penyebab ac bau dan cara mengatasinya
Info

Penyebab AC Bau dan Cara Mengatasinya

Memang di mana-mana yang berbau tidak sedap itu tidak enak yah. Apalagi kalau hal tersebut terjadi pada AC yang digunakan di dalam ruangan tertutup.

Kalau sudah mengeluarkan bau apek atau asam sih sudah pasti ada yang salah dengan AC-nya karena perangkat listrik tidak seharusnya punya bau yang aneh-aneh. Kalau penasaran, cari tahu yuk penyebab AC bau dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab AC Berbau Tidak Sedap

1. Terdapat bangkai binatang di AC

Kalau ada bau busuk seperti bangkai, maka hal pertama yang harus dicurigai adalah komponen AC yang ada di dalam ruangan. Dengan ukurannya yang kecil, binatang seperti cicak, kecoa, atau cicak seringkali bisa masuk ke dalam AC. Kalau sudah terperangkap dan mati, baunya bisa ikut dalam aliran udara AC. Jadi tidak heran kalau baunya sampai tercium ke mana-mana.

Jika hal ini terjadi, coba cek bagian dalam AC. Bila ada ada bangkai hewan segera singkirkan lalu bersihkan AC dengan seksama menggunakan sedikit cairan pembersih.

Supaya hewan tidak gampang masuk ke dalam AC, coba cek celah yang ada pada AC lalu tutup dengan rapat.

2. Ada Bau Dari Luar Ruangan

Selain dari dalam, bau tidak sedap AC juga bisa berasal dari luar ruangan. Sebagai contoh, kalau blower indoor yang ada di luar ruangan terletak dekat dengan tempat sampah, maka baunya bisa terhisap dan masuk ke dalam ruangan. Jadi jika tidak ada masalah di bagian dalam AC coba cek blower yang ada di luar ruangan.

3. Komponen AC yang Kotor

Jika AC berbau tidak sedap, hal lain yang patut dicurigai adalah adanya debu dan kotoran yang menempel pada filter dan evaporator. Adanya debu dan kotoran dapat menyumbat aliran udara dan membuat baunya ikut terhisap.

Pada AC yang menggunakan teknologi plasmacluster, bau dari debu dan kotoran bisa diminimalisir. Namun untuk AC biasa, kita sebagai pengguna harus rajin merawatnya sendiri.

Agar hal ini tidak terjadi, AC harus rutin dibersihkan. Untuk jangka waktunya sendiri akan tergantung dari pemakaian AC dan kondisi ruangan. namun jika dirasa sudah kotor, segera cuci AC agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar.

4. Kebocoran Freon

Freon yang bocor adalah masalah besar yang bisa terjadi pada AC. Selain membuat kinerja kompresor meningkat dan membuat AC tidak dingin, bocornya freon bisa membuat lampu indikator AC berkedip dan menyebabkan AC berbau tidak sedap.

Saat hal ini terjadi, akan sulit untuk memperbaikinya sendiri karena kebocoran freon bisa terjadi di mana saja. Solusi paling tepat adalah memanggil tukan servis AC agar kebocoran lebih mudah diatasi dan freon dapat diisi ulang kembali saat tekanannya menurun.

5. Korsleting

Adanya arus pendek pada listrik bisa jadi penyebab AC berbau tidak sedap. Hal ini mudah dikenali dengan adanya bau gosong seperti ada sesuatu yang terbakar. Korsleting pada AC sendiri bisa terjadi karena beberapa hal. Namun umumnya hal ini terjadi karena adanya perangkat listrik seperti kabel atau steker yang tidak memenuhi standar. Jadi pastikan AC dipasang oleh tukang servis berpengalaman dan menggunakan bahan-bahan terbaik agar AC juga tidak cepat rusak.

6. Ruangan Lembab

Hal terakhir yang patut diperhatikan saat AC berbau adalah kondisi ruangan. Jika ruangan terlalu lembab, maka AC bisa mengeluarkan bau apek yang tidak mengenakkan.

Ruangan lembab sendiri terjadi karena ventilasi udara yang tidak baik, terutama pada kamar yang tidak berbatasan langsung dengan jendela dan tidak mendapat pasokan sinar matahari langsung.

Jika muncul bau apek dari AC, coba buka semua ventilasi kamar seperti pintu dan jendela untuk beberapa waktu. Agar bisa lebih lama, lakukan ini di pagi hari saat AC dalam keadaan mati.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *