Pengalaman Upgrade Kartu 4G Simpati/Telkomsel, Gak Sampe 10 Menit!

Akhirnya kesampaian juga buat upgrade kartu 4G Simpati. Yippiee!!!

Berhubung sudah bertahun-tahun punya, kartu Simpati lama saya tidak secara otomatis bisa dipakai di jaringan super cepatnya Telkomsel, harus upgrade ke 4G dulu. Kalau mau ganti, sayang, soalnya dah banyak orang yang tahu.

Lagipula selama ini saya selalu pakai hape dual SIM, jadi yah gak berasa juga sih butuh apa gak-nya buat upgrade ke 4G. Toh selama ini kartu si kuning yang satu lagi juga lumayan cepat internetnya. Gak cuma di Jabodetabek aja, kalau dibawa pulang kampung juga gak kalah ngebut sinyalnya.

Anyway, berhubung kemarin sempat cuti beberapa hari, saya ngajak anak istri ke salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Ya gak belanja juga sih, cuma nemenin anak main sama makan aja, kekeke. Tapi berhubung dekat sama GraPARI Telkomsel, ah, sekalian aja upgrade kartu 4G SImpati di sana.

Kenapa Harus Upgrade Kartu 4G Simpati?

Btw mau nulis artikel ini kadang geli sendiri. Padahal teknologi 5G dah di depan mata, lha ini malah ngomongin 4G, #duh.

Sesuai angkanya, semakin gede nomornya semakin kenceng juga speednya. Jadi yang jelas, alasan utama kenapa harus upgrade kartu 4G Simpati ya biar bisa ngebut, terutama internetnya.

Kan enak kalo apa-apa internetnya cepet! Mau transaksi mobile banking, belanja online, main game online, sampai pakai sosial media gak pake kesel nungguin loading yang gak kelar-kelar. Mau streaming atau video call juga enak gak pake putus-putus.

Lagian setelah ngalamin sendiri upgrade kartu ke 4G, ternyata prosesnya lumayan mudah dan cepat, gratis pulak!

Cek Apakah Kartu Sudah 4G atau Belum

Sebelum upgrade kartu 4G, cek dulu dong nomornya! Siapa tahu dulu pernah hilang, terus pas ngurus ganti kartu sudah sekalian upgrade ke 4G.

Cara cek apakah kartu sudah 4G atau belum juga mudah banget. Kita bisa pakai kode telepon atau periksa langsung sudah 4G Ready atau belum dari aplikasi MyTelkomsel.

1. Cek 4G Ready Telkomsel Lewat Kode Telepon

Caranya?

  • Telpon ke nomor *888*47#
  • Pilih opsi CEK KARTU
  • Pilih opsi CEK 4G
  • Setelah itu akan muncul informasi mengenai status kartu yang kita pakai, apakah sudah 4G atau masih 3G.

Btw cara ini juga dilakukan tim customer service untuk memeriksa apakah memang benar nomor pelanggan yang mau upgrade 4G sudah terdaftar di jaringan tersebut atau belum?

2. Cek 4G Ready Telkomsel Lewat Aplikasi My Telkomsel

Cara lain buat cek apakah kartu sudah 4G atau belum adalah lewat aplikasi MyTelkomsel.

Buat pemakai kartu dari Telkomsel kayak Simpati atau AS sih wajib instal nih. Tidak cuma memudahkan kita buat lihat saldo dan kuota saja, aplikasi MyTelkomsel juga sering banget ngasih bonus di setiap pembelian paket data. Mau tukar-tukar poin juga enak banget pakai aplikasi ini.

Untuk memeriksa apakah kartu Telkomsel sudah 4G atau tidak, caranya.

  • Unduh aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store atau Apple App Store
  • Masukan nomor kartu Telkomsel, lalu tunggu SMS berisi link verifikasi
  • Klik link verifikasi yang diberikan lalu buka dengan aplikasi MyTelkomsel
  • Klik banner 4G yang ada di halaman utama atau yang ada di menu JELAJAH
  • Jika sudah akan ada keterangan apakah SIM dan perangkat yang digunakan sudah 4G Ready atau belum

Pengalaman Upgrade Kartu 4G Simpati di GraPARI Telkomsel

Pengalaman upgrade kartu 4G telkomsel, prosesnya lumayan cepat dan mudah. Letak GraPARI Telkomsel pun lumayan banyak di area Jakarta dan Tangerang.

Berhubung rumah saya ada di perbatasan Tangerang – Jakarta, GraPARI Telkomsel terdekat ada di Mall Metro Cipulir. Untuk lokasi lainnya, silahkan cek lokasi GraPARI Telkomsel lainnya di SINI.

Di Mall Metro Cipulir, GraPARI Telkomsel terletak di lantai Lower Ground bareng sama toko hape dan laptop. Posisinya persis banget di depan eskalator. Jujur saya sih baru pertama kali ke sini, tapi lumayan sepi juga yah ternyata lantai Lower Groundnya!

Jam buka di Google Map sih tertera jam 08:00, tapi ternyata pas sampai di sana ternyata baru buka jam 10:00. Bagus saya berangkat agak siangan, jadi 09:55 baru sampai dan dapet antrian pertama.

Pas masuk saya ditanya keperluannya apa? Saya bilang, “upgrade kartu 4G mas”.

“Bawa KTP pak?”

“Iya,” jawab saya.

Ya sudah, saya dibuatkan tiket dan suruh tunggu dipanggil.

Berhubung saya dapat nomor antrian pertama hari itu, saya dipanggil pertama dong, yay!

Di customer service, prosesnya lumayan cepat, tidak sampai 10 menit sudah selesai.

Pertama, ada proses verifikasi untuk memastikan kalau kita adalah pemilik nomor tersebut. Makanya nih kalau isi data jangan sembarangan, biar nanti kalau ada apa-apa ngurusnya gampang!

Pertanyaannya sih mudah, cuma ditanya nama pemilik, nomor telepon, sama nama ibu kandung. Kalau bisa jawab semuanya, lanjut!

Kedua, kita bakal diminta KTP untuk proses pendataan. Formulir diisi sama CS-nya jadi kita tinggal duduk manis aja!

Ketiga, kita akan diminta 3 nomor yang paling sering dihubungi. Tujuannya buat backup sekaligus verifikasi tambahan kalau nanti ada apa-apa.

Keempat, saya ditanya apakah nomor ini terhubung dengan m-banking atau tidak? Berhubung saya tidak pakai nomor ini untuk aplikasi mobile banking, jadinya langsung di-skip.

Kelima, selesai. Kita cuma suruh tanda tangan dan kartu langsung dibuat saat itu juga. Bisa langsung pakai juga lagi!

Btw saat saya upgrade 4G Simpati ada promo bonus kuota 4G sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan yang sudah ganti kartu dari non 4G ke kartu 4G.

  • Bonus kuota 5GB per bulan selama 6 bulan di jaringan 4G untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 6 bulan serta penggunaan lebih dari Rp100.000.
  • Bonus kuota 2,5GB per bulan selama 6 bulan di jaringan 4G untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 3 bulan serta penggunaan kurang dari Rp100.000.

Berhubung pemakaian saya masih di bawah Rp100.000 per bulan, jadi cuma dapat bonus kuota 2.5GB aja!

Upgrade Kartu 4G Simpati tanpa ke GraPARI

Nah, buat kamu yang gak sempet keluar rumah, Telkomsel menyediakan layanan supaya kita bisa upgrade kartu dari rumah. Kita cuma tinggal isi form dan nanti kartu baru bakalan dikirim ke rumah tanpa biaya.

Sayangnya cuma area tertentu yang sudah tercover 4G saja yang bisa menggunakan cara ini. Buat ngeceknya coba cek link ini aja!

https://www.telkomsel.com/4g-lte/4g-coverage

Selain itu program tukar kartu 4G secara online hanya berlaku untuk pelanggan yang telah menggunakan kartu prabayar Telkomsel (simPATI, KARTU As, dan Loop) dengan masa aktif lebih dari 6 bulan serta penggunaan lebih dari Rp100.000. Kalau pakai kartu HALO, tetap harus ke GraPARI.

Dan satu hal yang gak kalah penting, kalau nomor Telkomsel kamu terhubung dengan m-banking, ada baiknya langsung diurus di GraPARI saja yah!

Caranya?

Isi dulu form yang ada di laman berikut ini dengan data-data seperti nomor telepon dan data-data pribadi kamu.

https://mobi.telkomsel.com/usim

Jika sudah, kamu akan dikirimkan kartu SIM baru yang sudah medukung teknologi 4G LTE.

Btw, kartu SIM mentahan gini ternyata dijual juga di toko online atau konter pulsa. Harganya juga lumayan murah.

Setelah itu ikuti dua langkah mudah berikut ini.

Langkah #1:

  • Hubungi 88846#
  • Pilih Menu 1
  • Masukkan nomor kartu 4G
  • Pilih “Ya”
  • Catat Token/PIN
  • Keluarkan kartu SIM lama dari ponsel \

Langkah #2:

  • Masukkan kartu SIM 4G ke ponsel
  • Hubungi 88846#
  • Pilih Menu 2
  • Pilih “Ya”
  • Masukkan nomor lama
  • Masukkan Token/PIN
  • Pilih “Ya”
  • Permintaan ganti ke kartu 4G telah selesai
  • Tunggu SMS konfirmasi ganti ke kartu 4G berhasil
  • Matikan dan nyalakan kembali ponsel jika tidak menerima SMS konfirmasi dalam waktu 15 menit

Gimana bro/sis, gampang banget ternyata kalau mau upgrade ke 4G Telkomsel? Dah, makanya kalau masih belum support 4G, buru-buru dah ke GraPARI Telkomsel buat upgrade gratis. Lumayan, mumpung masih ada bonus kuota selama 6 bulan!

Default image
Tuan Rumah
Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

2 Comments

  1. Awal2 aja kenceng mas. Sekarang sama aja deh kayaknya

    • Wah, kalau saya malah lucu, di kamar sinyalnya lemah, buat browsing aja kadang lemot. Lha kalau di halaman depan malah bagus sampe bisa buat streaming youtube yg HD. Apa karena areanya lebih terbuka y?

Leave a Reply