Apapun tujuan ngeblognya, pasti pengen dong punya trafik yang tinggi!

Punya trafik tinggi punya banyak manfaat. Level ekspose yang tinggi, penghasilan adsense yang semakin besar, potensi konversi yang lebih tinggi, sampai jadi terkenal, kekeke.

Terus berapa sih trafik yang ideal buat sebuah blog?

Hmm, kalau ini sih saya juga penasaran. Dulu waktu trafik masih belasan, trafik puluhan kelihatan tinggi banget. Sudah punya trafik puluhan, trafik ratusan kelihatan lebih tinggi lagi. Sekarang trafik dah ribuan pun, ternyata masih ada trafik yang jauh lebih tinggi lagi.

Ngomongin soal trafik, alhamdulillah sejak awal tahun ini saya bisa tembus 4 digit.

Kalau lihat judul di atas, 1.000 sih sebenernya kecil banget. Di Fans Page Blogger, ada lumayan banyak blog yang trafiknya sudah di atas 5.000, atau bahkan tembus puluhan ribu pengunjung per harinya.

Duh, kalau dibandingin punya saya jadi kelihatan miris banget. Tapi buat sebagian orang 1.000 pengunjung per dah lumayan gede, jadi y disyukuri aja!

Pengalaman meningkatkan trafik hingga 1000 pengunjung per hari (image: https://unsplash.com/photos/IBaVuZsJJTo)

0-99, the humble beginning

Saya mungkin dah sering bilang kalau saya awalnya ngeblog karena iseng. Lumayan buat ngisi waktu kosong sekalian belajar hal baru.

Niat ngeblog iseng ini yang bikin saya gak mikirin trafik pas awal-awal buat blog. Yang penting bikin konten dulu sembari belajar teknik ngeblog dan SEO. Kebetulan pas pertama mulai baru pakai WordPress, jadi tambah banyak hal teknis yang harus dipelajari.

Domainnya sendiri sudah didaftarin sejak Agustus 2016, tapi ngeblognya (mulai posting pertama) kalau gak salah sekitar awal 2017 (Jan atau Feb, lupa saya soalnya tanggal publikasinya pakai modified date)

Berhubung gak ada niat buat nyari trafik, blog saya cuma didatengin segelintir orang aja pas beberapa bulan pertama. Mostly kebanyakan dari Google search karena saya gak pernah blogwalking, akun sosmed aja kayaknya belum aktif.

Walhasil, naik dari 0 ke 99 ini cukup lama. Kalau lihat laporan GA, baru pas akhir tahun 2016 trafik saya bisa tembus angka seratus.

100-500, the next phase

Masuk ke tahun kedua ngeblog, konten blog saya semakin banyak meski masih belum konsisten.

Alhamdulillah beberapa konten masuk halaman pertama Google dan jadi penyumbang trafik terbesar di antara konten lainnya. Dari konten-konten ‘gacoan’ ini, trafik saya langsung melejit dari 100 ke 400-an dengan cepat.

Sayangnya saya jarang main di keyword yang banyak dicari orang, padahal kalau punya blog yang mengandalkan SEO, harusnya cari keyword yang banyak dicari orang supaya trafiknya cepat naik.

Di fase ini, saya stuck cukup lama di angka 400-500 pengunjung perharinya.

Tapi cukup lumayan karena berbarengan dengan nilai DA yang semakin tinggi dan ranking Alexa yang semakin ramping. Di fase inilah saya mulai mendapatkan uang pertama dari content placement sampai dapat hosting gratis juga, Selain itu saya mulai memonetasi blog saya lewat program afiliasi dan Adsense.

Dapat duit dari blog itu rasanya senang banget meskipun nilainya mungkin gak seberapa dibanding blogger sukses lainnya.

Karena itulah saya niat mulai awal tahun ini untuk ngeblog lebih serius. Apalagi trafik sempat stuck lama di angka itu-itu aja. Makanya di awal tahun saya sempat buat resolusi ngeblog supaya pendapatannya lebih maksimal.

500-2000, try to be more serious

Melihat pendapatan yang bisa saya peroleh dari blog, rasanya pengen juga kayak blogger lain yang bisa dapet belasan juta sampai puluhan juta rupiah per bulannya. Makanya tahun 2019 ini saya punya niat untuk meningkatkan trafik dan DA (domain authority) supaya penghasilannya lebih maksimal.

Untuk strateginya, saya belajar lagi cara meningkatkan trafik dan SEO. Mungkin kapan-kapan saya jabarin caranya, tapi berhubung saya mengandalkan SEO dan Google Search sebagai sumber trafik, strategi saya tidak jauh dari mencari keyword potensial dan membuat artikel yang bisa nongol di halaman pertama (kalau bisa peringkat satu).

Dan gak cuma bikin konten baru, saya juga mengupdate artikel-artikel lama supaya lebih ‘greget’ dan punya daya saing lebih dibanding artikel blog lainnya

Alhamdulillah, dengan cara sederhana ini, trafik saya sempat naik dari 400-an ke hampir 2000-an per harinya. Sayangnya ketika ada update algoritma Google, trafiknya ‘kesunat’ jadi sisa 1.500-an saja!

Terus apa efeknya?

Yang jelas aku jadi bahagia, kekeke.

Trafik tinggi lumayan banyak efek positifnya, baik secara langsung atau tidak langsung, misalnya

  • Ranking Alexa yang semakin ramping, alhamdulillah dah masuk peringkat 2.700-an untuk kategori situs Indonesia.
  • Yang komen tambah banyak, meski yang nyepam jauh lebih banyak.
  • Pendapatan Adsense meningkat. Kalau dulu butuh waktu hampir setahun buat gajian pertama, sekarang bisa tiap bulan. Tapi kalau yang ini sih mungkin karena saya punya beberapa blog di satu akun Adsense.
  • Klik di link afiliasi tambah banyak, sayang konversinya tidak ikutan meningkat pesat juga.
  • Dapat lebih banyak tawaran kerjasama

Apa target selanjutnya?

Maunya sih punya trafik sampai dua kali lipat trafik yang sekarang. Kalau bisa tembus 5.000 pengunjung per hari sih kayaknya seru. Dan mudah-mudahan gak butuh waktu lama kayak sebelumnya.

Cuma kadang kepikiran, “hosting saya kuat gak yah?” Males ih kalau harus upgrade ke paket hosting yang lebih mahal,

Target yang lebih realistis mungkin mengembangkan blog-blog saya yang lain seperti blogrumahan ini, kasian dah lama dianggurin. Mudah-mudahan nanti bisa punya trafik tinggi juga kayak ‘sodaranya’.

Kalau nanti trafiknya melejit semua dan pendapatan dari blognya jadi banyak kayaknya saja pensiun kerja dan jadi full-time blogger aja kali yah! kekeke.

Btw kalau yang punya cara ampuh untuk meningkatkan trafik boleh dong di share di sini. Saya mau belajar!

Show CommentsClose Comments

12 Comments

  • Bang Day
    Posted 31 August 2019 at 10:55 pm 0Likes

    wuih keren bisa gajian tiap bulan. mantap mas.
    saya dah 2 tahun pvnya masih 500-1000aja. jumlah klik ya segitu2 juga

    • Tuan Rumah
      Posted 1 September 2019 at 9:30 pm 0Likes

      Ini buat yang situs cuaca bang? Kalau udah segitu, kenapa gak coba digabung sama niche pendidikan atau info CPNS aj bang Day? soalnya dua niche itu katanya sih agak lumayan CPC-nya, apalagi kalau dah ketemu ‘musim’-nya 🙂

  • adi pradana
    Posted 31 August 2019 at 10:21 am 0Likes

    Saya 500 aja ga kecapai, sedih

    • Tuan Rumah
      Posted 31 August 2019 at 12:47 pm 0Likes

      Semangat kang, kalau dah itungan ratusan juga dah lumayan tuh, tinggal naikin pelan-pelan 🙂

  • Zaki
    Posted 30 August 2019 at 3:34 pm 0Likes

    Kalo saya sih bikin web blm ada setahun, dan ga pernah ngecek jumlah visitor berapa.. lagi fokus bikin artikel yang manfaat buat orang laen.. karena kalo udh manfaat, in sya Allah bakal narik visitor..

    • Tuan Rumah
      Posted 31 August 2019 at 6:11 am 0Likes

      Yes, saya juga lebih seneng metode seperti ini, bikin authority sites dan isi dengan konten yang bisa kasih banyak manfaat/solusi buat orang lain. Blog utama saya juga awalnya seperti ini, lama-lama visitor dan pengiklan datang sendiri 🙂

  • Rumi
    Posted 29 August 2019 at 8:47 am 0Likes

    Jujur ini jadi buat semangat nulis di blog, padahal ngeblog dari 2012 tapi visitor perhari baru nyentuh ratusan dan fluktuatif banget. Thanks for sharing!

    • Tuan Rumah
      Posted 30 August 2019 at 7:41 am 0Likes

      Hmm, ngomongin fluktuatif, blog ini juga trafiknya turun-naik drastis. Kalau saya ikutan lomba atau rajin BW, trafiknya naik jauh, tapi kalo lagi gak keurus, ya gtu deh!

      Btw semangat terus mba, meski trafik turun-naik, mudah-mudahan tetep dapet job terus 🙂

  • thya
    Posted 26 August 2019 at 9:29 am 0Likes

    wah kereenn.. udah bisa gajian dari adsense tiap bulan..
    saya belum berhasil gajian juga nih.. hihi.. jelas aja sih, trafik per hari nya masih rendah, posting blog juga masih mood2an. Apalagi Seo aku gak ngerti2.. hufftt..

    ajarin dong kak.. hehe

    • Tuan Rumah
      Posted 26 August 2019 at 2:54 pm 0Likes

      Alhamdulillah iya kak, meskipun dapatnya kadang masih mepet-mepet batas penarikan Adsensenya, hihi.
      Kalau urusan SEO saya belum pantas ngajar, banyak yang lebih master. Aku juga jarang sebenernya merhatiin SEO, paling dasar-dasarnya aja. Klo pun dapet trafik tinggi biasanya karena saya main di keyword yang persaingannya lumayan rendah.

  • Bang Doel
    Posted 23 August 2019 at 9:32 pm 0Likes

    Wah keren udah bisa gajian per bulan dari Adsense. Blog saya juga kesunat waktu update algoritma di awal tahun 2019 ini. Jadinya mentok di angka 1000 visitors/day, kadang turun, naik dikit, tapi turun lagi.

    • Tuan Rumah
      Posted 25 August 2019 at 10:03 am 0Likes

      Wah, turun juga yah! Saya pas awal tahun ini tidak terlalu parah turunnya. Tapi baru-baru ini turunnya lebih drastis, katanya sih ada pembaruan algoritma lagi, tapi saya tidak terlalu ngikutin berita semacam itu.

Leave a comment