Khasiat dan manfaat susu beruang untuk kecantikan kulit dan wajah
Kesehatan

Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan Kulit

Susu beruang adalah minuman susu dalam kemasan yang dikenal memiliki banyak khasiat. Selain baik untuk tubuh, kandungan kaya nutrisi pada susu beruang juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit lho!

Tidak hanya cuma dengan cara diminum saja, susu beruang juga bisa dioleskan langsung ke kulit atau dicampur dengan bahan lain untuk menambah khasiatnya.

Perawatan dengan susu kemasan sendiri bukanlah hal yang aneh. Kalau di drama korea kadang kita sering lihat kan ada tokoh yang terlalu sayang untuk membuang susu yang sudah hampir habis masa berlakunya. Daripada dibuang, susu tersebut biasanya dibuat sebagai masker atau lulur untuk membuat kulit mereka halus dan lembut.

Di Youtube sendiri ada cukup banyak tutorial untuk memutihkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan masker dari susu beruang. Salah satunya berasal dari Youtuber remaja Nazifa Farzanah melalui channelnya @itszifa.

Terus, kenapa harus susu beruang?

Susu beruang atau Bear Brand, adalah salah satu produk dari Nestle yang diklaim dibuat 100% dari susu murni tanpa bahan pengawet. Karena itulah susu beruang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi ternyata tidak itu saja, susu beruang juga baik untuk kulitmu juga!

Sebagai contoh, pada susu beruang terdapat kandungan Vitamin A & B6 yang bisa berfungsi untuk membantu proses pembuatan sel baru. Lalu ada Vitamin D yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Kandungan Protein yang tinggi pada susu beruang juga bisa membantu memperbaiki dan mengencangkan kulit. Kemudian ada Kalsium yang bisa memperbarui lapisan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu masih ada lagi kandungan lain seperti Biotin, Kalium, Magnesium, hingga Selenium yang tentunya baik untuk kulit.

Satu kandungan lain yang tidak kalah penting adalah AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang juga banyak dijumpai pada beragam produk kecantikan. Fungsi dari senyawa ini adalah sebagai eksfoliator yang mampu mengupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar.

Susu beruang memiliki banyak kandungan yang baik untuk kecantikan kulit dan wajah
Susu beruang memiliki banyak kandungan yang baik untuk kecantikan kulit dan wajah

Manfaat susu beruang untuk kecantikan dan kesehatan kulit

Dengan semua kandungan baik yang ada dalam susu beruang, ada banyak cara untuk menggunakan produk ini unuk merawat dan mempercantik kulit.

1. Membersihkan wajah

Susu beruang dapat dipakai untuk membersihkan wajah dengan cara membuang kotoran yang menyumbat pori-pori di wajah. Untuk melakukannya, cukup oleskan susu ke seluruh wajah dengan kapas lalu pijat secara perlahan. Setelah didiamkan selama ± 10 menit, bilas wajah dengan air bersih.

Agar hasilnya lebih optimal, bersihkan wajah setelah beraktifitas atau sebelum tidur.

2. Mencerahkan kulit dan membuatnya lebih putih

Kandungan asam laktat dari senyawa AHA yang ada dalam susu beruang membuatnya baik untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Caranya, siapkan susu beruang pada sebuah piring atau mangkuk lalu celupkan handuk kecil ke dalamnya. Peras lalu oleskan handuk yang sudah direndam pada kulit yang gelap atau kusam. Lakukan secara teratur sebelum dan sesudah mandi sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Sebagai variasi, susu beruang juga bisa dicampur dengan bahan lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sebagai contoh, kombinasi susu beruang dan bubuk kopi bisa digunakan sebagai scrub wajah sementara kombinasi dengan tepung beras dapat dipakai untuk menyamarkan noda jerawat dan meratakan warna kulit.

3. Melembabkan kulit

Susu beruang dapat digunakan untuk melembabkan kulit, tidak hanya wajah tetapi juga area bibir. Selain itu susu ini juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Untuk melakukannya, celupkan bola kapas ke dalam susu lalu oleskan ke seluruh kulit. Untuk melembabkan area bibir, kapas dapat kita letakan menutupi bibir. Setelah selesai, diamkan selama ±15 menit lalu cuci dengan air bersih.

4. Mempercepat regenerasi kulit bekas luka dan jerawat

Asam laktat pada susu beruang tidak hanya bisa mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan luar kulit saja, tetapi juga sel kulit mati pada luka seperti beas jerawat.

Cara penggunaannya pun sama, kita hanya perlu mengoleskan susu beruang dengan kapas pada bagian kulit bekas luka. Pemakaian susu dapat dilakukan lebih sering agar kulit bekas luka cepat terangkat dan tersamarkan.

5. Mengencangkan kulit

Susu beruang memiliki banyak kandungan yang bagus untuk membantu mengencangkan kulit. Selain dapat menangkal radikal bebas yang merusak kulit, susu beruang juga baik untuk mempercepat pembuatan sel kulit baru.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin D dalam susu beruang juga bisa membantu memperbanyak produksi kolagen. Kolagen inilah yang nantinya akan meningkatkan elastisitas kulit, kelembapan kulit, dan tingkat kekasaran kulit.


Ternyata banyak banget kan manfaat susu beruang untuk kecantikan kulit! Meski begitu, pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap produk olahan susu. Jangan sampai kulit justru dipenuhi bercak merah akibat alergi susu.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *