printer a3 brother tipe-MFC-T4500DW dan HL-T4000DW

Cari Printer A3 Berkualitas? Brother Aja!

Meski kini sedang trend paperless office, dokumen berbentuk kertas masih menjadi andalan banyak perusahaan di Indonesia. Mulai dari laporan keuangan, daftar inventaris, laporan pekerjaan, hingga materi presentasi, tidak ada yang ketinggalan untuk dicetak.

Nah! bagi perusahaan yang masih berkutat dengan masalah cetak-mencetak, memiliki printer tentu menjadi hal yang wajib. Tidak cuma membantu kita mencetak dokumen, beberapa jenis printer juga punya banyak fitur keren lainnya. Mau scanning? bisa! Mau fotokopi? bisa juga! Mau kirim fax? bisa banget!

Namun berbeda perusahaan, berbeda pula kebutuhan printernya. Memiliki printer multi-fungsi yang memiliki segudang fitur mungkin akan terlalu berlebihan untuk perusahaan yang hanya memerlukan printer untuk mencetak dokumen saja.

Untuk itulah kita harus jeli memilih jenis printer yang sesuai dengan kebutuhan kita. Minimal kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis printer yang ada di pasaran.

Secara umum, ada beberapa jenis printer yang beredar luas di Indonesia. Setiap jenis printer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah:

  • Printer InkJet – Ini mungkin jenis printer yang paling umum dan banyak dimiliki baik oleh perorangan maupun sebuah instansi. Printer Inkjet memiliki kecepatan print yang cukup cepat dengan hasil yang lumayan baik. Selain itu printer ini cukup murah dan mudah digunakan.
  • Printer LaserJet – Untuk mereka yang menginginkan kecepatan cetak yang super cepat, printer Laser adalah jawabannya. Printer jenis ini sangat nyaman dipakai untuk bekerja dengan intensitas tinggi dan dalam jumlah yang banyak. Meski begitu printer ini umumnya cukup mahal, termasuk isi ulang tintanya.
  • Printer Multi-fungsi (MFP) – Dikenal juga sebagai All-in-one printer karena printer jenis ini tidak hanya bisa mencetak tetapi juga bisa berfungsi sebagai scanner, mesin fax, hingga mesin fotokopi.

Selain ketiga jenis printer di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis printer lain seperti printer dot matrix dan plotter. Plotter sendiri tidak banyak digunakan dan hanya beberapa bidang saja yang memilikinya seperti bidang desain atau konstruksi sipil/arsitektur saja.

Mengenal Printer yang Dibutuhkan Seorang Drafter & 3D Visualizer

Berbicara mengenai bidang arsitektur, kebetulan saya pernah diminta untuk mencari printer yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hmm, kira-kira apa saja sih kriterianya:

Bisa print A3

Tidak seperti kebanyakan perusahaan yang mencetak dokumen di atas kertas A4, mereka yang berkutat di bidang desain arsitektur seringkali menggunakan ukuran kertas yang lebih besar. Kertas A3 yang berukuran dua kali lipat dari A4 adalah pilihan utama dalam mencetak gambar desain yang mereka buat.

Hal ini cukup wajar mengingat banyak desain yang akan terlalu besar untuk dicetak di kertas A4. Gambar kerja bisa saja dibuat dalam skala tertentu namun hal ini bisa saja mempersulit proses pekerjaan di lapangan. Selain itu, ukuran kertas yang besar akan membuat detail gambar terlihat lebih baik dan tulisan yang ada juga tidak buram/tumpang tindih.

Ilustrasi gambar denah rumah (Sumber: pixabay.com)

Bisa print foto dengan kualitas baik

Jujur saja, tidak semua orang bisa membaca gambar denah dan memvisualisasikan gambar tersebut di kepala mereka. Di sinilah peran seorang 3D visualizer dapat membantu klien melihat gambaran jelas hasil akhir desain rumah mereka.

Untuk mencetak hasil render gambar 3D yang mirip foto tersebut perlu ada printer dengan tingkat akurasi warna dan resolusi yang tinggi agar hasilnya dapat terlihat baik.

Print dalam jumlah banyak

Satu masalah klasik yang sering terjadi pada printer adalah kapasitas cetaknya yang kadang terlalu sedikit. Hal yang cukup menyebalkan adalah ketika tinta habis ketika printer sedang dibutuhkan. Meski kantor biasanya menyediakan cartridge ekstra, tetap saja ada waktu yang terbuang untuk mengganti cartridge atau melakukan isi ulang tinta dengan cara lainnya.

Hal ini juga diperparah dengan sistem monitoring tinta yang tersedia pada kebanyakan printer yang rata-rata hanya memberikan warning melalui komputer.

Hasil print yang cepat

Meski sudah disediakan di kantor, umumnya satu printer akan digunakan oleh beberapa komputer sekaligus. Karena itulah kecepatan proses mencetak juga sangat diperlukan agar tidak terjadi bottleneck. Proses printing yangc cepat juga akan sangat membantu ketika ada perubahan yang harus dilakukan di saat deadline sementara presentasi harus dilakukan di hari yang sama.

Punya fungsi scanner

Scanner adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan yang bergerak di bidang arsitektur. Salah satu contoh penggunaannya adalah saat mereka mendapatkan gambar existing dari klien tanpa ada master CAD-nya. Adanya scanner tentu bisa mempercepat proses gambar ulang denah tersebut.

Tidak jarang, scanner juga dipakai untuk memindai material yang akan dipakai dalam model 3D yang mereka buat.

Brand terbaik dengan after sales yang memuaskan

Last but not least, brand adalah salah satu faktor yang harus diperhitungkan. Brand yang sudah memiliki nama tentu memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, apalagi bila didukung dengan layanan purna jual yang mengesankan.

Untuk memenuhi pesanan ini, saya bisa saja membeli beberapa printer sekaligus agar semua kriteria di atas bisa dipenuhi. Namun setelah dipikir-pikir, kenapa tidak dibelikan printer multifungsi saja. Cukup satu printer tapi bisa dapat semua fitur di atas.

Setelah melihat-lihat opsi yang tersedia, ada satu produk nih yang menarik perhatian saya. Perkenalkan! Printer A3 dari Brother seri HLT4000DW dan MFC-T4500DW

Perkenalan Singkat dengan Brother dan deretan Printer A3 Brother Terbarunya

Merk Brother adalah brand Jepang yang sudah ada sejak tahun 1908, alias sudah lebih dari 100 tahun berdiri. Mengawali bisnis sebagai pembuat mesin jahit, Brother mulai masuk ke dunia printer sejak 1971 di mana mereka merilis Printer Dot Matrix tipe M-101.

Untuk tingkat kehandalan, kualitas printer merek Brother juga tidak perlu diragukan lagi. Sampai saat ini tidak terhitung lagi banyaknya penghargaan yang sudah berhasil mereka raih, misalnya saja:

  • IF Design Award 2018
  • BLI Winter 2018 Pick Award
  • Best Printer Brand versi PC PRO selma 4 tahun berturut-turut (2014-0217)
  • Print IT Editor’s Choice Awards 2017, dll.

(Sumber: https://www.brother.co.uk/awards)

Dan printer yang saya akan bahas kali ini adalah Printer A3 keluaran terbaru dari Brother dengan tipe HL-T4000DW dan MFC-T4500DW yang dirilis bulan Juli tahun ini.

Secara umum keduanya memiliki spesifikasi yang sama. Bedanya, tipe HL-T4000DW hanya memiliki fitur print saja sementara tipe MFC-T4500DW memiliki fitur tambahan seperti scanning, copy, dan fax.

Lalu apakah printer ini bisa memenuhi kriteria yang saya inginkan? Yuk kita lihat sama-sama.

Apakah printer A3 Brother bisa memenuhi kriteria saya?

Meski berasal dari brand ternama, kita semua pasti ingin tahu, apakah printer ini akan sesuai dengan kebutuhan di bidang arsitektur?

Bisa print A3?

Tentu bisa! namanya juga printer A3 Brother.

Selain print dokumen A3, printer ini juga bisa dipakai untuk mencetak di atas kertas lain yang berukuran lebih kecil seperti A4, Letter, Executive, B5A3, Ledger, B4, Legal, Folio, A5, B6, A6, Photo-4″x6″, Indexcard-5″x8″, Photo-3.5″x5″, Photo-5″x7″, C5 Envelope, Com-10 Envelope, DL Envelope, Monarch Envelope, Mexico Legal, India Legal

Bagaimana dengan kualitas cetak fotonya?

Untuk menilai kualitas cetak foto printer ini, saya akan melihat dari dua faktor, yaitu resolusi dan warna.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, printer harus memiliki resolusi yang tinggi. Hal ini bisa kita lihat pada nilai dots per inch (DPI) printer tersebut. DPI ini sendiri merepresentasikan jumlah dot yang bisa ditampung dalam area seluas 1 inci x 1 inci. Semakin besar nilai DPI semakin besar pula tingkat ketajaman gambar yang dihasilkan.

Umumnya, printer dengan spesifikasi cetak 300dpi sudah cukup untuk mencetak foto. Namun printer Brother ini memiliki resolusi hingga 1200x4800dpi, Luar biasa bukan?

Untuk tingkat kedalaman warna, printer ini dilengkapi dengan 24-bit color processing yang artinya printer ini mampu mencetak 16.8 miliar warna yang berbeda. Jadi selain tajam, tingkat akurasi warnanya pun luar biasa.

Selain kedua faktor tersebut, printer ini juga dilengkapi fitur cetak borderless agar foto dapat dicetak satu halaman penuh tanpa menyisakan space sama sekali.

Lalu, bagaimana dengan kapasitas cetaknya?

Dengan tinta Ultra High-Yield, mencetak dokumen dalam jumlah banyak bukan masalah. Menggunakan standar ISO / IEC 24712, printer ini mampu mencetak 6500 halaman hitam-putih atau 5000 halaman berwarna. 

Selain itu daya tampung kertas printer ini lumayan banyak. Pada standard paper tray kita bisa meletakan 250 lembar kertas sementara pada multi-purpose tray-nya kita bisa meletakan hingga 100 lembar kertas. jadi tidak khawatir kehabisan kertas saat mencetak kan!

Masalah tinta juga sudah ditangani secara luar biasa. Kontrol tinta dapat dilakukan dengan mudah karena tempat untuk menampung tinta berbentuk transparan sehingga kita dapat dengan mudah melihat sisa tinta yang ada.

Pengisian ulang tinta pada Ink Tank printer ini pun sangat mudah dilakukan karena letaknya yang mudah dijangkau. Selain itu proses pengisian tintanya juga semudah menuangkan air ke dalam wadah.

Proses cetaknya cepat atau tidak?

Secara default, printer ini memliki kecepatan cetak hingga 22/20 lembar per menit. Bila kamu sedang buru-buru, ada fast mode yang bisa mempercepat proses cetak hingga 35/27 lembar per menit.

Bagaimana dengan fitur scannernya?

Hasil scanning dijamin berkualitas tinggi karena resolusi max yang dihasilkan mencapai 1200x2400dpi. 

Bila kamu melakukan proses scanning pada banyak dokumen sekaligus, ada fitur ADF (Automattic Document Feeder) yang akan membantu memasukan dokumen secara otomatis ke dalam printer. Meski begitu kualitas scanningnya hanya memiliki resolusi 600x600dpi.

Kelebihan lain printer A3 Brother

Ternyata, Printer A3 Brother tipe MFC-T4500DW mampu memenuhi kriteria yang saya inginkan. Tidak sampai di situ, printer ini juga memiliki ftur tambahan lain yang tidak kalah keren yang bisa menjadi nilai plus printer ini.

Konektifitas dengan atau tanpa kabel

Sudah tidak jaman mencetak harus melalui komputer. Dengan printer A3 terbaru Brother, kita bisa langsung mencetak tanpa perlu repot memasang kabel-kabel terlebih dahulu.

  1. Dengan Brother Cloud Apps dan Brother WebConnect, kita bisa menikmati keleluasaan mobile prints & scans dengan akses langsung ke fitur-fitur inovatif di mesin Brother.
  2. Lewat smartphone juga tidak masalah, cukup unduh aplikasi iPrint&Scan dari PlayStore atau AppStore
  3. Cetak foto langsung dari USB juga menjadi mudah lewat port akses dari depan.

Efisiensi Biaya

Selain tinta yang super irit, ada fitur duplex printing cetak dua sisi otomatis yang bisa menghemat proses pencetakan sebesar 50%. Selain itu kamu juga tidak perlu repot harus mencetak dokumen dengan nomor ganjil/genap terlebih dahulu untuk bisa print bolak-balik, jadi hemat waktu kan?

Selain itu printer ini dilengkapi dengan printhead yang kuat dengan laminasi stainless steel dan teknologi Piezoelectric Ceramic. Kedua teknologi tersebut mampu membuat printer tahan lebih lama dan mengurangi frekuensi perbaikan atau servis yang memakan biaya.

Kemudahan Pemakaian

Degan brother ini tidak perlu lagi memeriksa kondisi printer lewat PC. Dengan LCD 2.7″ dan keypad yang mudah untuk bernavigasi, kita bisa lebih cepat memeriksa kondisi tinta, memperbaiki error, dan melihat notifikasi lainnya.

Tingkat Keamanan yang Tinggi

Meski bisa diakses dengan mudah, bukan berarti semua orang bebas menggunakannya. Dengan sistem keamanan terkini, kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa mengakses dan memakai printer ini. Dengan fitur secure function lock, kamu bahkan bisa membatasi fitur apa saja yang bisa digunakan seseorang.

Garansi 3 tahun

Printer adalah salah satu barang elektronik yang cukup rentan dan umumnya berumur pendek bila sering digunakan dalam intensitas tinggi. Berbicara mengenai layanan purna jual, Brother membuat langkah yang cukup berani dengan memberi garansi hingga 3 tahun pemakaian.

Kesimpulan

Melihat kriteria yang saya butuhkan dari sebuah printer serta melihat apa yang bisa ditawarkan oleh printer A3 tipe HL-T4000DW dan MFC-T4500DW dari Brother, saya cukup yakin printer ini akan sangat beguna bagi mereka yang bergelut di bidang konstruksi atau arsitektur, terutama tipe terakhir yang juga bisa berfungsi sebagai scanner dan mesin fotokopi.

Dengan kemampuan untuk mencetak hingga ukuran kertas A3, proses refill tinta yang mudah, serta hasil cetak warna yang luar biasa, printer ini juga patut dipertimbangkan sebagai perangkat kantor yang bisa diandalkan.

Dengan harga Rp7.390.000 untuk tipe HL-T4000DW dan Rp11.900.000 untuk tipe MFC-T4500DW, keduanya bisa menjadi investasi bagus mengingat garansi 3 tahun yang diberikan Brother.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *