review scanner brother ADS 2400N

Review Scanner Brother ADS 2400N, Solusi Cerdas Bisnis di Era Digital

Mulai dari catatan sederhana seperti nota pembelian hingga neraca yang jauh lebih kompleks, data adalah salah satu elemen penting yang tidak bisa dilepaskan dari bisnis. Hal ini dapat dirasakan terutama pada bisnis tingkat mengengah ke atas yang sering manjadikan data sebagai andalan dalam menghadapi ketatnya kompetisi usaha.

Dengan data, sebuah bisnis bisa terbantu dalam mengatasi masalah dan mengambil keputusan dengan tepat dan cepat. Dengan data, sebuah bisnis bisa melihat kelebihan dan dan kekurangan yang mereka miliki dan mengevaluasinya agar mereka bisa terus berkembang. Dengan data, sebuah bisnis dapat merencanakan strategi yang matang, dan bila perlu membuat prediksi keuntungan yang bisa mereka dapat.

Namun sayang, di era yang serba canggih ini, masih banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang mengandalkan data dalam bentuk fisik. Padahal data dapat diolah lebih efisien dan optimal bila tersaji dalam bentuk digital.

Satu contoh yang saya ingat adalah ketika saya masih magang di salah satu badan usaha milik pemerintah. Ketika harus berurusan dengan data, masalah yang sederhana bisa menjadi rumit karena hampir semua data yang saya butuhkan harus dicari di antara tumpukan berkas yang terletak di ruang arsip.

Yang membuatnya lebih sulit, tumpukan arsip di ruangan tersebut sudah tidak lagi beraturan. Hal ini terjadi karena ruang arsip yang sebetulnya cukup besar sudah tidak lagi mampu menampung berkas-berkas baru. Beberapa sudut ruangan bahkan sulit diakses karena terhalang berkas yang menggunung.

Pada akhirnya, pencarian saya baru berhasil setelah beberapa hari penuh mengubek-ubek sebagian besar ruang arsip.

Ilustrasi sulitnya mencari data di antara tumpukan berkas di ruang arsip (sumber: Kantor Arsip Daerah Pemkot Medan)

Kekurangan Data dalam Bentuk Fisik

Dari pengalaman tersebut terlihat jelas kalau data dalam bentuk fisik memiliki banyak kekurangan.

Berkaitan dengan masalah efisiensi di atas, menyimpan data dalam bentuk fisik akan membuat kinerja menurun. Bayangkan berapa banyak waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mendapatkan data yang diinginkan secara manual?

Bila terorganisasi dengan baik pun, jelas akan butuh energi yang lebih banyak dibanding mencari data yang sudah ada dalam bentuk digital.

Selain itu, menyimpan data dalam bentuk fisik juga memiliki resiko rusak/hilang yang lebih tinggi. Data berbentuk kertas sendiri rentan terhadap banyak hal seperti rayap, air, kelembaban, hingga api. Selain itu data fisik biasanya hanya dibuat dalam satu rangkap saja, jadi jangan berharap ada backup bila data-data tersebut rusak. Nah, sekarang bayangkan jika berkas yang sudah terkumpul bertahun-tahun hilang akibat kelalaian pemiliknya?

Dan bicara masalah harga, menyimpan data dalam bentuk fisik butuh biaya yang tidak sedikit. Selain butuh ruangan khusus yang ukurannya bisa cukup besar, pengadaan perangkat untuk menyimpan semua berkas tersebut juga menambah beban biaya. Dan ini semua bahkan belum termasuk biaya pembuatan berkas itu sendiri

Dan yang terpenting lagi, data yang hilang memiliki nilai yang tidak terkira yang rasanya sulit digantikan dengan uang. Karena itulah, tepat rasanya bila pelaku bisnis sudah mulai memikirkan cara  untuk menyimpan data secara digital.

Saatnya Mendigitalkan Data!

Selain menutupi kekurangan yang saya sebutkan sebelumnya, menyimpan data dalam bentuk digital juga memiliki banyak manfaat lain seperti:

Mudah diakses dari mana saja, kapan saja – Data yang bersifat umum dapat disediakan untuk khalayak banyak dan siap diakses kapan saja di mana saja. Hal ini bisa meringankan pengakses data karena mereka tidak memiliki batasan kapan dan dimana mereka bisa melihat sebuah data.

Tingkat keamanan yang lebih tinggi – Tidak seperti akses ke ruang arsip yang hanya dibatasi oleh sebuah kunci, data digital dapat disimpan dengan pengamanan yang berlapis. Bila perlu, data sensitif bisa dipercayakan hanya kepada beberapa orang tertentu saja.

Mudah dirawat – Perawatan yang perlu dilakukan hanya meliputi alat elektronik yang digunakan saja. Tidak perlu lagi ada biaya tambahan untuk memberi perawatan pada berkas dan perlengkapannya.

Ramah Lingkungan – Mengubah data konvensional menjadi data digital selaras dengan program go-green dengan mengurangi jumlah penggunaan kertas dan tinta secara signifikan.

Perbedaan cara penyimpanan data secara konvensional dan data dalam bentuk digital ©blogrumahan.com

Cara Mengkonversi Data Konvensional Menjadi Data Digital

Saat ini trend paperless office sudah cukup banyak menjamur. Dengan sistem ini, perusahaan hanya perlu mencetak hal-hal yang perlu saja yang biasanya ditujukan untuk klien.

Lalu bagaimana dengan perusahaan yang sudah kadung menyimpan banyak data dalam bentuk fisik?

Untuk hal yang satu ini, kita tentu membutuhkan alat yang bisa mengkonversi data fisik menjadi data digital, salah satunya adalah scanner.

Tidak seperti scanner yang dulu kamu kenal, beberapa scanner modern kini telah dilengkapi dengan beragam fitur. Jadi tidak hanya memotret dokumen yang kamu scan saja, scanner kini juga ada yang memiliki fitur OCR/OMR yang mampu membaca tulisan/tanda dari hasil scanning.

Lalu, Apa Rekomendasi Scanner Bagus?

Membahas scanner bagus tentu tidak mudah karena ada begitu banyak merek bagus di luar sana. Salah satunya adalah Brother, perusahaan Jepang yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun.

Salah satu produk scanner yang mereka andalkan adalah deretan desktop scanner dengan tipe ADS 2400N atau ADS 3000N, dan network scanner modern tipe ADS 2800W. Masing-masing memiliki fitur dasar yang sama dan bisa kamu pilih berdasarkan kecepatan scanning dan fitur jaringan. Pada artikel kali ini, saya hanya akan khusus membuat review scanner Brother ADS 2400N.

scanner brother ads 2400n, ads 2800w, dan ads 3000n
Deretan scanner berkualitas dari Brother Indonesia

Kelebihan Scanner Brother ADS 2400N

Dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis skala kecil dan menengah ke atas, Scanner Brother ADS 2400N dilengkapi dengan banyak fitur canggih, misalnya saja:

1. Kecepatan scan yang optimal

Kecepatan scanner ini boleh dibilang cukup mengagumkan, mencapai 40ppm. Dan tidak seperti scanner biasa, kamu bisa langsung melakukan scan pada dua sisi sekaligus baik dalam mode warna hitam-putih atau full-color.

2. Scan beberapa dokumen sekaligus

Tidak perlu repot scan dokumen satu-persatu, Scanner Brother ADS 2400N bisa melakukan scan otomatis untuk 50 lembar dokumen dengan fitur Auto Document Feeder (ADF).

3. Koneksi tanpa PC

Pakai scanner Brother ADS 2400N tidak perlu colok ke komputer dulu. Mau pakai Ethernet? bisa, USB Stick? Bisa juga! Selain itu, hasil scanning juga bisa langsung di simpan di tempat lain seperti Folder Jaringan, FTP/SFTP, Flash drive , hingga perangkat genggam.

4. Hasil scanning yang memuaskan

Dengan tingkat resolusi optikal 600 x 600 dpi dan resolusi terinterpolasi hingga 1200 x 1200 dpi, hasil scanning Brother ADS2400N jelas mengagumkan hasilnya. Duh! padahal biasanya untuk resolusi 300 dpi saja sudah mantap hasilnya.

5. Dilengkapi fitur optimasi gambar

Kualitas hasil scanning sering kali tergantung kualitas dokumen yang di scan. Karena itulah  banyak pengguna yang ‘membersihkan’ hasil scanning terlebih dahulu sebelum disimpan. Dengan scanner Brother ADS2400N, kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi lain karena kamu juga bisa memperbaiki hasil scanning dengan fitur-fitur berikut,

  • Hole punch removal untuk menghilangkan bekas alat pelubang kertas (perforator).
  • Background removal untuk menghilangkan noise dan warna gelap pada background.
  • Blank page removal agar kertas kosong yang tidak sengaja discan tidak tersimpan.
  • Deskew support untuk meluruskan gambar hasil scan yang miring.
  • Continous scan untuk menyatukan beberapa dokumen dalam satu hasil scanning.

6. Cocok dengan beragam media

Tidak hanya dokumen kertas, scanner Brother ADS 2400N juga bisa digunakan untuk memindai foto, struk belanja, kartu nama, dll.

7. Ringan dan ukurannya relatif kecil

Dengan dimensi 382 x 254 x 330 mm, scanner Brother ADS2400N cocok untuk diletakan di mana saja tanpa menghabiskan banyak tempat. Selain itu, beratnya yang hanya 4.5 Kg membuat scanner bersuara halus ini dapat dipindah ke mana saja dengan mudah.

Fitur unggulan scanner Brother ADS 2400N ©blogrumahan.com

Manfaat Scanner Brother dalam Berbagai Macam Industri

Dengan segala kelebihan yang dimiliki deretan scanner Brother, tidak hanya sektor bisnis saja yang diuntungkan. Ada banyak jenis industri lain yang juga bisa merasakan manfaat dari scanner ini.

a. Peran Scanner Brother dalam Sektor Pendidikan

Scanner Brother memiliki fitur Optical Mark Reading/Recognition (OMR) yang dapat ‘membaca’ tanda bulatan pada kertas ujian atau lembar survey sehingga proses pencocokan/koreksi dapat lebih cepat dilakukan.

b. Peran Scanner Brother dalam Sektor Kesehatan dan Perbankan

Kemampuan hebat scanner brother dapat membantu mempercepat proses administrasi yang bisa memangkas waktu pelayanan dan meningkatkan kepuasan konsumen. Selain itu, proses pemindahan data dari bentuk isian form manual dapat langsung discan dan dipindahkan ke storage pada komputer.

Penutup

Mudah-mudahan review scanner Brother ADS 2400N ini bisa membantu banyak yah! Bila kamu sedang mencari scanner bagus dengan harga yang relatif terjangkau untuk bisnis, Brother bisa menjadi brand yang kamu pertimbangkan.

Salah satu pilihan produknya adalan Brother ADS 2400N yang memiliki segudang fitur untuk membantu kelancaran bisnis kamu. Harga scanner ini sendiri dibandrol dengan harga Rp10.590.000 (per 31 Juli 2018), masih jauh lebih murah dibanding membuat ruang arsip tersendiri kan?

Referensi:

  • http://www.brother.co.id/id-ID/work/products/all-scanners/scanners/ads-2400n
  • https://www.brother-usa.com/products/ADS2400N#overview

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *