cara setting apn tri
Info

Cara Setting APN Tri 3G, 4G, dan LTE Tercepat di 2020

Yang pakai kartu 3 (Tri) buat internetan angkat tangan! Sama dong kita!

Nah, buat yang belum pakai saran saya sih cobain dulu. Lumayan, paket internetnya murah banget. Kalau internetnya lambat, tinggal atur aja pakai cara setting APN 4G atau LTE di bawah ini supaya sinyalnya lebih kenceng.

Btw jujur saya dulu gak kepikiran buat pakai provider Tri. Maklum, dulu si merah dan si kuning yang saya pakai duluan dah oke banget. Ada paket murahnya, sinyalnya juga oke.

Sayangnya pas pindahan rumah dua tahun lalu saya dapat rumah yang sinyalnya gak begitu bagus, padahal di kota lho! Si kuning dan si merah pun susah dapat sinyal di sini. Yang paling berasa itu kalau lagi streaming bola, duh boro-boro bisa dinikmatin permainannya. Apalagi nontonnya kudu pakai VPN, terpaksa nonton bola pemainnya kotak-kotak gtu. #Asyeemm

Di antara semua provider lain, sebenarnya yang paling ngebut di daerah saya itu Bolt. Sayangnya tahun lalu Bolt kena masalah dan harus pailit terus menghilang dari peredaran.

Setalah gonta-ganti kartu, akhirnya ketemu juga sama Tri yang ternyata sinyalnya kenceng. Terus paket internetnya juga murah banget. Kayak sekarang saya pakai Paket Home 117 GB. Di sini kita dapet 17 GB (24 jam), 40 GB (khusus Sabtu-Minggu), 60GB (Setiap hari dari jam 01:00 – 17:00) yang berlaku 30 hari. Dan harganya juga relatif murah, cuma Rp117.000 aja.

Anyway, ngeliat kencengnya sinyal Tri di daerah saya (Tangerang) rasanya aneh juga. Soalnya selama ini kayaknya banyak keluhan kalau sinyal Tri lumayan susah dan internetnya lemot. Setelah browsing sana-sini, ternyata ada lho cara bikin sinyal Tri lebih kenceng cuma modal ganti APN aja!

Apa Itu APN?

Sebagai penjelasan singkat aja, APN adalah singkatan dari Access Point Name. Fungsi APN sendiri adalah untuk menyediakan telepon dengan informasi yang dibutuhkan untuk terhubung dengan jaringan wireless.

Buat yang sering utak-atik APN pasti ngeh nih kalau di-settingan APN biasanya ada banyak informasi seperti nama APN, server, proxy, server, MMSC, sampai tipe autentikasi. Enaknya sih kita sebenarnya tidak perlu repot mengatur APN sendiri karena data-data ini sudah secara otomatis terisi ketika kita memasukan SIM Card ke dalam hape.

Bagaimana Cara Mengatur APN di Hape Android?

Kalau yang ini sih biasanya tergantung hapenya. Tapi umumnya menu ini bisa dilihat di SETTINGS ► SIM & MOBILE NETWORK, terus pilih nomor Tri yang kita pakai dan cari opsi ACCESS POINT NAME.

Daftar Setting APN Tri Tercepat dan Paling Stabil

Seperti dah dibilang di atas, APN itu dah langsung keisi begitu hape kita pasangin SIM Card. Cuma buat yang merasa internet Tri-nya masih lemot bisa coba ganti sendiri nih pakai setting APN Tri berikut ini.

1. Setting APN Tri Default

Buat jaga-jaga, kali aja ada yang abis utak-atik APN malah lupa settinan default Tri-nya. Jadi kalau ternyata settingan barunya malah lebih lemot dan mau balik lagi pakai settingan awal jadi gampang.

Name3 GPRS
APN3gprs
ProxyNot set
PortNot set
Username3gprs
Password3gprs
ServerNot set
MMSCNot set
MMS ProxyNot set
MMS PortNot set
MCC510
MNC89
Authentication TypeNot set
APN Typedefault, supl
APN ProtocolIPv4/IPv6
APN Roaming ProtocolIPv4/IPv6
BearerUnspecified
MVNO TypeNone

2. Setting APN Tri untuk Internet 4G dan LTE

Buat yang merasa internet Tri-nya kurang greget, kamu bisa coba ganti APN-nya pakai settingan di bawah ini. Buat cara pakainya, cukup ganti NAME sama APN saja. Sisanya bisa ikut sama settingan yang lama.

1.Name: LTE
APN: LTE
2.Name: hutchison
APN: hutchison
3.Name: internet
APN: internet
4.Name: free
APN: free
5.Name: APN Tri
APN: tri.co.id
6.Name: APN Tri
APN: wap.three.co.id
7.Name: unlimited
APN: unlimited
8.Name: Tri
APN: m.opera.com

3. Setting APN Tri untuk Main Game

Nah, buat yang butuh intenet cepat, stabil, dan punya nilai ping yang rendah, bisa coba nih nilai setting APN Tri untuk game. Sma seperti di atas, ganti nilai NAME dan APN aja, sisanya ikut setinngan default.

1.Name: APN 3
APN: m.gameloft.com
2.Name: APN 3
APN: redir.tri.co.id
3.Name: Tri Proxy
APN: 3gprs.net
4.Name: Tri
APN: tri.co.id

Apa Benar Setting APN Bisa Bikin Internet Jadi Lebih Cepat?

Jujur saya juga penasaran, emang bener gak sih cuma ganti setting APN bisa bikin internet jadi lebih ngebut apa gak. Jadi sebagai bahan percobaan, hari minggu kemarin saya iseng-iseng coba test speednya.

Btw buat ngetestnya saya pakai aplikasi Speed Test gratis di Android. Tadinya sih pengen bikin tabel perbandingan, tapi di versi grartis ternyata cuma bisa ngetest beberapa kali aja ternyata. Padahal pengennya tadi diulang tiga kali biar bisa dapet rata-ratanya.

Anyway, secara default, kecepatan akses internet Tri di daerah saya kira-kira segini.

Hasil speed test setting APN Tri default
Hasil speed test setting APN default Tri

Setelah itu, saya ngetest pake settingan APN Tri buat game. Overall, Download Speednya rata-rata lebih kecil meski nilai pingnya juga lebih kecil, seperti contoh berikut ini:

Hasil speed test setting APN Tri untuk game
Hasil speed test setting APN Tri untuk game

Berikutnya ketika pakai setting APN Tri buat internetnya, ternyata Download Speed yang saya dapat tidak begitu bagus. Di antara 8 cara di atas, cuma APN ‘Unlimited’ sama “APN Tri” saja yang download speed-nya lebih bagus dari settingan normal.

Hasil speed test setting APN Tri Unlimited
Hasil speed test setting APN Tri Unlimited

BTW sekilas harusnya speed download saya harusnya sekarang lebih cepet dong yah! Tapi jujur aja pas lagi ditest download kayaknya gak begitu terasa. Dua kali download file dari server yang sama dengan dua settingan berbeda waktunya cuma beda-beda tipis aja.

Mungkin hasil testnya bakalan beda di masing-masing daerah. Tapi kalau mau memperbaiki kecepatan dan kestabilan koneksi internet tri, cara setting APN ini bisa kamu coba.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *