Peran Penting Perusahaan Logistik di Indonesia selama Pandemi

  • Info
peran penting perusahaan logistik di Indonesia selama pandemi

Perusahaan logistik di Indonesia memainkan peran penting selama pandemi COVID-19 yang menimpa dunia lebih dari setahun belakangan. Selain membantu mendistribusikan kebutuhan sehari-hari, kinerja baik perusahaan logistik juga berperan besar dalam meningkatnya tren belanja online selama pandemi.


Munculnya pandemi yang berlangsung lama harus diakui membawa banyak perubahan besar pada pola hidup kita. Selain wajibnya penggunaan masker dan anjuran untuk selalu mencuci tangan, kini banyak aktivitas tatap muka langsung yang dibatasi.

Untuk meminimalisir penyebaran virus corona, kegiatan semacam itu kini lebih banyak dilakukan dari rumah. Makanya istilah belajar online dan work from home (WFH) pun menjadi sangat populer selama pandemi.

Meski hampir semua sektor terkena dampak negatif akibat kebijakan ini, ada beberapa sektor yang justru mengalami peningkatan pesat. Salah satunya adalah belanja online di mana konsumen dapat memilih dan membeli barang yang mereka inginkan melalui smartphone.

Tren belanja online sendiri sebenarnya mulai meningkat seiring perkembangan internet di tanah air. Namun dengan terbatasnya gerak-gerik warga selama pandemi, belanja online menjadi cara konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa perlu keluar rumah dan terkena risiko Covid-19.

Tingginya minat warga untuk belanja online menjadi angin sejuk bagi beragam sektor yang terkait dengan e-commerce. Salah satunya adalah kebutuhan akan jasa ekspedisi barang yang dapat memastikan barang bisa sampai ke tangan konsumen dengan aman dan cepat.

Di Indonesia sendiri kini ada beragam jasa pengiriman barang yang bisa diandalkan. Masing-masing memiliki kelebihan serta tarif yang sangat bersaing yang pastinya menjadi berita baik untuk konsumen serta pelaku bisnis di tanah air.

Nah, salah satu perusahaan logistik di Indonesia yang bisa kamu percaya adalah SELOG.

Bagi yang belum tahu, SELOG adalah brand yang dimiliki oleh PT Serasi Autoraya (SERA) yang merupakan anak perusahaan PT Astra Insternasional Tbk. Meski awalnya lebih dikenal sebagi perusahaan jasa penyewaan kendaaraan, SERA kini menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan. Tidak hanya itu, kehadiran SELOG menjadi cara SERA untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik yang bisa diandalkan.

SELOG sendiri memiliki beragam layanan end to end yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, antara lain:

  • Contract Logistics – Cocok untuk konsumen yang ingin mencari layanan logistik yang sudah terintergrasi mulai dari masalah perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring. SELOG dapat membantu mengelola jasa contract logistics untuk ekspor dan impor kendaraan roda empat dan alat berat berikut komponen-komponennya.
  • Shipping Services – Cocok untuk konsumen yang sedang mencari layanan distribusi dan pengiriman kargo dalam negeri menggunakan moda transportasi laut.
  • Shipping Agency – SELOG membuka jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan Jardine Shipping Services (JSS) yang menjadikan mereka sebagai salah satu agen pengiriman terbesar di Asia.
  • Freight Forwarding – SELOG menyediakan jasa pengiriman dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect untuk alat berat atau kargo lainnya menggunakan beragam moda pengangkutan.
  • Warehouse and Yard Management – Cocok untuk konsumen yang sedang mencari jasa pengelolaan dan penyimpanan barang. Warehouse Management System (WMS) SELOG memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Selain itu WMS juga memungkinkan konsumen untuk melihat status persediaan barang secara real time.

Selain kelima layanan di atas, SELOG juga menyediakan layanan Courier Services yang siap mengirimkan paket ke mana saja di seluruh Indonesia. Secara umum, SELOG membagi layanan ini menjadi layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar mereka meliputi same day service, next day service, dan regular service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Sedangkan layanan solusi disediakan untuk pelanggan khusus yang ingin mengirim barang VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) seperti dokumen, pengiriman barang di bawah jam 10 pagi, atau pengiriman paket dan barang lain yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa.

Dengan beragam layanan tersebut, SELOG patut menjadi pertimbangan saat memilih perusahaan logistik di Indonesia. Belum lagi jika kita melihat nama besar ASTRA yang menjadi induk perusahaan SELOG.

Makanya, pastikan pilih layanan transportasi dan logistik terpercaya agar pengiriman tepat waktu dan bisnis pun berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *