Mau Daftar Pertashop Pertamina? Ini Syarat dan Biayanya!

cara daftar pertashop pertamina lengkap dengan syarat, harga, dan biayanya

Membuka Pertashop Pertamina menjadi salah satu investasi bisnis yang kini banyak dilirik. Hal ini tidak mengherankan mengingat jumlah pangsa pasar serta besarnya keuntungan yang bisa diperoleh.

Pertashop sendiri merupakan inovasi Pertamina dalam menjangkau masyarakat yang membutuhkan Bahan Bakar Minyak (BBM) serta LPG yang selama ini berada jauh dari distributor resmi mereka.

Beda dengan usaha Pertamina seperti SPBU, Pertashop lebih fokus sebagai lembaga penyalur Pertamina dalam skala kecil. Meski begitu produk yang dijual sama saja seperti BBM non subsidi, LPG non subsidi, pelumas, dan produk ritel Pertamina lainnya.

Dibandingkan dengan alat pengisian bahan bakar tidak resmi yang kini banyak beredar di masyarakat, Pertashop memiliki beberapa keuntungan seperti;

  • Lebih aman karena semua peralatannya dibuat dengan materaial dan standar keamanan yang tinggi
  • Kualitas bahan bakar yang baik sesuai dengan standar Pertamina
  • Harga jual yang sama dengan SPBU Pertamina
  • Penawaran kemitraan yang mudah, transparan, dan menguntungkan kedua belah pihak

Bagi warga di wilayah yang belum terjangkau Pertamina, Pertashop menjadi solusi yang tepat. Kemudahan dalam mendapatkan bahan bakar akan ikut membantu mengangkat perekonomian desa. Selain itu pemiliknya juga bisa mendapatkan untung besar.

Skema Bisnis Pertashop

Bagi yang berminat untuk memiliki usaha Pertashop, ada dua skema bisnis yang disediakan oleh Pertamina.

Pertama ada skema bisnis di mana biaya investasi dan biaya operasi ditanggung oleh mitra (DODO). Dengan skema ini, seluruh investasi baik modal sarana dan infrastruktur maupun modal kerja disiapkan oleh mitra atau desa sehingga keuntungan pun menjadi hak mereka sepenuhnya.

Bila biaya investasi dan operasi ditanggung oleh mitra, biaya yang diperlukan umumnya sekitar Rp 250 juta.

Kedua ada skema bisnis di mana kedua biaya investasi ditanggung oleh PT. Pertamina dan biaya operasi mitra (CODO). Dengan skema investasi Pertamina ini, BUMN akan mengelola Pertashop dengan modal sarana dan infrastruktur serta modal kerja dari mitra/desa. Keuntungan yang didapat nantinya akan dibagi dua antara mitra dan Pertamina.

Dibanding skema bisnis DODO, skema bisnis CODO membutuhkan biaya yang lebih sedikit, kira-kira Rp 80 juta-an saja.

Selain menyediakan dua skema bisnis, Pertashop juga memiliki tiga kategori usaha, yaitu Gold, Platinum, dan Diamond.

Pertashop jenis Gold memiliki kapasitas penyaluran 400 liter per hari. Luas lahan yang dibutuhkan sekitar 144 meter persegi. Selain itu lokasi dari desa ke SPBU harus lebih dari 10 km atau sesuai dengan hasil evaluasi.

Pertashop jenis Platinum memiliki kapasitas penyaluran 1.000 liter per hari dan dilengkapi dengan tangki penyimpanan 10 KL. Luas lahan yang dibutuhkan sekitar 200 meter persegi dan lokasinya di kecamatan yang belum terdapat SPBU.

Terakhir, Pertashop jenis Diamond memiliki kapasitas penyaluran terbesar hingga 3.000 liter perhari dengan tangki timbun 10 KL. Luas lahan yang dibutuhkan adalah 500 meter persegi dan berlokasi di kecamatan yang belum terdapat SPBU.

Syarat Mitra Pertashop

Sebelum mendaftar sebagai mitra Pertashop, ada beberapa syarat yagn harus dipenuhi terlebih dahulu, seperti:

  • Memiliki legalitas usaha berbentuk Badan Usaha dan atau Badan Hukum (CV , Koperasi , PT).
  • Memiliki kelengkapan dokumen legalitas seperti KTP, NPWP, dan Akta Perusahaan.
  • Memiliki atau menguasai lahan sebagai tempat pengoperasian Pertashop.
  • Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa

Dan untuk lokasi Pertashopnya sendiri tidak boleh dipilih sembarangan. Setidaknya lahan harus memenuhi kriteria sebagai berikut,

  • Memiliki jalur yang memadai sebagai akses mobil tangki dan pengiriman alat modular yang dibutuhkan
  • Tersedia jaringan listrik
  • Lahan harus berada di lokasi yang strategis yang berpotensi mendatangkan omset yang baik

Setelah mendaftarkan lahan, tim dari Pertamina akan melakukan survey untuk menilai kelayakan lahan sebagai lokasi Pertashop.

Cara Daftar Pertashop Pertamina

Bagi siapa saja yang berminat untuk membuka bisnis Pertashop Pertamina bisa melihat prosedur pendaftaran online secara lengkap memalui situs https://ptm.id/MitraPertashop.

Pada menu Informasi Pendaftaran, klik tombol Daftar Sekarang untuk mulai mendaftarkan diri sebagai mitra Pertamina.

Sebelum masuk ke halaman registrasi, pengunjung akan diminta untuk mencentang pernyataan bahwa calon mitra akan/sudah mengisi data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah selesai, calon mitra dapat lanjut mengisi form registrasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pemilihan lokasi

Pada menu ini, calon mitra memilih lokasi dari pilihan yang tersedia dengan melengkapi informasi seperti Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, dan alamat detail yang akan dijadikan Pertashop.

Jika lokasi yang diinginkan tidak tersedia dari pilihan menu, calon mitra bisa mengajukan permintaan pendaftaran lokasi baru dengan mengklik link/tautan yang tersedia.

2. Input data diri

Pada tahap selanjutnya, calon mitra akan diminta untuk mendaftarkan nama perusahaan, nama pengusaha, alamat email, dan nomor handphone. Selain itu calon mitra juga akan diminta untuk melengkapi password yang akan digunakan untuk mengakses akun mitra Pertashop.

3. Submit

Setelah mencentang pernyataan “Saya telah membaca dan memahami persyaratan dan prosedur pengajuan kemitraan Pertamina”, calon mitra dapat meng-klik tombol Submit.

Jika sudah, calon mitra akan mendapat email verifikasi yang berisi informasi pendaftaran. Selain itu calon mitra juga akan mendapatkan kode aktivasi melalui SMS ke nomor handphone yang telah didaftarkan sebelumnya.

Proses ini dilakukan untuk memudahkan tim kelayakan Pertamina dalam mengidentifikasi pemohon dan memungkinkan calon mitra untuk menyimpan dan melengkapi data terkait kelengkapan perizinan Pertashop.

Setelah proses daftar selesai, calon mitra hanya perlu menunggu. Bila data-data disetujui, akan ada proses survey sebelum calon mitra menandatangai kontrak resmi menjadi supplier produk-produk Pertamina utnuk 10-20 tahun ke depan.


Program Pertashop adalah inovasi yang memungkinkan Pertamina untuk menjangkau masyarakat yang selama ini kesulitan dalam mendapatkan produk-produk Pertamina seperti BBM, LPG, dan produk retail Pertamina lainnya.

Dan dengan tingkat kebutuhannya yang tinggi, Pertashop menjadi peluang bisnis yang menggiurkan dengan keuntungan besar. Jika memiliki lokasi yang strategis, omzet yang bisa didapat tidak akan kalah dengan keuntungan SPBU per bulan pada umumnya.

Jika berminat, langsung saja cek link https://ptm.id/MitraPertashop atau telepon langsung ke nomor 135.

3 thoughts on “Mau Daftar Pertashop Pertamina? Ini Syarat dan Biayanya!”

  1. ini seperti melegalkan kios pertamini ya.. eh skalanya lebih besar dari kios2 pertamini?.
    Bagus juga jika standar keamanannya terjamin, soale kan material yang mudah meledug

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *