Melatih kebiasaan hidup sehat pada anak

Latih 6 Kebiasaan Baik Ini Agar Anak Tidak Mudah Sakit!

Dibandingkan orang dewasa dan remaja pada umumnya, anak di bawah usia 5 tahun masih sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Karena itulah si kecil perlu mendapat perhatian khusus agar tidak mudah sakit.

Selain menjaganya, kita juga bisa lho melatih kebiasaan baik agar si anak terbiasa hidup sehat dan terhindar dari penyakit!

Latih Kebiasaan Baik Ini agar Anak Terhindar dari Penyakit!

1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Seringkali kita lalai dan membiarkan anak memakan makanan yang tidak sehat selama itu bisa membuatnya kenyang. Padahal dalam proses tumbuh kembangnya, anak juga harus makan makanan bernutrisi. Tidak hanya itu, makanan bernutrisi juga membuat si kecil lebih sehat dan tidak mudah terserang sakit.

Jadi, usahakan menu makanan si kecil mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, dan vitamin. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, kita bisa memberinya sayuran atau buah-buahan yang kaya vitamin C seperti brokoli, jeruk, stroberi, atau pepaya.

2. Biarkan si anak aktif bergerak

Berdasarkan beberapa penelitian, anak yang rajin bergerak dan berolahraga secara rutin memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dan kebal terhadap serangan flu dibandingkan anak yang malas bergerak.

Selain meningkatkan kesehatan, olahraga juga baik untuk menigkatkan sirkulasi darah dan kecerdasan, mengembangkan sel-sel motoriknya, serta sebagai sarana relaksasi si anak.

Agar si kecil aktif bergerak, kita bisa menjauhkannya dari gadget dan menemaninya untuk bermain di luar. Tidak hanya si anak saja yang sehat, kita juga bisa ikutan sehat lho!

3. Beri istirahat yang cukup

Tidak seperti orang dewasa, anak kecil membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Manfaatnya bukan hanya mengusir rasa lelah saja lho, karena istirahat juga membantu anak untuk meningkatkan daya tangkap dan menyehatkan badannya.

Agar anak lebih sehat, beri ia istirahat yang cukup, apalagi setelah lelah beraktifitas seharian. Untuk menambah jam tidurnya, kita bisa membiasakan si anak untuk tidur siang.

4. Selalu jaga kebersihan tangan

Selalu jaga kebersihan tangan anak agar terhindar dari kuman penyebab penyakit
Selalu jaga kebersihan tangan anak agar terhindar dari kuman penyebab penyakit (image: https://www.freepik.com/free-photo/crop-mother-washing-hands-cheerful-daughter_2323441.htm)

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling rentan terkontaminasi kuman dan penyakit. Anak yang masih senang bereksplorasi seringkali penasaran dan memegang apapun yang bisa mereka raih.

Karena itulah, biasakan untuk mengajak si kecil mencuci tangan usai bermain dan setelah buang air. Sebagai alternatif, kita juga bisa menggunakan hand sanitizer atau tisu basah jika mengajak si kecil bermain di luar rumah atau saat bepergian.

Tidak kalah penting, ajarkan kepada anak untuk tidak memegang benda-benda kotor sepert kloset kamar mandi atau tempat sampah.

5. Jauhkan tangan anak dari mulutnya

Bukan hanya tangan, mulut juga menjadi anggota tubuh yang sering digunakan si kecil untuk mengenal dunia di sekelilingnya. Jadi jangan heran kalau balita masih sangat senang untuk memasukan apapun ke dalam mulutnya.

Selain membiasakannya untuk mencuci tangan, kita juga perlu mengajarkan kepada anak untuk tidak memasukan tangan atau benda apapun ke dalam mulut mereka.

6. Ikut menjaga kebersihan rumah

Hal sepele yang seringkali menjadi sumber penyakit yang membahayakan si kecil adalah makanan sisa dan sampah di dalam rumah.

Anak yang belum bisa membedakan makanan kadang akan memakan makanan yang jatuh di lantai meski umurnya sudah berhari-hari.

Karena itulah penting untuk mengajarkan kepada anak untuk tidak memakan makanan yang sudah jatuh. Selain itu kita bisa memberi tahu untuk segera membuang sampah dan sisa makanan yang jatuh ke tempat sampah.


Itu dia 6 kebiasaan baik yang bisa kita terapkan di rumah agar si kecil memiliki daya tahan tubuh yang baik dan terhindar dari penyakit. Ada yang sudah dilakukan belum?

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.