menu takjil favorit di bulan puasa
Info

9 Takjil Favorit di Bulan Ramadhan, Kamu Suka yang Mana?

Bicara buka puasa pastinya identik dengan yang namanya takjil. Meski sebenarnya bisa dikonsumsi kapan saja, ada beberapa menu yang rasanya lebih nikmat saat disantap berbuka puasa.

Nah, di antara menu takjil favorit di bulan puasa ini, mana yang paling kamu suka?

1. Kurma

Meski bukan berasal dari Indonesia, kurma adalah salah satu menu favorit di bulan Ramadhan. Dengan teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis, kurma sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa. Apalagi menyantap beberapa butir kurma menjadi salah satu sunnah Rasullullah. Jika kamu tidak suka menyantap kurma langsung, kamu bisa mengubah makanan ini menjadi takjil kekinian dengan membuat pancake kurma.

2. Gorengan

Siapa sih yang tidak suka gorengan? Rasanya yang gurih membuat gorengan menjadi makanan favorit yang enak disantap kapan saja, tidak terkecuali saat berbuka puasa. Jadi jangan heran kalau kamu bisa menemukan penjual gorengan dengan mudah saat ngabuburit.

Gorengan sendiri sebenarnya mudah dijumpai kapan saja, namun pada bulan puasa, jenis gorengan yang bisa kamu jumpai jauh lebih banyak. Jika biasanya kita hanya bisa menemukan gorengan tempe, tahu, ubi, bakwan, atau risoles isi bihun saja, di bulan puasa kita juga bisa menemukan gorengan lain seperti pastel, lumpia, atau risoles isi mayonaise.

3. Teh Manis

Teh manis sebenarnya bisa kita temukan sehari-hari. Tapi ketika bulan puasa, teh manis mendadak terlihat lebih menggoda. Iya gak sih?

Dengan rasanya yang manis, teh manis cocok untuk mengembalikan energi kita dalam waktu singkat. Bisa disantap dalam keadaan dingin atau hangat, teh manis juga nikmat diminum sebagai pendamping makanan berbuka puasa.

4. Es Buah

Selain teh manis, es buah juga sebenarnya mudah ditemukan di hari-hari biasa. Tapi di bulan puasa, rasa es buah rasanya menjadi lebih nikmat disantap saat berbuka puasa

Es buah sendiri cukup mudah dibuat di rumah. Cukup siapkan buah-buahan segar seperti melon, apel, buah naga, kelapa, atau potongan buah nangka, lalu siram dengan air gula dan sedikit susu kental manis. Agar lebih segar, jangan lupa tambahkan batu es secukupnya.

5. Kolak Pisang & Kolak Biji Salak

Kolak menjadi salah satu makanan khas yang banyak dijumpai di bulan Ramadhan. Di antara banyak jenis kolak yang ada, kolak pisang dan kolak biji salah rasanya menjadi favorit banyak orang saat berbuka.

Kolak pisang dibuat dari potongan pisang rebus yang dimasak dalam kuah santan dan gula merah. Meski bisa dibuat memakai pisang saja, kini kolak pisang juga banyak ditambahkan bahan makanan lainnya seperti ubi, labu kuning, atau kolang-kaling.

Sedangkan kolak biji salak dibuat dari adonan tepung dan ubi. Bentuknya yang lonjong membuat kolak ini disebut biji salak. Hampir mirip dengan kolak pisang, kolak biji salak juga dihidangkan dengan kuah santan dan gula merah. Teksturnya yang kenyal membuat kolak biji salak menjadi menu favorit di bulan Ramadhan.

6. Es Timun Suri/Blewah

Salah satu buah yang banyak dijumpai di bulan puasa adalah timun suri dan blewah. Meski berbuah sepanjang tahun, keduanya lebih banyak dikonsumsi di bulan Ramadhan saja, terutama timun suri.

Baik timun suri maupun blewah kerap diolah menjadi minuman segar untuk berbuka piasa. Cara membuatnya pun sagnat mudah karena timum suri dan blewah hanya perlu dipotong dan dicampur dengan air sirup dingin. Namun tidak jarang juga keduanya ditambahkan sedikit parutan kelapa dan perasan jeruk lemon agar rasanya lebih segar.

7. Es Dawet Cendol

Sama seperti dua minuman sebelumnya, es dawet cendol juga menjadi salah satu minuman takjil favorit di bulan puasa. Cendol yang dibuat dengan tepung beras disajikan dengan air gula merah yang dicampur dengan santan. Selain segar, es dawet cendol juga bisa membuat perut kenyang.

8. Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah makanan lain yang umum disajikan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Bertesktur lembut dengan paduan rasa gurih dan manis membuat bubur sumsum menjadi hidangan yang cocok untuk mengisi perut yang kosong setelah seharian berpuasa.

9. Bubur Kampiun

Selain bubur sumsum, bubur kampiun juga menjadi menu takjil favorit masyarakat indonesia. Namun tidak seperti bubur sumsum, bubur khas Minang ini lebih banyak dijumpai di bulan Ramadhan.

Bubur kampiun sendiri terdiri dari bubur sumsum yang dicampur dengan ketan hitam, bubur kacang hijau, bubur candiil, kolak pisang, ubim hingga ketan putih.


Wih, banyak banget kan menu takjil khas yang jadi favorit di bulan puasa ini. Kira-kira, mana nih yang jadi favorit kamu?

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *