cara mengatasi lampu AC berkedip
Info

Lampu Indikator AC Berkedip? Ini Cara Mengatasinya!

AC alias air conditioner kayaknya dah jadi salah satu barang elektronik penting di rumah saya. Kebayang kalau lagi musim panas gini AC-nya bermasalah, waduh, bisa mandi keringat sendiri di kamar.

Makanya, waktu kemarin tiba-tiba AC mati sendiri dan lampu indikatornya kedap-kedip, saya langsung panik dan telepon tukang servis AC. Setelah dicek, ternyata gak ada masalah besar. Dan cara mengatasi lampu indikator AC yang nge-blink gtu ternyata gampang banget.

Langkah Pertama untuk Mengatasi Lampu Indikator AC yang Berkedip

Anyway kalau AC tiba-tiba mati dan ada lampu di bodi AC yang kedap-kedip biru atau merah, jangan panik dulu!

Pas tukang AC saya datang, ternyata solusinya gampang banget. Tinggal cabut aja colokan AC-nya terus pasang lagi. Cuma begitu doang AC saya langsung bisa nyala lagi. Duh, jadi malu sampai panggil tukang AC segala, wadiwaw.

Anyway tukang servis AC saya bilang hal ini biasanya bukan masalah. Apalagi kalau ternyata setelah dicoba ternyata AC-nya masih tetap dingin. Usut-punya-usut, masalah kayak begini biasanya sering terjadi sama AC inverter.

Buat jaga-jaga, tukang servis AC-nya juga ngecek jumlah freon AC yang ternyata masih lumayan banyak. Wah, fix gak kenapa-kenapa sih katanya.

Berhubung gak enak manggil tukang AC cuma buat nyabut colokan doang, akhirnya saya sekalian cuci AC biar bersih filternya.

Penyebab Lampu Indikator AC Berkedip

Btw cara di atas mungkin gak berlaku buat semua masalah ini, apalagi kalau AC memang sudah lumayan lama dipakai.

Jadi kalau lampu power AC berkedip, bisa jadi karena salah satu dari beberapa faktor berikut ini.

1. Kurang Freon

Freon atau refrigerant adalah komponen yang berperan penting dalam proses pendinginan. Kalau jumlahnya berkurang, maka kemampuan AC dalam proses pendinginan juga akan berkurang.

Nah, jika freon berkurang dalam jumlah banyak, kita bakal tahu karena akan ada lampu indikator pada AC yang berkedip.

Freon sendiri bisa berkurang karena beberapa hal. Selain karena usia pemakaian yang sudah cukup lama, freon juga bisa cepat hilang jika terjadi kebocoran pada pipa tembaga AC. Kebocorannya sendiri bisa disebabkan banyak hal mulai dari terbentur benda keras atau saat kita menyambung pipa AC.

Kalau sudah berkurang, solusinya ya panggil tukang AC supaya freonnya ditambah. Pastikan saja jenis freon yang dipakai sesuai dengan spek AC kamu di rumah.

2. Modul AC yang Sudah Kotor atau Terkena Air

Selain karena jumlah freon yang berkurang, lampu AC juga bisa berkedip karena modul AC yang kotor atau basah. Kedua hal ini akan mengganggu kinerja dari sistem kontrol AC. jadi kalau lampu AC kelap-kelip setelah dicuci atau setelah lama tidak dicuci, bisa jadi salah satu hal ini penyebabnya.

Untuk mengatasi modul AC yang kotor atau basah sih mudah banget!

Setelah mematikan dan mencabut steker AC, kita cuma perlu membuka cover AC dan membersihkan modulnya dengan memakai lap atau kain yang kering saja, selesai. Kalau ternyata lampu masih berkedip, coba langkah selanjutnya di bawah ini.

3. Blower Indoor Tidak Berfungsi

Pada setiap unit indoor terdapat blower yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin ke dalam ruangan. Kalau blower tidak bekerja dengan baik, biasanya lampu indikatornya juga ikutan ngambek dan jadi kedap-kedip.

Buat lihat blower AC jalan atau tidak, coba buka cover dan cari kipas AC indoor yang bentuknya silinder. Kalau memang putarannya tidak lancar atau malah berhenti, coba bersihkan dulu. Kalau masih tidak jalan juga y panggil tukang servis AC langganan kamu yak!

4. Putusnya Jalur PCB

Kalau masalah ini biasanya sering terjadi sama AC yang sudah lumayan berumur. Karena faktor waktu, jalur pada PCB kompenen AC bisa putus, entah karena korosi atau hal lainnya. Untuk masalah yang ringan mungkin cuma bikin lampu AC berkedip, tapi kalau sudah parah biasanya AC malah mati total.

Buat ngetestnya, kita bisa pakai multitester. Tapi kalau sudah rusak komponen elektroniknya sih kayaknya lebih baik beli AC baru sesuai kebutuhan rumah gan, kekeke.

5. Kerusakan pada Thermistor

Nah, penyebab lampu AC berkedip yang terakhir adalah rusaknya komponen thermistor. Thermistor sendiri fungsinya adalah sebagai sensor pada unit indoor AC yang nantinya bisa membantu kinerja kompresor. Kalau sensor ini rusak, AC bisa saja menjadi tidak dingin meski kompresornya berfungsi dengan baik.


Nah, ternyata ada lumayan banyak kan penyebab kenapa AC bisa mati sendiri dan lampu indikatornya berkedip. Kalau hal ini terjadi pada kamu, coba cabut steker AC dulu. Siapa tahu masalahnya memang cuma socket yang kendor aja!

Tapi kalau setelah cabut-pasang colokan AC ternyata gak ada efeknya, lebih baik sih panggil tukang servis AC supaya bisa dilakukan pemeriksaan menyeluruh.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *