Cara Telepon PLN untuk Mengatasi Periksa pada Meteran Listrik

Seumur-umur kok saya baru tahu yah cara telepon ke PLN. Kirain cuma pencet 123 saja, gak taunya harus pakai kode juga di depannya.

Btw meteran listrik saya bermasalah akhir-akhir ini. Listriknya sih masih nyala, tapi di meteran listriknya ada tulisan PERIKSA dan lampu kuning yang ada tulisan TAMPER di meteran tersebut menyala.

Aneh, belum pernah lihat sih yang kayak begini. Mungkin ini efek kebanjiran kemarin.

Pas banjir tahun baru memang air lumayan tinggi. Di daerah saya airnya sampai seperut orang dewasa. Rumah saya yang sudah lumayan tinggi saja masih terendam selutut. Makanya wajar kalau listrik dipadamkan langsung dari pusatnya.

Alhamdulillahnya listrik tidak padam terlalu lama, kayaknya sih tidak sampai 2×24 jam. Cuma sejak nyala itu jadi ada tulisan PERIKSA di meteran listriknya.

Sebenarnya sih adanya tulisan ini tidak terlalu mengganggu. Listrik berjalan normal seperti biasa, meteran juga tidak berisik sehingga tidak mengganggu pemakaian listrik sehari-hari. Cuma takutnya kalau didiamkan malah kena masalah. Apalagi kalau sampai kena denda, duh jangan sampai deh!

Kenapa ada tulisan PERIKSA di meteran listrik?

Hasil browsing di internet, munculnya error tulisan PERIKSA ini kayaknya khusus terjadi di meteran listrik prabayar yang pakai token listrik. Penyebab utamanya adalah adanya perbedaan di pengukuran arus masuk dan arus keluar. Hal ini dianggap sebagai kebocoran arus, karena itulah muncul indikator PERIKSA pada meteran listrik.

cara mengatasi tulisan periksa dan lampu tamper yang menyala di meteran listrik
Munculnya tulisan periksa dan menyalanya lampu tamper pada meteran listrik setelah kebanjiran

Selain itu, penyebab munculnya tulisa PERIKSA di meteran listrik sendiri ada bermacam-macam, misalnya:

  • Kualitas kabel yang tidak sesuai standar atau berkualitas buruk
  • Adanya kabel yang terkelupas atau sambungan kabel yang tidak sempurna
  • Kesalahan pada saat pemasangan ground/grounding
  • Tegangan listrik yang tidak stabil
  • Adanya usaha untuk membuka meteran secara paksa yang memicu indikator Temper pada meteran listrik.
  • Dan sebagai tambahan, pada kasus saya yang kemarin kebanjiran mungkin juga bisa jadi salah satu penyebab munculnya tulisan PERIKSA di meteran listrik.

Untuk mengatasinya, kayaknya sih kita cuma perlu lihat poin-poin di atas. Kalau memang ada yang kira-kira jadi penyebabnya, kita bisa memeriksanya dan segera memperbaikinya.

Tapi berhubung saya tidak mau ambil pusing, yang paling enak sih telpon langsung ke call center PLN di 123.

Cara Telepon Call Center PLN di 123 untuk mengatasi tulisan PERIKSA di meteran listrik

Wah, nelpon call center PLN buat konsultasi ternyata mudah banget. Gak cuma masalah kelistrikan aja, kita bisa telpon nomor ini buat tahu informasi tagihan sampai pemasangan baru, mantap!

Anyway, buat yang belum pernah telpon PLN lewat hape, ternyata yang harus dipencet bukan nomor 123 aja, harus sama kode areanya juga. Pantas pas pertama saya telp 123 malah nyasar ke nomor pelayanan area Tangerang di 112.

Kode areanya sendiri ngikutin kode telepon buat area kamu. Misalnya Jakarta pakai 021, bandung pakai 022, dst. Berhubung saya masih di daerah Jabodetabek, saya telponnya ke 021123. Nah, buat daerah lainnya silahkan disesuaikan sama kode area masing-masing yah!

Beragam cara untuk menghubungi call center PLN 123
Beragam cara untuk menghubungi call center PLN 123

Prosesnya sendiri lumayan cepat, pas nelpon kita akan disuruh memilih layanan berikut.

  • Nomor 1 untuk info tagihan dan administrasi
  • Nomor 2 untuk konsultasi masalah kelistrikan
  • Nomor 3 untuk pasang baru

Berhubung kita punya masalah error ada tulisan PERIKSA di meteran listrik, pilih nomor dua. Setelah itu kita akan dijawab langsung sama call center PLN. Tinggal sebut saja masalahnya terus kita akan dipandu untuk langkah-langkah selanjutnya.

Prosesnya sendiri lumayan cepat. Pertanyaannya cuma berupa nomor listrik sama identitas kita aja. Kalau sudah, kita akan diberikan semacam tiket pengaduan berupa 7 kode kombinasi angka dan huruf. Dari situ kita hanya perlu menunggu sampai ada petugas PLN yang datang mengatasi masalah ini.

Mudahnya mengatasi tulisan PERIKSA di meteran listrik, gak sampai 5 menit!

Singkat cerita, saya dapat telepon dari petugas PLN yang harusnya datang ke rumah. Ternyata beliau berhalangan karena ada cukup banyak aduan, namun bisa memandu saya lewat telepon untuk membantu memperbaiki tulisan PERIKSA di meteran listrik.

Duh, kayaknya bakalan repot nih!

Tapi ternyata tidak, prosesnya malah cepat banget. Tidak sampai 5 menit tulisan PERIKSA langsung hilang dari meteran listrik saya.

Yang saya lakukan hanya memfoto meteran listrik. Setelah disuruh menunggu sebentar, saya dapat kode berupa 20 digit angka yang nantinya dimasukan ke meteran seperti kita mengisi token listrik biasa. Setelah itu petugas akan melakukan konfirmasi. Dan berhubung masalahnya sudah teratasi, maka proses ini saya anggap selesai.

Mudah kan!

Makanya kalau kamu juga punya masalah yang sama, jangan ragu untuk menelpon ke layanan PLN 123.

Btw layanan ini gratis kok! karena kata mereka layanan mulai dari pembangkit sampai meteran listrik menjadi tanggung jawab PLN, jadi tidak ada biayanya meski kita harus memanggil petugas PLN ke rumah.

Dan buat kamu yang kemarin kena kenajiran sampai merendam rumah, PLN juga lagi ada promo di mana kamu bisa ganti KWh meter dengan yang baru tnapa iaya tambahan lho!

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *