cara mengatasi kuota internet masih ada tapi tidak bisa internetan
Info

Kuota Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internetan? Ini Cara Mengatasinya

Kuota masih ada tapi tidak bisa internetan. Ngeselin gak sih!

Btw hal ini terjadi pada modem saya akhir minggu kemarin. Lha wong baru diisi paket empat hari sebelumnya masa udah gak bisa dipakai? Setelah browsing sana-sini, ternyata ada cara mudah buat mengatasinya.

Buat pengguna internet hal yang paling ngeselin itu kalau kuota yang kita beli sudah habis dan kita jadi gak bisa internetan. Tapi yang lebih ngeselin lagi itu kalau kita gak bisa internetan meski kuotanya masih ada.

Apalagi kalau kuota yang kita beli harganya lumayan mahal. Rugi banget gak sih!

Anyway kejadian kayak gini terjadi sama saya minggu kemarin. Baru beli kuota empat hari sebelumnya malah dah gak bisa dipake. Padahal seumur-umur gak pernah tuh kejadian kayak gini.

Berhubung harga kuotanya lumayan mahal, dalam hati tuh rasanya pengen banget mencak-mencak sambil ngomel ke providernya. Untungnya saya orangnya sabar, kekeke.

Setelah cari info sana-sini ternyata gak ada cara yang bener-bener ampuh. Dan setelah konsultasi sama customer service, ternyata masalahnya sepele.

Nah, buat kamu yang juga punya masalah kuota masih ada tapi tidak bisa internetan, begini nih cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Kuota Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internetan

Sebelum mengatasi kuota masih ada tapi tidak bisa internetan, pastikan dulu ya kalau paketnya masih aktif dan memang masih ada sisanya. Ntar dah diutak-atik gak taunya pakenya memang dah abis! #wadaw

Btw semua cara ini sudah saya coba semua, dan yang paling berhasil 100% WORK ya cara pertama. Tapi kalau ternyata cara pertama saya tidak berhasil buat kamu, silahkan coba cara-cara lainnya saja yah!

1. Cek Masa Aktif/Tenggang Kartu SIM

Btw ini adalah hal pertama yang harus kamu cek kalau kuota masih ada tapi tidak bisa internetan. Dah ngubek-ngubek internet ternyata masalah saya yang kemarin itu cuma masa tenggang yang sudah kadung habis.

Buat yang belum ngeh, masa tenggang adalah periode di mana masa berlaku kartu kita sudah melewati batas. Di masa ini kita biasanya tidak bisa menggunakan kartu untuk melakukan panggilan meski kita masih bisa menerima telepon dari orang lain.

Masa tenggang ini berlaku 30 hari sejak masa berlaku berakhir. Jika sudah lewat masa tenggang, maka nomor kita tidak akan lagi bisa dipakai dan harus diurus ke service center kartu tersebut, kalau kartunya mau dipakai lagi.

Nah, buat orang-orang yang kayak saya yang cuma ngisi kartu pakai paket data kayaknya bakalan ngalamin hal kayak gini. Soalnya ngisi paket itu gak nambah masa berlaku kartunya.

Anyway, kalau masalahnya cuma ini sih solusinya mudah. Tinggal diisi pulsa aja, maka masa berlaku kartu otomatis bertambah dan kita bisa pakai lagi kuota yang masih ada.

Lha terus gimana kalau masa tenggang saya masih ada, tapi kuota yang ada tidak bisa buat internetan? Tenang, masih ada banyak cara lain yang bisa kamu coba!

2. Cek Jaringan Internet

Setelah cek masa aktif/masa tenggang kartu, jangan lupa juga cek jaringan. Siapa tahu memang dari sananya sedang ada ganguan.

Buat ngeceknya sendiri bisa langsung hubungin provider masing-masing atau ‘colek’ ada lewat akun sosmednya.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Seperti masalah pada barang-barang elektronik dan gadget pada umumnya, melakukan restart bisa jadi salah satu solusi. Jadi kalau paket data aktif tapi tidak bisa internetan bisa pakai cara ini dulu.

Anyway, kalau restart hape kan lama tuh. Nah, sebagai alternatif, kita bisa mengaktifkan mode pesawat aja buat nge-restart sinyal hapenya. Setelah beberapa detik, matikan lagi mode pesawat dan biarkan hape cari sinyal dulu.

4. Mematikan Sinyal Radio

Cara ini mirip sama cara sebelumnya, cuma kita melakukannya dengan memasukan kode secara manual. Untuk mematikan sinyal radio hape, coba masukan kode berikut ini terlebih dahulu.

*#*#4636#*#*

Kalau berhasil, kita bakalan lihat layar berisi info hape dan menu buat testiing. Buat yang pakai dual-SIM, pilih nomor yang dipakai buat beli kuota internet.

Setelah itu, cari opsi CELLULAR RADIO POWER atau MOBILE RADIO POWER terus matiin sampai muncul tulisan OFF. Setelah beberapa saat, nyalakan lagi opsi sebelumnya menjadi ON.

Btw kalau di hape lain mungkin namanya bakalan sedikit berbeda. Biar gampang cari yang ada nama RADIO-nya aja y!

5. Setting Ulang APN

Nah, buat kamu nih yang sering gonta-ganti APN biar sinyalnya gak lemot bisa coba disetting ulang ke default dulu. Biasanya kalau pengaturan APN diubah, koneksi internetnya juga ikutan berubah. Bisa lebih bagus, lebih jelek, atau normal aja kayak biasanya.

Untuk mengetahui nilai settingan default APN kartu kamu, cek langsung di internet aja ya. Khusus pengguna Tri bisa langsung cek postingan saya di Cara Setting APN Tri sebelumnya.

6. Pindahkan Kartu ke Hape Lain

Siapa tahu hapenya bermasalah, coba copot kartu SIM terus pindahin ke hape lain (kalau ada). Kalau memang ternyata kuota internetnya masih bisa dipake berarti dah saatnya ganti hape baru atau diservice.

7. Hubungi Bagian Customer Service

Kalau semua cara di atas sudah mentok, coba konsultasi sama bagian customer servicenya. Terserah mau pakai cara apa, pilih telpon, sms, DM lewat medsos, atau pakai live chat, yang enak aja.

Btw masalah saya kemarin juga selesainya pas konsultasi sama customer servicenya lewat live chat. Begitu dicek ternyata cuma masalah sepele aja. Jadi jangan malu bertanya, entar nyasar di jalan, kekeke.

konsultasi dengan provider jika paket data aktif tapi tidak bisa internetan

Dah, gampang kan kalau ada masalah paket data aktif tapi tidak bisa internetan. Langkah pertama yang harus dicek sih masa aktif paket dan masa tenggang kartu. Kalau memang beneran fix gak apa-apa, coba restart dulu atau cek settingan APN-nya.

Kalau memang masih belum selesai juga, jangan ragu buat hubungin call-centernya. Cuma kudu sabar aja, apalagi kalau lagi jam-jam sibuk.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *