9 Game Simulasi Terbaik di Nintendo Switch yang Harus Kamu Coba!

  • Hobi
game simulasi terbaik di nintendo switch

Simulasi adalah salah satu genre populer dalam setiap game, baik yang ada di hape, PC, termasuk konsol Nintendo Switch. Melalui game bergenre simulasi, kita bisa berperan menjadi orang lain dan melakukan banyak hal dalam permainan tersebut.

Selain menyenangkan, game simulasi juga bisa membuat kita santai karena dalam permainannya kita tidak perlu terburu-buru dalam menyelesaikan sebuah tantangan. Game pun bisa dimainkan berjam-jam, bahkan berbulan-bulan tanpa perlu membuat kita stress.

Nah, buat kamu pengguna Nintendo Switch, ada banyak banget lho game semacam ini di konsol tersebut. Buat kamu yang butuh rekomendasi, berikut adalah beberapa game simulasi terbaik di Nintendo Switch yang bisa kamu coba!

1. Animal Crossing: New Horizons

Dirilisi bertepatan dengan lockdown di beberapa negara, Animal Crossing New Horizons langsung menjadi hit. Tidak hanya di kalangan penggemar game simulasi, tapi juga di antara fans genre lainnya.

Karakternya yang imut membuat siapapun betah memainkan game seru ini. Sudah begitu cara mainnya juga sangat mudah. Setiap hari kamu bisa memilih untuk mendekorasi rumah, menangkap ikan dan serangga, mencari harta karun, menyelam, hingga menerima tamu yang datang berkunjung ke pulau kamu. Enaknya lagi game ini bisa dimainkan berdua atau beramai-ramai bersama teman dan kerabat kamu.

Tidak ada goal yang perlu dicapai di sini. Jadi kamu bisa bereksplorasi ke seluruh penjuru pulau dengan sesuka hati dan mengumpulkan banyak uang untuk mengupgrade keperluan kamu.

2. Stardew Valley

stardew valley nintendo switch

Jika pernah memainkan game Harvest Moon, kamu juga pasti akan suka dengan game yang satu ini. Saking populernya, game ini bisa kamu temukan di berbagai platform, tidak hanya di Nintendo Switch saja.

Sama seperti Harvest Moon, di game ini kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari bertani, membuat alat, memberikan hadiah pada orang lain, mencari mineral di tambang, dan masih banyak lagi. Perbedaan besarnya ada pada tampilan Stardew Valey yang pixelated mirip JRPG jaman dulu.

3. My Time at Portia

my time at portia nintendo switch

Dengan gameplay yang mirip dengan Stardew Valley, My Time at Portia bisa jadi game simulasi Nintendo Switch pilihan kamu selanjutnya.

Sesuai namanya, game ini berlokasi di kota Portia. Karakter utama yang kita mainkan harus bekerja untuk merestorasi sebuah workshop dengan cara bercocok tanam dan memelihara hewan ternak. Selain itu kamu juga bisa berinteraksi dengan banyak karakter NPC yang bisa membantu kota menjadi lebih berkembang.

Menariknya, di game ini ada mode battlenya juga lho. Setiap kali kamu berhasil mengalahkan musuh, kamu bisa mendapatkan sebuah loot. Lumayan buat selingan kalau sedang jenuh menyiram ladang.

4. House Flipper

House Flipper adalah game simulasi di mana kita berperan sebagai seorang penjual rumah. Tugas kita adalah menginspeksi rumah dan memperbaikinya supaya bisa dijual dengan harga tinggi.

Satu hal yang unik adalah tampilan game ini yang mengambil sudut pandang first-person yang biasa dipakai di game tembak-tembakan. Jadi bakalan seru banget ketika kita sedang menghancurkan tembok atau memperbaiki rumah.

5. Doraemon: Story Of Seasons

Siapa sih yang tidak kenal Doraemon? Karakter lucu yang populer di manga dan anime ini juga hadir di Nintendo Switch lewat game Doraemon Story of Seasons lho!

Dalam game simulasi ini, Doraemon dan teman-temannya terdampar di dunia berbeda yang mengharuskan mereka untuk tinggal di peternakan sampai mereka bisa menemukan cara untuk kembali ke dunia mereka sendiri.

Tapi tenang, kamu tidak sendiri kok. Dengan bantuan dari Lunch, Doraemon dan kawan-kawan bisa belajar bertahan hidup di tempat baru mereka. Selain simulasi, ada sedikit unsur RPG juga di game 3D ini. Jadi kamu bisa menikmati cerita di game ini juga.

6. Little Dragons Cafe

little dragons cafe nintendo switch

Buat kamu yang mau main santai, game simulasi Little Dragons Cafe bisa jadi pilihan terbaik. Tanpa perlu mengumpulkan uang, tujuan utama karakter utamanya adalah menjelajah ke seluruh tempat dan mengumpulkan bahan baku yang diperlukan untuk membuat menu di kafe kamu.

Sembari mencari bahan yang diperlukan, kamu juga harus membesarkan seekor naga. Hewan peliharaaan yang tidak biasa ini nantinya bisa membantu kamu melawan musuh dan menumbuhkan tanaman di ladang.

7. Graveyard Keeper

graveyard keeper nintendo switch

Di banding game lainnya, Graveyard Keeper menjadi game simulasi yang cukup unik. Jika biasanya kita akan mengurus sebuah ladang atau kota, di sini kita malah mengurus sebuah pemakaman. Sereeeeem!

Meski begitu game ini tidak seseram kelihatannya. Banyak dialog lucu yang dipakai di game ini. Lagipula alur ceritanya juga keren, punya banyak side quest, serta sistem crafting yang menarik. Bakalan lupa deh kalau kamu sedang ada di tengah-tengah pekuburan.

8. Two Point Hospitals

two points hospitals nintendo switch

Sesuai namanya, game simulasi ini mengharuskan kamu untuk mendesain rumah sakit termegah dan terbaik di Two Point County.

Untuk melakukannya, kita bisa mengoptimalkan desain rumah sakit agar bisa menampung lebih banyak pasien. Banyak hal yang bisa dimodifikasi di game ini mulai dari koridor, ruang rawat, sampai ruang tunggu pasien. Jika diperlukan, kita juga bisa memperluas dan menambah bangunan agar semakin banyak yang bisa dilayani.

9. Cooking Mama: Cookstar

cooking mama cookstar nintendo switch

Di urutan terakhir ada game simulasi yang cocok untuk kamu yang doyan masak. Menyambung dari kesuksesan game sebelumnya, ada 90 resep baru yang bisa kamu coba di Cooking Mama: Superstar ini.

Di game ini kamu bisa mencoba banyak resep mulai dari makanan rumahan, makanan klasik Jepang, sampai makanan favorit dari berbagai negara seperti Burrito atau Bibimbap. Satu hal yang menarik, game ini menyediakan dua mode permainan, traditional cooking mode dan vegetarian cooking mode. Pas banget buat kamu yang lebih memilih untuk tidak memasak ayam dan daging!


Buat kamu yang punya Nintendo Switch dan hobi main game simulasi, semua game di atas jangan sampai kamu lewatkan.

Dengan gameplay yang santai, semua game simulasi terbaik Nintendo Swicth di atas bisa bikin kamu lebih rileks dan cocok banget buat menghilangkan stress. Mood kamu dijamin bakal naik lagi deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *