Kelebihan dn kekurangan emas sebagai alat investasi
Keuangan

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Sebagai salah satu instrumen investasi, emas memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Emas sendiri sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu jenis investasi, terutama dalam bentuk perhiasan. Selain mudah dicari dan diperjualbelikan, emas juga memiliki nilai yang relatif stabil dan cenderung naik.

Jadi dibanding dengan menyimpan uang cash dalam bentuk tabungan yang tidak memberi tambahan nilai, emas seringkali menjadi alternatif.

Apalagi kini berinvestasi emas bisa dilakukan dengan mudah tanpa modal yang mahal. Mulai dari nominal ratusan rupiah, kamu sudah bisa memiliki tabungan emas kamu sendiri.

Nah, jika kamu tertarik untuk berinvestasi emas, cari tahu dulu yuk kelebihan dan kekurangan investaasi emas berikut ini.

Keuntungan Investasi Emas

1. Tingkat likuiditas yang tinggi

Emas memiliki tingkat likuiditas yang tinggi. Ini artinya, emas dapat dengan mudah ditukar dengan uang tunai kapan saja dengan mudah dan cepat.

2 Bebas pajak

Untuk saat ini, tidak ada nominal yang akan dibebankan jika kamu memiliki emas. Bandingkan dengan tabungan di mana kita harus mengeluarkan biaya untuk pajak dan biaya administrasi bulanan yang tentu akan menguras jumlah uang yang kita simpan.

Tidak hanya itu, keuntungan atas penjualan emas juga tidak akan dikenakan pajak. Ini artinya semua uang hasil penjualan emas akan utuh masuk ke kantong kita.

3. Nilai emas cenderung stabil

Emas adalah barang yang memiliki nilai stabil dari masa ke masa. Tidak seperti saham atau reksa dana, emas memiliki bentuk fisik dengan nilai yang setara dengan barangnya. Hal ini membuat emas tetap akan bernilai tinggi di mata masyarakat.

Hal ini pulalah yang membuat harga emas cenderung stabil dan malah terus meningkat setiap tahunnya. Jadi jika kamu membeli emas seharga 5 juta rupiah di tahun ini, ada kemungkinan harganya akan tetap sama, atau mlah cenderung lebih tinggi bila kamu menjualnya 10 tahun kemudian.

4. Bisa dibeli dengan nominal yang sangat rendah

Bila kita bicara investasi umumnya kita terbayang dengan modal besar yang harus dikeluarkan. Untuk membeli emasi 1 gram minimal kita harus mengeluarkan uang hingga ratusan ribu rupiah.

Untungnya kini ada banyak aplikasi di mana kita bisa membeli emas dengan nominal yang sangat kecil. Bayangkan, untuk mulai berinvestasi emas, kita cukup membayar mulai dari nominal ratusan atau ribuan rupiah saja. Jika kita membeli emas secara rutin, kita bisa mencicil 1 gram emas tanpa membayarnya langsung di muka.

5. Transaksi yang praktis

Jika kita berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan, umumnya kita harus datang ke tempat penjualan emas untuk melakukan transaksi.

Namun dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, kita bisa melakukan jual beli emas secara online. Dengan begitu, kamu bisa membeli emas kapanpun tanpa perlu pergi ke luar rumah.

Kekurangan Investasi Emas

1. Profit yang cenderung kecil

Cara untuk mendapatkan profit yang besar dari investasi emas adalah dengan membelinya ketika harganya turun dan menjualnya kembali saat harganya naik. Namun pada banyak kasus, harga emas cenderung stabil dan meningkat secara perlahan.

Kecuali kamu bisa berspekulasi dengan tepat, keuntungan dari jual beli emas tidak akan sebanyak jenis investasi lainnya.

2. Butuh tempat penyimpanan

Jika kita membeli emas dalam bentuk fisik seperti emas batangan, maka kita juga perlu menyiapkan tempat khusus untuk menyimpannya. Jika kita mau, kita bisa menyewa tempat khusus untuk menyimpan emas dengan biaya bulanan yang sudah ditentukan.

3. Rawan hilang/dicuri

Emas yang kita simpan dalam bentuk fisik sangat rawan hilang atau dicuri. Pada jenis investasi lainnya, kita masih bisa mengklaim investasi kita yang hilang/rusak. Namun tidak pada emas.


Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja kelebihan dan kekurangan investasi emas!

Jika kamu ingin mulai berinvestasi dalam bentuk emas, kamu bisa membelinya dari tempat terpercaya seperti Antam atau Pegadaian. Namun jika kamu ingin transaksi yang mudah, beberapa aplikasi belanja online juga kini sudah mulai menambahkan fitur jual beli emas seperti Tokopedia atau Bukalapak.

Tapi sebelumnya, pastikan kamu memeriksa terlebih dahulu grafik harga emas agar kamu bisa mendapatkan harga emas termurah saat membelinya yah!

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *