makanan instan enak disantap saat bulan puasa
Info

9 Makanan Instan yang Bisa Jadi Menu Saat Puasa

Makanan instan rasanya jadi menu yang lumayan populer di saat bulan puasa. Apalagi saat kita kesiangan dan tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sahur.

Salah satu kelebihan makanan instan adalah cara penyajiannya yang cepat. Untuk memasak makanan instan tidak butuh waktu lama. Tidak sampai 10 menit, masakan enak sudah tersaji di meja makan.

Tidak hanya itu, rasa makanan instan juga cukup menggoyang lidah. Cocok untuk menu sahur di mana lidah kita biasanya lebih kurang peka dibanding waktu makan di jam lainnya.

Nah, kalau saya sih sebenarnya tidak menyarankan untuk terlalu sering mengkonsumsi makanan instan. Tapi beberapa makanan instan ini rasanya perlu juga kamu stok sebagai menu puasa dadakan saat kamu tidak sempat memasak.

Rekomendasi Makanan Instan Enak untuk Disantap di Bulan Puasa

Selain bisa dimasak dengan cepat, kelebihan makanan instan lainnya adalah mudah ditemukan di mana-mana. Selain di warung kelontong, makanan instan ini juga mudah dijumpai di minimarket terdekat seperti Indomaret, Alfamart, atau Alfamidi.

1. Mie Instan

Kalau makanan instan yang satu ini sih sudah tidak perlu ditanya lagi. Tidak puasa pun mie instan jadi salah satu menu favorit banyak warga Indonesia. Saking favoritnya, banyak juga nih yang sampai bawa-bawa mie instan ketika melancong ke negeri orang.

Selain enak dan bisa dibuat dengan cepat, mie instan juga cocok dicampurkan dengan banyak bahan makanan lain seperti telur, irisan daging, hingga sayur. Jadi jangan hanya makan mienya saja, campur juga dengan bahan-bahan lainnya agar kamu tetap mendapatkan gizi yang cukup selama berpuasa.

2. Bubur Instan

Makanan instan selain mie yang enak dikonsumsi di bulan puasa

Kalau kamu lebih suka bubur dibanding mie, maka bubur instan bisa jadi pilhan kamu. Makanan instan tinggal seduh ini kini cukup banyak variannya mulai dari rasa ayam, rasa daging, hingga rasa soto.

3. Bumbu Instan

Saat memasak, hal yang cukup banyak membuang waktu adalah ketika kita menyiapkan bumbu. Selain dibersihkan, bumbu juga harus diiris terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Itupun kalau semua bumbu tersedia komplit. Belum lagi jika kita harus mengulek bumbu dulu. Duh, pasti repot kan!

Dengan bumbu instan, kita tidak perlu lagi menyiapkan bumbu masak. Cukup tuang saja, makanan pun jadi terasa lebih lezat. Bumbu instan yang bisa kita gunakan pun kini sangat beragam. Mulai dari bumbu tempe goreng, bumbu nasi goreng, hingga bumbu soto, ada semua.

4. Abon

Abon adalah makanan olahan daging, ayam, atau ikan yang sudah dimasak lalu dikeringkan. Rasanya yang manis dan gurih membuat abon digemari banyak orang, terutama anak-anak. Jika kamu tidak mau repot memasak, makanan instan selain mie ini bisa jadi makanan yang cocok sebagai pendamping nasi saat sahur atau berbuka puasa.

5. Roti Tawar

makanan instan pengganti nasi yang mengenyangkan

Roti tawar adalah salah satu alternatif makanan instan pengganti nasi, apalagi kandungan karbohidratnya cukup banyak untuk membuat kamu tetap kenyang saat berpuasa. Untuk opsi yang lebih sehar, kamu juga bisa memakan roti gandum yang juga kaya serat.

Tidak hanya enak disantap saat sahur, roti tawar juga bisa jadi cemilan yang mengenyangkan di malam hari.

6. Biskuit

Jika perut masih terasa lapar di malam hari, biskuit bisa jadi cemilan yang lebih baik dibanding memakan sepiring nasi. Lagipula makan sebelum tidur bisa membuat kamu kenyang lama, ujung-ujungnya kamu malah jadi tidak berselera saat sahur.

7. Makanan Kaleng

Makanan kaleng seperti ikan kalengan atau kornet juga menjadi makanan instan yang cukup populer di Indonesia. Dengan makanan ini, kita tidak perlu lagi repot untuk membuat makanan enak saat sahur atau berbuka puasa. Cukup dipanaskan saja, kita sudah bisa menyantap menu sehat dan nikmat.

Enaknya lagi, makanan instan kaleng seperti ini bisa tahan cukup lama. Jadi tidak apa-apa jika kamu ingin stok dalam jumlah banyak.

8. Olahan Daging Beku

makanan instan enak disantap saat bulan puasa

Sama seperti makanan kaleng, makanan instan berupa olahan daging seperti nugget atau sosis juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Dengan rasa daging yang nikmat, makana instan ini bisa menjadi pendamping sempurna untuk menu sayur-sayuran yang kamu siapkan sendiri.

9. Oatmeal

Meski tergolong makanan instan, oatmeal adalah salah satu menu makanan sehat karena mengandung banyak serat dan nutrisi lainnya. Manfaatnya pun beragam mulai dari menurunkan kolesterol, mengurangi resiko hipertensi, hingga sebagai antioksidan.

Nah, jika kamu ingin menyantap makanan instan pengganti nasi yang menyehatkan, oatmeal bisa kamu pertimbangkan.


Bagaimana, ada banyak kan rekomendasi makanan instan enak yang bisa kamu konsumsi di bulan puasa?

Meski mudah, mengkonsumsi makanan instan seperti ini biasanya menimbulkan pertanyaan, “apakah makanan instan cukup untuk memenuhi gizi harian kamu?”

Jika melihat isi kemasannya, makanan instan juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak layaknya makanan biasa. Namun sebagai langkah ekstra, kamu bisa mengkombinasikan makanan instan dengan makanan sehar lainnya seperti sayur atau telur. Jadi tidak hanya kenyang, kamu juga tetap bisa sehat selama berpuasa.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *