Mau Tau Tempat Beli Domain Murah dan Terpercaya? RumahWeb Aja!

“Eh, katanya mulai ngeblog lo bro?”

“Iya nih”

“Apa nama blognya? sini biar gue liat”

“Anu, blablabla.blogspot.com!”

“Buset, panjang amat namanya! ketauan banget lo pake gratisan, wkwkwk”

Percaya atau tidak, percakapan ini memang pernah terjadi dulu sekali ketika saya mulai ngeblog. Berhubung masih pemula dan niatnya memang iseng coba ngeblog, rasanya sayang kalau saya harus keluar duit buat beli nama domain dan hosting. “Kalau ada Blogger yang gratisan kenapa harus pake yang bayar?” begitu pikir saya dulu.

Blogger sendiri memang platform blogging gratis yang lumayan populer di Indonesia. Selain user-friendly, Blogger juga cukup mudah dimodifikasi. Tidak cuma itu, Blog Blogspot juga lebih mudah dipasangkan dengan Google Adsense.

Meski banyak kelebihannya, Blogger juga punya banyak kekurangan. Salah satunya adalah subdomain gratis yang kita dapat sebagai alamat blog/website kita. Ini memang sudah jadi ciri khas blog Blogspot, semua blog yang dibuat di Blogger pasti dapat nama domain yang ada akhiran .blogspot.com. Sayangnya tidak cuma bikin nama domain jadi lebih panjang, subdomain gratis Blogger juga bikin domain blog kita mirip dengan jutaan blog gratis lainnya.

Untung saja Blogger support custom domain. Jadi kalau kita mau tampil beda, kita bisa pasang nama domain sendiri.

Nama domain gratis untuk setiap blog Blogger selalu berakhiran .blogspot.com.

Memang apa sih kelebihan punya nama domain sendiri?

Banyak lurr!

Yang jelas nama domain bakal bikin blog kita unik. Kalau dipasangin template yang bagus, gak ada yang nyangka deh kalau kita pakai Blogger buat bikin blognya. Tapi selain unik, ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapat dengan memiliki nama domain sendiri.

Personal Branding

Nama domain adalah representasi kita di dunia maya. Kadang dengan melihat nama domain saja kita sudah bisa menerka isi dan reputasi sebuah website. Misalkan saja ada situs dengan nama haibunda.com, dan sesuai tebakan kamu, situs ini ternyata memang banyak membahas topik yang banyak bunda cari.

Tidak hanya itu, memiliki nama domain sendiri juga bisa membuat kita terlihat lebih profesional. Bicara masalah ini saya jadi ingat penipuan lewat SMS yang mengharuskan kita mengakses website tertentu. Sayangnya website yang dicantumkan kebanyakan masih ber-domain .blogspot.com, jadi terlihat jelas sekali penipuannya. Padahal kalau pakai domain berbayar mungkin akan lebih banyak orang yang mengklik situs tersebut, minimal karena penasaran, hihihi.

SEO

Meski tidak secara langsung, nama domain berbayar juga memiliki pengaruh terhadap peringkat kita di hasil pencarian Google. Dengan nama domain sendiri, situs kita akan tampak lebih kredibel di mata pengunjung. Jika kita mencari keyword tertentu, kita sendiri mungkin akan lebih memilih situs dengan nama domain yang jelas dibanding nama domain gratisan bukan?

Hal inilah yang membuat situs kita bisa memiliki clickthrough ratio yang tinggi yang ujung-ujungnya meningkatkan trafik dan membuat situs kita tampak ‘baik’ di mata Google.

Murah

Yang jelas membeli nama domain tidak akan semahal membeli hosting. Jika kamu mengincar domain dengan ekstensi populer seperti .com, kamu hanya perlu merogoh kocek antara 115.000-125.000 saja per tahunnya. Kalau dihitung per bulan, nama domain .com cuma menghabiskan ± Rp10.000 aja. Coba hitung lagi per harinya, jadi kelihatan murah banget kan?

Terus di mana bisa beli nama domain sendiri?

Nah, ini dia yang biasanya jadi masalah. Apalagi sekarang ada banyak banget tempat beli nama domain yang bisa kamu pilih. Tidak cuma penyedia hosting saja, sekarang bahkan banyak reseller perorangan yang juga menjual nama domain lho!

Jika kamu mencari tempat untuk membeli nama domain, jangan tergiur dengan harganya saja, reputasi dan layanan penyedia nama domain juga harus diperhatikan. Sebagai rekomendasi, salah satu tempat daftar domain yang menawarkan harga murah dan layanan yang oke adalah Rumahweb. Kebetulan saya memiliki tiga nama domain yang saya daftarkan melalui Rumahweb, jadi saya bisa kasih testimoni jujur nih buat kamu.

Nama domain yang saya percayakan di RumahWeb (klik untuk memperbesar gambar)

Kenapa saya percaya sama Rumahweb? ini dia alasannya!

1. Terakreditasi ICANN dan PANDI

Ketika saya ingin membeli nama domain pertama saya, salah satu kriteria penting yang saya cari adalah akreditasi dari ICANN. Buat yang belum tau, ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers ) adalah lembaga non-profit yang tugasnya mengatur dan mengelola nama domain yang ada di seluruh dunia.

Akreditasi dari ICANN sendiri tidak bisa diperoleh sembarangan karena untuk lolos, sebuah perusahaan harus melalui proses akreditasi dan audit yang mencakup kelayakan teknis, finansial, dan berbagai aspek penting lainnya. Sebagai gambaran betapa sulitnya proses ini, dari Indonesia hanya ada 4 registrar saja yang sudah terakrediatsi ICANN, salah satunya Rumahweb ini.

Tidak hanya itu, Rumahweb juga terakreditasi oleh PANDI. Bedanya dengan ICANN, PANDI ini khusus mengelola domain ekstensi Indonesia seperti .id, .co.id, .web.id, dan varian .id lainnya. Jadi kredibilitas Rumahweb sebagai penyedia nama domain sudah tidak perlu diragukan lagi.

Reputasi Rumahweb sebagai registrar domain tidak perlu diragukan lagi karena sudah terakreditasi ICANN dan PANDI

2. Pilihan ektensi domain yang beragam

Saya sendiri hanya pernah beli nama domain dengan ekstensi populer seperti .com dan .net saja. Tapi kalau kamu mencari nama domain dengan ekstensi lainnya, Rumahweb menyediakan pilihan yang sangat beragam.

Mau beli nama domain untuk organisasi? ada domain .org. Mau beli domain untuk institusi pendidikan? ada domain .ac.id, .sch.id, atau .ponpes.id. Mau beli nama domain untuk bisnis? ada domain yang bisa disesuaikan dengan jenis bisnis kamu seperti .clothing, .computer, atau .rentals.

3. Fitur lengkap dan kontrol Penuh atas nama domain

Sebenarnya saya tidak butuh fitur yang njelimet banget pas beli nama domain. Yang penting domain bisa saya ubah name servernya jadi bisa kita pasang di hosting manapun. Di Rumahweb sendiri fiturnya cukup banyak mulai dari domain forwarding, registrar lock, hingga DNS management.

Dan yang paling penting, kita memiliki kontrol penuh terhadap domain yang kita beli. jadi kita bisa pindah kapanpun kita mau tanpa harus ‘tersandera’ di registrar yang sama.

4. Harga yang bersaing

Siapa sih yang gak mau beli domain murah? Kalau saya sih jelas mau, hihihi.

Melihat semua manfaat yang diberikan Rumahweb, jangan kira harga domainnya bakalan mahal. Justru harganya bersaing banget meskipun bukan yang paling murah. Jangan lupa juga kalau Rumahweb sering banget ngadain promo yang bikin harga nama domain yang kamu incar jadi jauh lebih murah.

Jangan ketinggalan promo domain murah yang diberikan Rumahweb!
Jangan ketinggalan promo domain murah yang diberikan Rumahweb!

Penutup

Sip, jadi tau dong sekarang harus ke mana kalau mau cari domain murah dan terpercaya buat blog kamu?

Tidak cuma kasih harga murah dengan fitur dan layanan yang ramah, Rumahweb juga punya reputasi yang baik. Rumahweb sendiri memang bukan wajah baru di dunia hosting. Tahun ini saja Rumahweb sudah berumur 17 tahun, sweet banget gak sih?

Tapi usia segitu jangan disamain sama umur manusia yah! di bisnis hosting, umur segitu dah termasuk tua, hihihi. Dengan pengalaman selama itu, tidak cuma beli nama domain, kamu juga tidak perlu ragu beli paket hostingnya juga. Apalagi beberapa paket hosting murah Rumahweb sudah termasuk domain gratis.

Kalau berminat, jangan pake tunggu lama, mupung banyak banget promo di bulan Maret ini. Jadi jangan sampai ketinggalan yah!

4 thoughts on “Mau Tau Tempat Beli Domain Murah dan Terpercaya? RumahWeb Aja!

    1. Iya mas, selain terakreditasi ICANN, PANDI juga. Makanya banyak domain-domain awal yang saya punya daftarnya di Rumahweb.

  1. wow hohoho keren bro,
    tapi jujur kalau alasan saya dulu pengen punya domain itu adalah untuk narsis di depan gebetan ahahahaha. nais info Sob, segera meluncur ke TKP untuk ngecek

    1. Wah, paling mantap mas bro alasannya punya domain, baru kali ini ada yang bilang beli domain buat narsis depan gebetan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *