, meminum segelas air putih di pagi hari setelah bangun dapat membantu ‘membangunkan’ dan ‘memanaskan’ tubuh setalah semalaman beristirahat. Dan jika kamu melewatkan sarapan, air putih bisa membantu mengganjal perut yang kosong untuk sementara.

Satu tips penting, ada baiknya kamu tidak langsung buang air kecil di pagi hari setelah bangun. Minum dulu segelas (atau beberapa gelas) air putih untuk membantu menyingkirkan radikal bebas yang membandel dan residu dari kalori yang terbakar selama proses metabolisme saat kita tidur.

2. Minum air putih sebelum makan

Minum air putih sebelum makan akan membantu mengisi perut yang kosong dan membuat kita merasa kenyang. Karena itulah, jika kita minum air sebelum makan, kita cenderung makan lebih sedikit dibanding biasanya.

Tidak hanya itu, meminum segelas air sebelum makan akan membantu membasahi mulut serta membersihkan rasa minuman, sisa makanan sebelumnya, atau rokok. Saat kita terhidrasi, lambung juga akan lebih siap untuk melakukan tugasnya mencerna makanan apapun yang kita makan.

3. Minum air putih saat lapar

Jika kita merasa lapar di luar jam makan, coba minum segelas air putih segar terlebih dahulu untuk mengecek apakah kita benar-benar lapar atau sedang mengalami dehidrasi. Pada banyak kasus, orang-orang sering berpikir kalau mereka lapar meski kenyataannya mereka hanya haus saja.

Minum air putih, diselingi cemilan atau tidak, akan membantu kita merasa kenyang dan menjaga agar asupan kalori kita tetap terjaga.

4. Minum air putih sebelum olahraga

Tergantung faktor lain seperti suhu, kelembaban, serta tingkat cairan tubuh, kita mungkin memerlukan satu atau beberapa gelas air untuk melindungi tubuh dari dehidrasi sebelum, dan selama latihan berat.

Tidak hanya itu, asupan cairan yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh dari serangan panas dalam cuaca hangat, serta radang dingin di suhu yang rendah. Air sendiri bekerja untuk menjaga sirkulasi tubuh agar ia bisa bekerja optimal untuk melindungi tubuh dari temperatur yang ekstrim.

5. Minum air putih setelah olahraga

Setelah berolahraga keras, kita mungkin perlu banyak minum banyak air untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat. Jumlahnya sendiri tergantung banyak faktor seperti berat badan, tingkat kesehatan, temperatur, tingkat kelembaban, hingga berapa lama kita berolahraga.

Jangan lupa, pastikan kita tidak minum terlalu banyak air dalam waktu yang singkat agar tidak membuat perut kram.

6. Minum air putih saat merasa lelah

Tahukah gak sih jika kelelahan tidak hanya diakibatkan oleh beban kerja yang berlebih saja, tetapi juga akibat dehidrasi. Jadi jika kita merasa lelah namun tidak punya waktu yang cukup untuk istrahat sejenak, cobalah minum satu atau dua gelas air putih.

7. Minum air putih saat kita terserang kuman

Jika berada di sekitar orang sakit di rumah sakit atau di tempat kerja dan sekolah, minumlah air putih lebih banyak dari biasanya untuk membantu membersihkan kuman dan virus yang mungkin ‘menempel’ di dalam tubuh kita.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mendorong bakteri dan virus jahat hingga keluar tubuh sehingga mereka tidak menetap dan berkembang biak di tubuh kita.

8. Minum air putih saat merasa akan sakit dan ketika sakit

Saat kita merasa akan sakit, segera minum air putih secara rutin untuk membantu badan merasa lebih enak. Dan ketika sakit, sangat dianjurkan juga untuk meminum lebih banyak air untuk membantu kita agar cepat sembuh.

Minum delapan gelas air setiap hari menjadi anjuran yang bisa kita ikuti, namun cairan lain yang kita minum seperti teh, jus, atau bahkan kuah sayuran juga termasuk dalam asupan cairan harian kita.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *