alasan pentingnya aplikasi HR untuk perusahaan
Keuangan

Mengapa Aplikasi HR Penting Bagi Perusahaan?

Seiring berkembangnya perusahaan, maka jumlah karyawan juga akan meningkat. Bertambahnya jumlah karyawan ini biasanya akan membuat HRD kewalahan.

Untuk mengatasinya, pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan SDM pun mulai dilakukan banyak perusahaan. Contoh dari teknologi yang ditemui dalam perusahaan adalah absensi online, software reimburse, dan aplikasi HR.

Aplikasi HR tentu sudah tak asing lagi bagi banyak perusahaan. Aplikasi HR digunakan untuk membantu manajer dan staff HR agar dapat bekerja lebih efisien dan meningkatkan produktivitas.

Alasan Mengapa Aplikasi HR Penting

Hampir setiap hari HR suatu perusahaan melakukan proses administrasi dan pengelolaan karyawan, mulai dari orientasi, pelatihan hingga manajemen dokumen karyawan. Cara perusahaan mengelola tenaga kerjanya tidaklah sama seperti zaman dimana teknologi belum berkembang pesat.

Untuk memenuhi tantangan teknologi modern dan perkembangan lingkungan bisnis, perusahaan sebaiknya beralih memanfaatkan teknologi. Dibanding memakai cara konvensional, berikut adalah beberapa alasan kenapa aplikasi HR penting digunakan di masa sekarang.

1. Hemat Waktu

Dengan mengotomatiskan tugas dan pengelolaan data, aplikasi HR dapat menghemat waktu dan mengurangi dokumen yang tidak praktis. Ketika tim HR memiliki semua informasi yang mereka butuhkan hanya dengan mengklik tombol, kinerja pun menjadi cepat.

Aplikasi ini juga membuat HR untuk fokus pada menghasilkan perencanaan yang lebih baik, pengambilan keputusan yang lebih strategis, dan kepuasan kerja yang lebih besar.

2. Employee Experience

Kemajuan pesat dalam teknologi membuat para pekerja mengharapkan sesatu yang lebih dari perusahaan. Penggunaaan aplikasi yang user friendly dapat membantu mengubah persepsi karyawan terhadap perusahaan menjadi jauh lebih baik.

Karyawan dapat melihat penggunaan aplikasi HR sebagai sesuatu yang berpikiran maju. Selain itu aplikasi ini juga dianggap sebagai pendukung pekerjaan baik yang secara strategis relevan.

3. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Salah satu rasa hal yang menjadi sumber frustasi HR adalah pengambilan keputusan. HR dan pihak manajerial harus menimbang banyak hal untuk mengambil keputusan yang paling akurat.

Aplikasi HR atau yang sering disebut juga Aplikasi HRD dapat memudahkan mereka untuk menemukan, menganalisis, dan melaporkan data dan informasi seputar karyawan. Hal ini memungkinkan manajerial atau pihak tertentu yang berwenang membuat keputusan yang lebih cerdas dan tepat waktu. Sehingga akan memperkuat kredibilitas SDM yang lebih luas.

4. Kedisiplinan

Karena perusahaan menyimpan semua dan informasi karyawan terkait di satu tempat terpusat, kepatuhan karyawan terhadap persyaratan peraturan akan jauh lebih baik. Karyawan akan jauh lebih disiplin dan menjaga budaya kerja agar menjadi lebih baik. Dengan begitu kecil kemungkinan karyawan untuk melakukan pelanggaran seperti terlambat atau bolos kerja.


Itulah penjelasan secara singkat mengapa aplikasi HR penting bagi perusahaan. Jika perusahaan Anda mencari aplikasi HR terbaik untuk perusahaan, maka LinovHR adalah solusi dari hal tersebut.

LinovHR telah berpengalaman dalam membantu banyak perusahaan mengelola SDM. Jadi tak diragukan lagi kinerjanya. Dengan demikian proses pengelolaan SDM dalam perusahaan menjadi lebih stabil dan optimal dengan aplikasi HR dari LinovHR. 

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *