manfaat air putih untuk kesehatan tubuh
Kesehatan

1001 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Badan

Aneh gak sih, air putih yang tampaknya biasa saja ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia?

Oke, mungkin manfaatnya tidak sampai 1001 kayak ceritanya Arabian Nights yang gak abis-abis. Tapi kalau ada minuman yang murah meriah dan menyehatkan kayak gini, apa masih mau minum minuman lain yang belum tentu menyehatkan?

Fakta menarik, 60% tubuh manusia terdiri dari air, bahkan 90% komposisi darah terdiri dari air. Jika jadar air dalam tubuh berkurang drastis, pasti akan ada efek negatif yang dirasakan oleh tubuh.

Sebagai contoh, dehidrasi akan menyebabkan rasa haus (ya iyalah!), mulut kering, lelah, mudah mengantuk, sakit kepala, hingga sembelit. Pada kasus yang lebih parah, dehidrasi akut bahkan bisa menyebabkan demam hingga pingsan.

Jadi tidak hanya menghilangkan rasa haus, air putih juga baik untuk kesehatan tubuh kamu. Biar kamu lebih yakin, simak dulu manfaat air putih berikut ini!

10+ Manfaat Minum Air Putih

1. Menyehatkan Organ Dalam Mulut

Air liur adalah komponen penting yang membantu kita untuk mencerna makanan dan melindungi bagian dalam mulut. Tidak hanya itu, liur dan lendir juga menjaga area mulut dan hidung tetap lembab untuk mencegahnya dari gesekan dan kerusakan.

Minum air setelah makan juga penting untuk menjaga kebersihan mulut. Minum air putih juga akan lebih baik dibanding minuman manis karena tidak akan ada gula yang tersisa yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

2. Mengatur Suhu Tubuh

Keringat yang muncul saat berolahraga atau melakukan aktifitas berat adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh dalam mendinginkan badan yang memanas. Semakin berat aktifitas yang dilakukan, semakin berat pula kerja kelenjar keringat dalam mendinginkan tubuh. Agar tubuh tetap dapat mentolerir panas, maka kadar air dalam tubuh tidak boleh berkurang banyak.

3. Membantu Proses Pencernaan

Organ pencernaan seperti usus membutuhkan air agar dapat bekerja dengan baik. Karena itulah, berkurangnya kadar air dalam tubuh dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti sembelit, hingga resiko sakit maag.

4. Membantu Mengeluarkan Kotoran dari Dalam Tubuh

Selain membantu mengeluarkan racun dan kotoran melalui keringat, air juga bisa membantu mengeluarkan keduanya melalui urine dan feses.

5. Melumasi Sendi

Tulang rawan adalah bagian tubuh yang umumnya terdapat di area sendi dan cakram tulang belakang. Dengan kandungan 80% air, salah satu fungsi tulang ini adalah untuk meredam guncangan pada area yang dilindunginya.

Jika kita kekurangan cairan, hal ini bisa mengurangi kemampuan tulang rawan dan bisa menyebabkan nyeri pada area sendi atau tulang belakang.

6. Mengirim Oksigen ke Seluruh Tubuh

Hampir 90% komponen darah terdiri dari air. Kekurangan cairan akan mengganggu kinerja darah dalam membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

7. Menjaga Tekanan Darah

Kekurangan cairan akan membuat darah menjaid lebih kental yang ujung-ujungnya bisa meningkatkan tekanan darah.

8. Menyehatkan Kulit

Mencukupi kebutuhan air putih harian berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Kekurangan air akan membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan kulit dan membuatnya tampak lebih keriput.

9. Membantu Kinerja Otak dan Jaringan Sensitif Lainnya

Pasti pernah lihat kan iklan dari salah satu minuman kemasan yang menggambarkan orang yang menjadi lemot karena kekurangan cairan?

Nyatanya, dehidrasi memang bisa mempengaruhi struktur dan fungsi otak. Jika terjadi terlalu lama, hal ini dapat mengganggu kinerja otak dan membuat kita sulit berpikir.

10. Melarutkan Mineral dan Nutrisi

Adanya air dalam tubuh membantu melarutkan mineral dan nutrisi penting lainnya agar mudah diserap oleh tubuh.

11. Mencegah Kerusakan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting yang berfungsi untuk menyaring cairan sebelum mengalirkannya ke seluruh tubuh. Racun dan kotoran lain yang berhasil disaring oleh ginjal nantinya akan dibuang dalam bentuk urine.

Agar kinerja ginjal tetap maksimal, organ ini membutuhkan cairan dalam jumlah yang cukup. Saat cairan tubuh mencukupi, urin akan mengalir dengan jernih dan bebas bau. Namun ketika cairan tubuh berkurang, maka ginjal akan bekerja ekstra dan menyerap cairan dari sumber lainnya. Ini membuat konsentrasi dan bau urin akan lebih pekat. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka kita bisa terkena resiko batu ginjal.

12. Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka ternyata minum air mineral biasa bisa membantu menurunkan berat badan lho!

Jika kamu sering mengkonsumsi minuman manis seperti soda atau jus dalam kemasan, mengganti minuman tersebut dengan air putih biasa dapat membantu mengurangi berat badan. Dan jika kamu sedang menjalankan diet, meminum air putih terlebih dahulu sebelum makan bisa membantu perut merasa lebih kenyang sehingga porsi makan pun bisa ditekan.

13. Meningkatkan Performa Saat Berolahraga

Sel-sel otot yang kekurangan cairan tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektrolit. Hal inilah yang membuat otot cepat lelah saat digunakan untuk melakukan aktifitas berat seperti berolahraga.

Selain itu kurangnya cairan akan meningkatkan panas dan membuat tubuh kurang mampu mentolerir tekanan panas. Jadi meminum air putih secara rutin saat berolahraga akan sangat penting agar performa kita tidak drop.

Berapa Banyak Harusnya Kita Minum Air Putih?

Asupan air putih yang kita perlu minum setiap hari akan tegantung banyak hal. Berdasarkan situs WbMD, umumnya kita perlu minum 8 gelas air putih setiap hari (1,5L). Namun menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, rekomendasi air putih harian bagi wanita adalah 2,6 liter, sementara pria memerlukan hinga 3,7 liter per hari.

Waktu yang tepat untuk minum air putih adalah ketika kita bangun tidur, sebelum makan, dan saat hendak berolahraga.

Tidak hanya dengan minum air putih saja, manusia bisa mendapatkan cairan dari bebagai sumber makanan berkadar air tinggi seperti sup, sayuran, buah-buahan, atau minuman lainnya. Namun apapun pilihan sumber cairan kamu, pastikan asupan harian kamu tercukupi yah!

Referensi:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/290814#benefits
  • https://doktersehat.com/manfaat-air-putih/

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *