Welcome to Blogrumahan.com

Pengalaman Dapat Hosting Gratis Berkali-Kali dari Ngeblog

Buat yang mau mulai ngeblog, ada banyak banget hal yang harus kita siapin.

Pertama jelas, mau bikin blog buat apa?

Mau nulis uneg-uneg pribadi? mau cerita pengalaman seru waktu jalan-jalan atau kulineran? mau dapetin duit? ato cuma iseng kayak saya? hihihi.

Kalo dah tau apa yang mau ditulis, selanjutnya tinggal pilih deh mau ngeblog pake apa?

Buat yang pemula banget, pilihannya biasanya kalo gak WordPress.com ya Blogger alias Blogspot. Tinggal bikin akun langsung bisa bikin konten. Enaknya lagi, dua-duanya gratis seumur hidup!

Kalo saya sih lebih nyaranin pake Blogger. Enaknya nanti bisa gratis pasang nama domain sendiri. Terus kalo mau dipasang Adsense juga lebih gampang dibanding pake WordPress.com.

Tapi klo ditanya pilihan pribadi, saya sih lebih seneng pake WordPress self-hosted (bukan wordpress.com yah!). Enaknya mungkin lebih gampang dimodifikasi. Lagian sejak pakai WordPress, kyknya jadi aneh ngeblog pake Blogger lagi.

Lho, apa bedanya WordPress sama WordPress.com?

Buat yang belum tau aja yah! WordPress itu ada dua macem. Yang sering dibilang blog gratisan ya wordpress.com itu. Klo WordPress-nya sendiri kayak software yang bisa kita pake buat bikin blog/website. Cuma ada syaratnya!

Kalau mau pakai WordPress, kita kudu nyiapin nama domain plus hostingnya. Nama domain itu ibarat alamat rumah supaya orang lain gampang cari website kita. Kayak contoh blog ini namanya blogrumahan.com, jadi tinggal cari nama itu aja kalau mau baca artikel blog ini. Hosting sendiri ibarat rumahnya, jadi kita bisa pake buat naro file-file WordPress kita. Cuma sayang, dua-duanya rata-rata kudu bayar!

Dibandingin nama domain, hosting umumnya lebih mahal, apalagi kalo kita nyari yang bagus. Harganya bervariasi mulai dari belasan ribu sampe jutaan rupiah per bulannya. Tinggal pilih aja sesuai sama kebutuhan kita.

Kalo masih baru mulai ngeblog, ambilnya paket yang murah dulu aja. Klo dah mulai banyak trafiknya, baru upgrade ke paket yang lebih tinggi.

Ngomongin masalah hosting, kayaknya saya termasuk salah satu blogger yang beruntung karena dari ngeblog saya bisa punya kesempatan nyoba banyak hosting gratis.

Blog yang lagi kamu baca ini juga saya sama sekali gak bayar. Biaya nama domain dan hostingnya semua dibayarin, hihihi.

Pengalaman pertama dapat hosting gratis

Sebelum bikin blog ini, saya dah punya blog di bisablog.com (mampir yah bro/sis). Nichenya sendiri sekitar tips dan trik Blogger sama WordPress. Jadi bahasannya gak jauh-jauh dari hosting, domain, tips & trik WordPress atau Blogger, sama cara nyari duit online.

Isinya sih gak tersetruktur banget, soalnya isinya rata-rata memang seputar masalah yang saya hadepin sendiri. Misalnya lagi bingung ngedit kode di Blogger, setelah tau caranya ya saya posting di blog itu.

Berhubung awal ngeblog saya gak jago-jago amat soal ngoprek Blogger ato WordPress, jadi penuh deh tuh blog sama tips dan trik blogging yang saya pelajari. (Btw isinya bisa saya pertangung jawabkan kok soalnya semua tutorialnya memang sukses saya coba sendiri).

Fast forward setahun kemudian, blog itu makin banyak isinya. Nilai DA/PA, ranking Alexa, dan trafiknya juga makin meningkat. Sampai suatu ketika saya dapat tawaran content placement pertama saya.

Berhubung banyak nyinggung masalah ngeblog, tawaran CP-nya juga gak jauh-jauh dari blogging.

Job pertama saya dateng dari Hostinger, hosting terkenal asal Lithuania yang buka layanan juga di sini. Kerjaannya sih simpel, tinggal pasang artikel yang udah disediain aja. Selesai, langsung dibayar.

Selang beberapa minggu, tawaran content placement lagi-lagi datang dari Hostinger. Bedanya sekarang saya disuruh buat artikel review sendiri. Dan yang jelas bayarannya beda! hihihi

Selesai bikin artikel review, saya dapat pilihan reward berupa uang tunai atau hosting + nama domain di Hostinger. Padahal kalau ambil hadiah uang lumayan gede juga dapetnya. Cuma kepikiran punya blog WordPress satu lagi juga oke kayaknya. Apalagi saya punya blog yang ngebahas cara ngeblog, masa cuma pernah nyoba satu hosting aja!

Karena lagi asik-asiknya ngeblog, akhirnya saya ambil hadiah hosting gratis + nama domain + SSL. Lumayan klo ditotal itu nilainya di atas 700K. (Klo tawaran uangnya sih cuma setengahnya, wkwkkw)

Akhirnya hadiah hosting itu jadi cikal bakal situs ini, blogrumahan.com.

Cuma sayangnya impian saya tidak sesuai sama perkiraan saya. Ngurus dua blog itu ternyata lumayan rumit. Apalagi klo dikerjain part-time dan maunya punya konten yang orisinil. Walhasil banyakan nganggurnya nih blog.

Sampai suatu ketika saya nemuin event lomba blog.

Pengalaman dapat hosting gratis kedua kalinya

Dapat hosting gratis ikutan lomba blog #websecurity-nya Dewaweb

Hosting gratis kedua saya dapat dari event lomba blog yang saya ikuti. Waktu itu ada lomba yang diselenggarakan oeh Dewaweb dengan judul #WebSecurity. Berhubung temanya pas sama blog saya, akhirnya ikutan. Meski gagal juara, nama saya masuk dalam daftar juara favorit.

Hadiahnya sendiri bukan hosting gratis, tapi saldo senilai 500K yang bisa kita pakai di hosting tersebut. Tapi anggap aja dapet hosting gratis, hihihi.

Pengalaman dapat hosting gratis untuk ketiga kalinya

Sama kayak sebelumnya, saya lagi-lagi dapet hosting gratis dari event lomba. Cuma kali ini beda, soalnya dapet dari JagoanHosting, dan hadiahnya memang beneran hosting, bukan saldo atau voucher.

Yang bikin seneng itu momen dapet hadiah hosting gratisnya pas banget waktu hosting gratis pertama saya habis. Wah, gak kerasa dah satu tahun pake Hostinger! Jadi pas, dua minggu kontrak hosting abis saya dah pindah rumah, hihihi.

Masalahnya mungkin di nama domain. Berhubung waktu itu dapatnya domain .blog, otomatis nama domain .com-nya harus bayar lagi. Alhamdulillah punya voucher dari Dewaweb, jadi itung-itung gratis juga nama domainnya.

Dapat hadiah hosting gratis ikutan lomba JagoanHosting.

Pengalaman dapat hosting gratis untuk keempat kalinya

Bulan kemarin saya iseng ikutan lomba blog review dari Rumahweb yang sedang memperingati ultahnya yang ke-17 (sweeet banget gak sih?) Kebetulan saya juga pernah pakai layanannya Rumahweb, jadi pas banget nih tema lombanya.

Setelah ikutan, ternyata artikel saya terpilih menjadi salah satu pemenang dan berhak atas hadiah hosting dan nama domain. Duh, abis dapet campur aduk rasanya. Seneng sih bisa dapet hosting gratis, tapi sekarang malah jadi bingung mau buat apa. Lha wong ngurus dua blog aja susah apalagi tiga!

Kapan yah bakalan dapet hosting gratis lagi?

Kalau mau dicari ada saja sebenarnya kesempatan buat dapat nama domain dan hosting gratis. Selain ikutan lomba dari penyedia hosting, mungkin kamu juga bisa mendapatkannya langsung dari penyedia hosting sebagai imbalan kerjasama.

Btw, pas tulisan ini dibuat, Niagahoster lagi ada program bagi-bagi hosting gratis. Tinggal daftar dan isi nama domain yang kamu inginkan. Pemenang yang beruntung bisa dapetin hosting Paket Pelajar + nama domain gratis dari Niagahoster.

Kalo saya sih mungkin off dulu hunting hosting gratisnya, pake yang ada dulu aja. Kalau dapet lagi bisa tambah gak keurus blognya, kekeke.

Terus bagaimana pengalamannya sama hosting yang udah dicicipin?

Dari keempat hosting yang saya coba di atas, rata-rata performanya memuaskan.

  • Hostinger: Ini mungkin salah satu hosting terbaik yang pernah saya pakai selain Niagahoster. Jarang down dan layanan supportnya bagus. Sayang harga perpanjangan hostingnya terlalu mahal, padahal harga tahun pertamanya murah banget lho!
  • Dewaweb: Performa dan supportnya oke banget, cocok nih buat yang lagi cari hosting yang bisa diandelin. Harganya juga bersahabat, sebanding sama fitur-fitur kerennya.
  • JagoanHosting: Cloud hosting dengan performa oke yang punya banyak paket hosting murah. Sejauh ini downtimenya minim banget. Sayang supportnya kurang beginner-friendly. Klo kita ada masalah, support centernya malah ngarahin kita ke knowledge base mereka. Jadi kudu cari sendiri solusinya, kalau mentok bisa kirim tiket buat support langsung sama teknisinya.
  • Rumahweb: Belum lama pake, jadi belum bisa kasih testimoni mengenai performanya. Tapi di antara yang lain, baru kali ini nyoba hosting yang pake Plesk, bukan cPanel kayak biasanya.

Tuan Rumah

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

This Post Has 36 Comments

  1. eh bro, bbrapa hosting itu bisa di pake buat satu blog/web gak si, misalnya nih kita udah pake hosting di niaga, terus dapet hosting lagi di rumahweb, itu makenya gimana, apa hatus nunggu hosting di niaga abis baru pindahin di rumahweb, tapi itu buat satu blog,

    1. Hosting itu ibarat rumah, dan kontennya itu mas Khanif misalnya. Kan gak mungkin mas Khanif bisa ada di dua rumah dalam satu waktu yang bersamaan (kecuali bisa Kage Bunsshin no Jutsu, kekeke). Justru di beberapa provider, satu hosting malah bisa buat nampung bberapa website/blog sekaligus. Jadi kalau punya dua hosting, bikin dua blog mas.

  2. Pengalaman Ane pake hosting gratis kudu rajin backup sob
    Soalnya beberapa kali ditendang sama yg punya hosting
    Seingat ku hosting gratis terbaik selama ku pake lebih dr 5 taun dulu dr x10hosting sama freehostingi(mr.puma) dua dua nya full support php cpanel 11 mantaf
    Tapi klo berbayar dari 2008 nyampe sekarang ane setia di rumahweb.com jos pelayanan nya
    Memang skrng seluruh hosting indo lagi promo beli hosting gratis domain

    1. Ketauan gak baca, kekeke … saya bukan lagi bahas hosting gratis yang itu mas, maksudnya saya dapat kesempatan nyobain hosting premium secara gratis 🙂
      Tapi setuju kalau pake hosting gratis kyk x10hosting it memang kudu hati-hati, cocoknya buat belajar kenal WP aja, jangan dipake buat ngeblog serius.

  3. Keren dah…
    Belum terlalu paham sama hosting, dll sebenarnya hihii.
    Tapi baca ini semacam jadi inspirasi. Mau dicontoh nih.. Hehehe

    1. Boleh kalau mau coba WP 🙂

      1. Mantul …
        Bisa dapetin hosting free berulangkali ..

        Terisnpirasi ngikutin caranya 😉

        1. Wah, justru saya yang terinpirasi sama blog kerennya mas Hima 🙂

  4. Aku belum kepikiran pake hosting dhe kayaknya
    Masih nebeng blogger.com
    Baru beli domain aja di rumahweb hihihi

    1. Gpp masbro, Blogger + custom domain jg dah oke banget. Ntar klo penasaran sama WP aja baru pindah, xixixi

  5. Wahhh mantep yaaa, dapet hosting teruss :D, jadi mauuu 😀

    1. Aya mas ikutan hunting hosting gratis, kali ada yang nyangkut 🙂

  6. Keren mas, saya belum pernah sih nyobain yang pake hosting, kalau ada yang gratis boleh dong di info. he he. tapi emang berat ngurusin banyak blog.

    1. Iya, apalagi klo masih part-time dan pengennya konten original yang diketik sendiri semua. Sy aj jadi kepikiran mau beli artikel jadi atau beli software-nya sekalian biar blognya gak terbengkalai. Ntar klo dah ‘jadi’ rencananya pengen dijual aja!

      Btw klo mau cari hosting gratis yang beneran keren coba cek Niagahoster mas, lagi ada promo bagi-bagi hosting gratis bagi pemenang yang beruntung. Lumayan tinggal daftar doang trus tunggu pengumumannya. Klo belum beruntung bisa coba lagi minggu depannya.

  7. Widih,..seru nih gan sharingnya, dapet hosting gratis dari menang lomba ngeblog,..pasti seneng banget ya gan,bisa beli hosting dari uang hasil kerja keras dalam lomba,..apalagi histing sekarang itu mahal-mahal, ada sih yang murah cuma ya itu,…terkadang suka down dan ada yang tidak bereslah pokoknya,…he-he 😀

    1. Senengnya sih bisa nyobain gratis, cuma paling ntar bingung bayar pas mau perpanjang, kena jebakan betmen juga sebenernya, xixixi

  8. Nikmat bener hidup enteeee dapet hosting gratis terus wokwokwokwoowkwkookw :’)

    1. Kekeke, cuma jadi bingung ntar klo mau diperpanjang nih gan, kudu hunting hosting gratisan lagi, eh, apa dijual aja y? 🙂

  9. Artikel yang sangat bermanfaat untuk saya yang masih awam soal dunia perhostingan. hohoho
    Keawaman itu membuat saya memilih jalan aman: pakai blogspot aja deh. Karena kalau diliat2, beli hosting kendalanya (selain harga) ya kudu pinter milih yang bagus kan ya. Hmm, takut salah pilih aja.
    Kalau domain, saya baru beli dari niagahoster awal januari lalu. Pelayanannya bagus dan diarahkan sampai domain bisa terpasang

    1. Iya, saking banyak pilihannya memang kadang jadi susah cari yang beneran bagus.
      Btw klo pilihannya Niagahoster dah bener banget tuh (menurut saya), dibanding semua hosting yang saya coba, Niagahoster paling top mulai dari performa server sampai layanan supportnya. Recommended banget!

  10. kok kayaknya asik banget ya gan… pengen ikutan lomba blog, tapi blm ada informasi nya…
    saya aja ngeblog masih acak-acakan…
    pengen bikin blog lagi ini gan…
    saya pakai idcloudhost, sejauh ini nyaman aja… hostinger itu apa sebelumnya idhostinger ya gan?

    1. G apa acak-acakan, saya malah bikin nih blog masih g jelas juga mau buat apa, kekeke.
      Btw iya, Hostinger itu dulunya IDhostinger yang suka ngasih hosting gratisan. IDCloudhost yah? Belum pernah pake, masuk waiting list dulu d siapa tau abis ni paket bisa pindah ke situ 🙂

  11. Luar biasa nih.. master of blog keren

    1. Yang luar biasa mah Bang Day yang jalan-jalan ke luar negeri mulu, xixixi

      1. aih baru jg 4 kali, itu juga biaya kantor ehehe

        1. Berarti saya kudu minta sama kantor yah biar bisa ke luar negeri juga (Yang ada ditoyor pak Manajer, “Enak aja lo! gue aja belom” wkwkwk)

  12. Enak ya jika bisa mendapatkan hosting gratis, Ane aja mau beli hosting belum ada duit Gan,,.

    1. Blogger + Custom Domain juga dah ampuh buat nyari duit, sayang klo incomenya abis buat beli hosting, xixixi

  13. waaahhh beruntung banget dapat hosting gratis, kata orang2 mahal ya hahaha.
    Makanya saya sampai sekarang setia ama blogspot 😀

    Saya juga pakai rumahweb.
    Tapi hostingnya kagak tau sih bagus apa enggak.

    Saya cuman beli domain aja.
    Sejauh ini sih bagus, pelayanannya bagus, respon CSnya cepet pula.

    MAsalah hosting juga penting nih cari yang terbaik.
    Saya sering banget liat blog temen2 sering eror, apa mungkin pngaruh dari hostingnya ya

    1. Iya, lumayan mahal mba. Kalau pakai Blogger (Blogspot) juga g masalah, saya juga lebih sering nyaranin orang pakai Blogspot + nama domain custom kyk punya mba Reaea 🙂

      Untuk hosting Rumahweb saya baru pake sebulan-an, jadi masih mantau performanya dulu, tapi sejauh ini sih lumayan. Sama kyk mba Raea, saya juga dulu cuma pernah beli nama domain aja di Rumahweb, kebetulan dulu paling murah dan banyak direkomendasiin sama teman-teman blogger.

      Kalau error sih penyebabnya macam-macam, kalau gak banyak diutak-atik blognya, kemunkinan besar memang dari hostingnya. Makanya memang harus cari-cari info dulu sebelum beli hosting 🙂

  14. wah asyik juga ya gan bisa dapat hosting gratis getu, ane juga pengen gan, biar bisa bikin blog yang banyak 😀

    1. Niagahoster lagi ada promo bagi-bagi hosting gratis masbro, ikutan aja siapa tahu beruntung 🙂

  15. Wih mantep bang, saya juga pernah dapet hosting gratis + domain dari hasil ngereview salah satu penyedia jasa hosting dan domain di indonesia hehe 😀

    1. Wah, congrats masbro, skrng tinggal mikir perpanjangannya aja nanti, xixixi

  16. baru tau deh bisablog.com ternyata punya ente gan,,,blog yang artikelnya banyak yang nangkring di pejwan,,,beberapa hari yang lalu saya sempat blogwalking disana,,,dan nemunya juga di halaman pertama google hehe

    1. Iya mas, anggap aja ini blog alternya bisablog. Kmrn mang sempet bales komennya di sono, makanya inget lama g blogwalking ke blognya mas eko yang top ntu, kekeke.

Leave a Reply

Close Menu