10+ Q&A Seputar Masa Berlaku Domain

pertanyaan seputar masa berlaku nama domain dan masa aktifnya

Domain jadi salah satu komponen penting dalam membuat sebuah website. Dengan adanya nama domain, kita jadi tidak perlu mengingat deretan angka yang panjang, cukup namanya aja, kayak blogrumahan.com.

Sayangnya nama domain itu berbayar, dan kalau sudah beli juga harus diperpanjang setiap tahunnya. Persis kayak orang ngontrak.

Terus kalau gak diperpanjang gimana?

Ya kalau kelamaan, domain bakalan lepas dari tangan kita. Jadi kalau dibeli orang lain ya sah-sah aja.

Punya Domain? Jangan Lupa Perpanjang Lur!

Anyway, saya nulis begini karena kemarin website ini sempat down sampai 5 jam. Setelah konsultasi sama pihak hosting dan penyedia domain, saya baru sadar kalau domain ini dah expired dan harus segera diperpanjang. #lupa

Padahal dari siang saya dah dapat laporan dari UptimeRobot kalau website ini down dan tidak bisa diakses.

Btw buat yang belum tahu, UptimeRobot itu layanan gratis yang bakal ngecek status website kita. Jadi kalau websitenya gak bisa diakses, kita bakalan dapat notifikasi via email.

Kirain awalnya biasa aja karena yang namanya hosting pasti ada downtimenya. Tapi kemarin gak sempet ngecek email dan ternyata bablas sampai berjam-jam down.

Sorenya saya baru konsultasi sama IDCLoudhost selaku hosting yang saya pakai. Setelah tanya-tanya, ternyata status domain di-hold dan saya harus menanyakannya pada penyedia domain.

Di sini saya malah baru sadar kalau ternyata domain sama hostingnya ada di dua tempat yang berbeda, kekeke

Akhirnya setelah tanya penyedia domain, saya cuma dikasih tahu kalau ada tagihan yang belum dibayar. Duh, malunya aku!

Setelah dibayar, domain pun kembali bisa digunakan. Website pun langsung bisa diakses seperti sedia kala.

Q&A Seputar Masa Berlaku Domain

Anyway buat yang mau sedikit tahu mengenai domain dan pertanyaan yang sering ditanyakan seputar masa berlakunya nama domain bisa cek Q&A di bawah ini yah!

Q: Bagaimana caranya biar tahu kalau nama domain mau habis masa berlakunya?
A: Habis beli pasang reminder aja, xixixi. Biasanya ada email dari penyedia domainnya kok. Kemarin itu saya pakai email yang memang jarang dibuka makanya gak tahu kalau domainnya mau kadaluwarsa.

Q: Domain yang masa berlakunya mau habis bisa ditransfer ke registrar lain gak?
A: Bisa, kalau masa berlakunya masih lama. Biasanya sekitar 30 hari sebelum masa berlakunya habis. Coba tanyakan di masing-masing registrar.

Q: Gimana kalau domain tidak langsung diperpanjang?
A: Tenang, domain masih bisa diklaim selama belum lewat 35-40 hari dari waktu expired-nya (renewal period).

Q: Berarti kalau lewat (Renewal Period) dah gak bisa diperpanjang lagi yah?
A: Bisa! 30 hari setelah masa renewal period namanya redemption period. Cuma kalau diperpanjang di masa ini, nama domain kamu harganya jadi lebih mahal karena ada biaya + denda keterlambatan.

Q: Terus kapan domain itu benar-benar lepas dari tangan kita?
A: Ya kalau sudah lewat masa redemption period, kita harus nunggu sampai domain di-delete. Setelah itu kita bisa beli lagi dengan proses yang sama kayak beli domain baru. Dengan catatan, nama domainnya belum keburu dibeli orang lain.

Q: Duh, bingung gan sama penjelasannya!
A: Duh, sorry y! Kalo gak cek gambar di bawah ini aja. (image: idcloudhost.com)

Q: Bagaimana kalau nama domain kita dibeli orang lain?
A: Ya berarti itu dah jadi haknya dia. Kalau kita mau pakai lagi ya harus beli dari orang itu.

Q: Berarti saya juga bisa yah beli nama domain orang lain yang sudah expired?
A: Bisa banget. Malah expired domain sama aged domain ini jadi andalan master bloger yang mau bikin blog tanpa perlu bangun reputasi dari nol. Cuma harus hati-hati. Jangan sampai nama domain dipakai bekas situs terlarang atau malah pernah di-banned sama Google.

Q: Btw bisa gak sih beli domain untuk lebih dari 1 tahun?
A: Bisa banget! Tergantung masing-masing registrar, nama domain bisa dibeli/diperpanjang sampai 10 tahun ke depan. Cuma pastiin tempat belinya beneran terjamin ya!

Q: Emang di mana tempat beli nama domain yang bagus?
A: Setelah nyoba cukup banyak registrar di Indonesia, saya merekomendasikan Niagahoster, IDCloudhost atau Domainesia sebagai rekomendasi tempat beli nama domain terbaik.

Q: Di tempat yang direkomendasiin harga domainnya kok mahal-mahal? Saya nemu ada yang nawarin harga domain .com jauh lebih murah!
A: Kalau mau nyari memang banyak banget seller yang jual domain .com murah, kadang cuma 50 ribu aja. Lagian mang gak curiga harganya jauh lebih murah gtu? Kebanyakan yang kayak gini suka bermasalah. Domain juga kadang gak bisa ditransfer ke tempat lain. Makanya beli di tempat yang pasti-pasti aja lur!

Q: Kenapa biaya perpanjangan domain saya jadi mahal?
A: Nama domain hampir selalu naik setiap tahunnya. Inget dulu beli domain .com itu masih di bawah Rp100K. Sekarang dah mau Rp150K. Dan kalau belinya lagi promo sih biasanya berasa karena pas tahun kedua kena harga normal yang lebih mahal. Pas perpanjang cek juga apakah ada addon berbayar kayak Whois Protection atau semacamnya.

Q: Saya gak nemu pertanyaan yang mau saya tanyain di sini!
A: Tulis dah di komen. Kalau tahu saya jawab 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *