menu takjil kekinian yang bisa jadi ide bisnis di bulan ramadhan
Info

Inspirasi Takjil Kekinian, Bisa Buat Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Lho!

Ibadah puasa selalu identik dengan yang namanya takjil. Makanan yang biasa disantap saat berbuka ini selalu laris diburu pembeli saat bulan Ramadhan.

Takjil sendiri terdiri dari berbagai macam bentuk dan rasa. Beberapa menu takjil favorit warga Indonesia antara lain gorengan, kolak, es timun suri, hingga bubur sumsum.

Nah, jika kamu ingin menyantap menu takjil yang tidak biasa, kamu bisa mencoba takjil kekinian berikut ini. Tidak hanya enak, menunya yang beda dengan takjil biasa juga bisa jadi ide bisnis di bulan Ramadhan ini.

Inspirasi Menu Takjil Hemat & Kekinian untuk Bisnis di Bulan Ramadan

1. Pancake Kurma

Kurma adalah salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. Dengan rasanya yang manis, kurma dapat membantu mengembalikan energi kita setelah seharian berpuasa. Tidak hanya itu, kurma juga cukup mengenyangkan dan sesuai dengan anjuran agama.

Jika biasanya kurma dimakan secara langsung, kamu bisa mengolah kurma menjadi menu takjil kekinian dengan menyajikannya dalam bentuk pancake.

Pancake kurma sendiri tidak jauh berbeda dengan pancake pada umumnya. Adonan pancake terbuat dari telur, tepung, gula, dan mentega. Namun pada masakan ini kita akan menambahkan kurma dan sedikit pandan.

Pancake kurma cocok sekali untuk dijadikan cemilan atau menu berbuka puasa. Selain membuat kenyang, kamu juga bisa mendapatkan semua manfaat baik dari kurma.

2. Regal Dessert Box

View this post on Instagram

Assalamualaikum🤗🤗 Udah lama nggak post resep, sebenernya kita para ibu a.k.a emak2 😂selalu berjibaku dengan dapur yaa dan suka kelupaan kalo sudah dimasak, foto, simpen di kamera. Dan entah kapan lagi dipost 🤣. Nah ini menu dessert kesukaan si sulung, bau bau coklat dan creamy2 susu udah dehh ludess pasti, alhamdulilah. • • CHOCOLATE CHEESE REGAL DESSERT BOX By me : @ginalarasati_bundaradithya Bahan lapisan pertama: 230 gram regal crumbs 80 gram butter, lelehkan Cara membuat : Campur regal crumbs dengan butter leleh, aduk rata. Lalu susun dalam box box yang telah disiapkan. Dinginkan dan simpan dalam kulkas sejenak hingga agak mengeras. Bahan lapisan kedua: 250 ml whipping cream cair 550 ml susu cair putih 1 sdm maizena ¼ sdt agar agar bubuk 6 sdm gula pasir 160 gram keju cheddar parut Cara membuat : 1. Campurkan semua bahan ke dalam panci, aduk rata. Hidupkan api, masak hingga mendidih. 2. Setelah mendidih tuang ke dalam box yang sdh berisi lapisan regal, ratakan. 3. Simpan ke dalam kulkas hingga agak mengeras dan dingin. Bahan Lapisan ketiga / Saus Coklat: 250 gram dark cooking Chocolate, serut serut kasar 250 ml whipping cream cair Cara membuat: 1. Masak whipping cream dan DCC hingga coklat larut, aduk rata. Biarkan dingin sebentar. 2. Tuang di atas lapisan putih yang telah mengeras, simpan kembali ke dalam kulkas. Lebih lama di kulkas lebih enak untuk dinikmati, enjoy! • • #doyanbaking #doyanbakingcemilan #cakedankue #anekareseptutorial #anekaresepmasakantutorial #desserthits #reseproemahku #cakekekinian #reseproemah #resepbaking #resepmommies #doyanbakingtips #anekatutorialresep #anekaresepdessert #tutorialresep #rengginangtahu #anekaresepkue #anekaresepkuedanmasakan #desserthits #anekaresepdessert #gallerypuding #regaldessertbox #chocoloteregaldessertbox #dessertbox

A post shared by Gina Larasati (@ginalarasati_bundaradithya) on

Regal Dessert Box adalah tren makanan kekinian yang terdiri dari beberapa layer berisi puding, susu, coklat, dan biskuit regal. Biskuit Regal sendiri sebenarnya cukup enak untuk disantap langsung. Namun dengan Regal Dessert Box, kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dari biskuit buatan Marie Regal ini.

Cara membuat menu ini pun cukup mudah karena kita tidak memerlukan oven atau kukusan. Cukup satukan bahan-bahan, lalu dinginkan, satu box regal dessert box pun siap menemani kamu berbuka puasa.

3. Smoothie Bowl

Menu takjil yang satu ini tidak hanya enak, tapi juga sehat dan instagrammable banget!

Smoothie bowl sendiri sempat menjadi tren karena cara penyajiannya yang menarik. Namun di balik itu, makanan ini memiliki kandungan gizi yang baik dan cukup mengenyangkan untuk disantap sebagai camilan atau untuk berbuka puasa.

Untuk membuatnya, kita hanya perlu memasukan berbagai macam buah serta sayur seperti mangga, buah naga, atau pisang. Sebagai pelengkap, kita juga bisa menambahkan topping seperti granola, yogurt, chia seeds, atau coco crunch. Setelah selesai, kita hanya perlu menambahkan susu full cream. Dengan kandungan seperti ini, semangkuk smoothies bowl sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

4. Singkong Thailand

Meski namanya singkong thailand, bukan berarti kita harus impor singkong dari Thailand dulu yah!

Singkong yang digunakan dalam membuat masakan ini sama seperti singkong pada umumnya. Namun sebelum dikonsumsi, singkong terlebih dulu direbus dengan gula, garam, dan vanilli. Singkong yang sudah matang nantinya akan disiram saus yang dibuat dari air, santan, susu kental manis, gula, garam dan vanili, serta sedikit maizena untuk membuatnya kental.

Tidak hanya nikmat, singkong thailand yang masih hangat juga cocok untuk mengenyangkan perut saat berbuka puasa.

5. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo adalah salah satu minuman yang rasanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Rasanya yang manis dan segar membuat minuman ini menjadi menu favorit dalam menghilangkan dahaga. Rasanya akan terasa lebih spesial lagi saat disantap di waktu berbuka puasa.

Kuliner yang berasal dari Sulawesi Selatan ini dibuat dengan bahan dasar pisang yang diselimuti adonan berwarna hijau. Adonan tersebut terbuat dari air dan tepung yang diberi pewarna hijau yang berasal dari daun pandan atau daun suji. Pisang yang sudah dibalut dengan adonan tersebut pun dikukus dan didiamkan hingga dingin. Untuk menyajikannya, pisang yang sudah dibalut adonan tersebut akan dipotong-potong dan dihidangkan dengan es serut dan disiram air sirup yang lezat.

6. Jus Mangga Ala Thailand

View this post on Instagram

Beberapa minggu inj mood mosting lenyap entah kemana, padahal banyak banget poto dan resep yang udah antri tayang. Pinginnya selonjoran ajaaaa ga mikir apapun, pun jualan lagi malas juga. Beu'o tonthe max judul jih. 💣 Ini mangga depan rumah, sisa ditinggal maling ada beberapa buah. Iyess, waktu puasa kemarin ada maling nyolong mangga, main gasakk aja dibulan ramadhan pulak huhuhu Nahhh kalo kalian suka malas beli beginian di gerai-gerai diluar sana, bikin sendiri aja, gampil. Bisa modif sesuai selera aja, ada yg mangga nya dicampur sama gula dan air doank, ada yang pake susu uht, ada yang skm ato ada juga yang pake yoghurt, feel free yes! 😋 _________ KING MANGO THAI Bahan: 2 buah mangga (saya pake mangga apel) 2 sendok makan gula pasir 3 sdm susu kental manis (optional) 50 gr whipped cream bubuk+100 ml air es, mixer. Secukupnya es blok untuk blender mangga. CARA: Kupas mangga hingga bersih. Ambil sedikit mangga untuk topping, potong dadu, sisihkan. Blender mangga, gula pasir, skm dan es blok hingga halus. Masukkan dalam gelas, jangan penuh kali, tambahkan whipped cream di atas jus mangganya. Tutup dengan topping mangga potong dadu tadi. Sajikan, happy happy😍😍 #kingmango #kingmangothai #mangothai #doyancooking #doyanmasak #dapurmakpit #minumansegar #jusmangga #jusmanggakekinian #manggathailand #resepminumansegar #resepminuman #resepminumandingin #resepminumankekinian #berbagiresep #homemade #alhamdulillah

A post shared by Fitriani Samidan (@fitrianisamidan) on

Selain es pisang ijo, minuman yang tidak kalah segarnya adalah jus mangga ala Thailand. Beda dengan jus mangga biasa, jus mangga Thailand dibuat menggunakan jus mangga, whipped cream, dan potongan buah mangga segar. Tidak hanya segar saat diminum, potongan manggan bercampur whipped creamnya juga nikmat saat disantap. Wah, tidak heran deh kalau minuman seperti ini laris dicari pembeli!

7. Pisang Nugget

Pisang adalah buah yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Selain enak dimakan seperti biasa, pisang juga enak dibuat menjadi gorengan, kolak, hinngga diolah menjadi menu takjil kekiniang berupa pisang nugget.

Pisang nugget merupakan olahan berbahan dasar pisang yang dilumuri tepung roti hingga menyerupai nugget pada umumnya. Pisang yang digunakan untuk membuat nugget ini biasanya memakai pisang tanduk atau pisang raja yang memiliki rasa manis jika dimasak terlebih dahulu. Topping yang bisa digunakan pun beragam mulai dari coklat, taburan biskuit, keju, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Dalgona Coffee

Buat yang sering baca berita atau nimbrung di sosmed rasanya tidak akan asing sama minuman yang satu ini, dalgona coffee. Kopi dalgona sendiri konon dipopulerkan oleh salah satu acara tv Korea.

Bahan yang digunakan untuk membuat dalgona coffee sebenarnya sama dengan bahan untuk membuat kopi pada umumnya. Untuk membuat dalgona coffee, kopi, gula, serta air dituang dalam porsi yang sama lalu dikocok hingga menyerupai krim. krim ini nantinya akan kita tuang ke dalam segelas susu dingin. Wah, buat pecinta kopi sih tidak boleh ketinggalan menu takjil kekinian ini.

Selain dengan kopi biasa, kini ada juga banyak varian dalgona coffee menggunakan bahan-bahan lainnya seperti Milo atau matcha powder.


Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *