Cara Saya Menghasilkan Uang Lewat Blog

Tidak seperti kebanyakan blogger, saya mulai ngeblog tanpa punya niat tertentu. Boleh dibilang awalnya memang hanya kegiatan iseng saja untuk mengisi waktu luang.

Lambat laun, blog yang saya buat pun lama-lama berkembang di luar ekspektasi. Trafiknya semakin tinggi, nilai domain authority-nya meningkat, dan alhamdulillah cukup banyak artikel blog saya yang nangkring di halaman pertama Google. (Btw bukan blog ini lho yang sedang saya bicarakan!)

Hal-hal tersebut membuka banyak peluang baru bagi blog saya, terutama dalam masalah monetasi blog. Lumayan, sekarang ngeblog berubah jadi kegiatan iseng-iseng berhadiah. Rewardnya pun saya kira lumayan besar, apalagi mengingat awalnya saya tidak berharap apa-apa.

7 Cara yang Saya (Pernah) Lakukan untuk Mendapatkan Uang Lewat Blog

Selain melalui jaringan iklan Google Adsense, ada banyak cara lain yang saya lakukan untuk mendapatkan uang lewat blog yang saya punya. Jika kamu juga berpikir untuk ‘menguangkan’ blog kamu, beberapa cara yang saya gunakan di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi.

1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah kegiatan mempromosikan barang/jasa dengan imbalan komisi. Sistem yang banyak dianut biasanya Pay per Sale di mana kita bisa dapat komisi untuk setiap transaksi yang berhasil dilakukan melalui link afiliasi milik kita.

Cara kerja affiliate marketing (sumber: bisablog.com)

Affiliate marketing sendiri lebih mudah dilakukan karena umumnya tidak ada syarat yang terlalu ketat. Misalnya pada beberapa produk digital, yang kamu lakukan hanya membuat akun saja. Jadi affiliate marketing bisa kamu mulai segera setelah blog kamu selesai dibuat.

Saya sendiri lebih dulu mulai mencari uang lewat blog melalui program afiliasi. Hasilnya memang dulu tidak seberapa tapi cukup lumayan untuk menutupi biaya perpanjangan nama domain + hosting tahunan saya. Kini hasilnya cukup lumayan dan menjadi sumber penghasilan terbesar saya dari blog.

Jika kamu berminat, ada banyak situs yang menawarkan program afiliasi sesuai dengan jenis blog yang kamu punya. Sebagai permulaan, kamu bisa mencontek beberapa program afiliasi berikut ini.

Program Afiliasi Hosting

Kalau kamu punya website WordPress, coba deh cek hosting yang kamu pakai!

Umumnya penyedia hosting sudah menyediakan program afiliasi mereka sendiri. Jadi kita bisa merekomendasikan hosting yang kita pakai dan dapat komisi tambahan yang menggiurkan.

Komisi yang bisa kamu dapat dari program afiliasi hosting termasuk besar. Nilainya bervariasi antara 20-70% dari nilai paket hosting yang dibeli pelanggan.

Buat kamu yang belum pakai hosting, jangan khawatir! Kamu sebenarnya bisa langsung ikutan program afiliasinya tanpa harus pesen hostingnya dulu. Cuma kalau pakai sendiri kan jelas ada nilai plusnya dibanding yang cuma cuap-cuap tapi gak pernah pake, xixixi.

Beberapa hosting yang menyediakan program afiliasi antara lain Niagahoster, IDWebhost, dan Domainesia.

Contoh komisi dari program afiliasi hosting
Contoh komisi dari program afiliasi hosting

Program Afiliasi dari Online Marketplace

Buat kamu yang sering ngebahas produk tertentu di blog, coba ikutan program afiliasi dari online marketplace aja! Lumayan lho, pembaca yang tertarik sama review kamu bisa langsung take action dan membeli barang di situs belanja online yang kamu rekomendasikan.

Komisi yang ditawarkan biasanya sih tidak terlalu besar, kisarannya antara 2-10% meski ada juga yang menawarkan komisi di atas itu. Kebanyakan situs jual beli menawarkan komisi yang berbeda untuk setiap kategori produk yang berbeda. Misalnya produk fashion biasanya punya nilai komisi yang lebih tinggi dibanding barang elektronik. Tapi ada juga situs e-commerce yang memberi komisi berdasarkan total penjualan.

Beberapa online marketplace yang menyediakan program afiliasi antara lain Lazada, Bukalapak, Orami, dan Blibli.

Program Afiliasi Produk Digital

Sesuai dengan namanya, produk digital adalah produk yang tidak memiliki bentuk fisik. Beberapa contohnya adalah software, aplikasi, ebook, audio, atau video (box cover sama CD-nya jangan diitung yah!). Karena kelebihan inilah, program afiliasi produk digital biasanya punya komisi yang cukup gede, kadang sampai di atas 50%.

Jika kamu tertarik, kamu bisa mencari produk digital untuk dipromosikan di Ratakan atau Idaff.

Program Afiliasi Melalui Affiliate Network

Affiliate Network adalah online marketplace untuk program-program afiliasi. Jadi kalau program afiliasi di atas gak ada yang cocok, kamu bisa mencarinya di affiliate network.

Meski komisinya sedikit lebih kecil dibanding mendaftar langsung ke penyedia program afiliasi, bergabung dengan affiliate network akan lebih baik jika kamu mengikuti banyak program afiliasi sekaligus. Dengan begitu kamu bisa cepat mengumpulkan dana dan lebih mudah mengatur program afiliasi yang kamu ikuti.

Jika kamu tertarik, salah satu affiliate network lokal yang bisa kamu coba adalah Accesstrade.

Berbagai program afiliasi yang tersedia di Accesstrade.

2. Adsense

Bicara menghasilkan uang lewat blog kayaknya semua bakal setuju kalau Adsense adalah pilihan yang paling populer. Kalau sudah diapprove, tinggal naikin trafik sebanyak-banyaknya supaya sering/cepet gajian dari Adsense.

Meski begitu, menurut saya Google Adsense bukan cara menghasilkan uang yang paling beginner-friendly.

Pertama, approvalnya cukup sulit buat yang masih pemula banget, beda sama yang dah expert dan bisa ternak akun Adsense buat dijual lagi, xixixi. Makanya jangan heran kalau artikel dan pertanyaan seputar ‘cara cepat diterima Adsense’ masih sangat laris.

Kedua, butuh trafik tinggi kalau mau cepat gajian. Bayangin, minimum penarikan dana dari Adsense adalah $100. Kalau CPC-nya kecil (dan kayaknya iya kalau ngincer trafik Indonesia), bakal lama banget ngumpul saldo segitu. Dari pengalaman, saya baru bisa WD pertama setelah Adsense jalan 6-8 bulan.

Ketiga, syaratnya ketat dan rawan banned. Google sendiri pengennya ada sistem yang fair baik buat publisher maupun pihak advertiser. Makanya kalau ada yang curang dikit bisa langsung di-sleding sama Google. Dan lucunya, banyak kejadian akun Adsense yang kena warning justru bukan karena kesalahan si pemilik tapi karena ulah pengunjung sirik yang iseng nge-jingling, bom klik, sampai ngalihin trafik ke situs-situs tak pantas. (tolong jangan ditiru yah!)

Meski punya banyak kekurangan, bukan berarti Adsense tidak layak dicoba. Lumayan kan cuma modal pasang iklan dah bisa dapet duit. Cuma jangan harap cepet gajian kalo trafiknya masih seret!

3. Jual Spot Iklan

Selain pakai iklan Adsense, kita bisa juga mendapatkan uang dari iklan dengan menyediakan spot khusus iklan. Spot iklan ini nantinya bisa disewakan dalam jangka waktu tertentu.

Kalau kamu punya trafik yang bagus, punya spot iklan sendiri akan lebih menguntungkan. Dari pengalaman saya, spot iklan di posisi tertentu di blog saya pernah ditawar hingga 20 kali lipat bila dibandingkan pendapatan Adsense bulanan dari spot yang sama. Enaknya lagi, pendapatan sudah pasti didapat dan ditransfer langsung ke rekening kita tanpa harus nunggu saldo kumpul dulu.

4. Sponsored Post / Content Placement

Buat yang punya blog dengan nilai branding yang tinggi, siap-siap deh dapat tawaran sponsored post atau content placement dari brand yang berkutat di niche blog kamu.

Well, kadang gak satu niche juga sih. Saya punya blog panduan blogging tapi pernah dapat tawaran CP dari situs properti sama otomotif. Sayangnya saya rada idealis jadi terpaksa ditolak dua-duanya.

Kalau mau dapetin tawaran content placement kayaknya syaratnya gak terlalu tinggi. Sebagai contoh, blog ini sudah pernah dapat tawaran CP dari salah satu brand pas DA-nya masih 11 dan trafiknya juga cuma 20-30 orang aja perharinya. Bedanya mungkin blog ini lumayan aktif IG-nya gara-gara sering posting info lomba blog. Kalau gak sabar nungguin, kamu juga bisa aktif nawarin jasa content placement di forum atau Facebook fans page.

Nah, kalau dah dapet tawaran CP, biasaya paling pusing itu nentuin harga. Berapa sih pasarannya?

Hmm, klo ini sih saya juga gak tau sih sebenarnya, hihihi. Cuma dulu klo di awal saya suka tanya balik sama yang nawarin, “berani bayar berapa?” Kalo agak lumayan ya diambil, itung-itung harga perkenalan sekalian bikin tebel portfolio. Lagian pakai cara ini saya jadi punya brand langganan yang dah bolak-balik kasih kerjaan content placement.

(Btw, klo punya tips bagus boleh juga dong dishare di sini)

5. Lomba Blog

Buat yang hobi menulis, coba adu skill kamu di ajang lomba blog. Setiap bulan biasanya ada saja lomba blog yang diadakan sama brand-brand besar atau individu. Hadiahnya pun beragam mulai dari sekedar pulsa sampai hadiah mevvah kek mobil/motor.

Saya sendiri baru beberapa kali menang meski gak jadi juara. Tapi disyukuri aja bisa punya kesempatan nikmatin duit dari lomba. (Hmm, jadi kebayang gimana rasanya jadi kak Nodi yang sering banget jadi juara di lomba blog, xixixi)

Btw buat kamu yang mau tau info lomba blog dan kontes SEO terkini, cek langsung cek blogrumahan. Jangan lupa pantengin IG-nya juga yah!

Cek Instagram @blogrumahan buat dapetin info lomba blog dan kontes SEO terbaru.

6. Safelink

Safelink adalah cara menghasilkan uang cuma modal bikin link pendek aja. Semakin banyak yang ngeklik semakin banyak juga dapetnya. Buat yang punya blog download, safelink adalah cara dapetin duit yang paling ampuh dibanding Adsense, dkk.

Saya sendiri termasuk telat kenal cara cari duit beginian, padahal dari dulu sering banget liat contohnya kalau lagi main ke blog download. Sejak kenal safelink di kontes SEO-nya safelinkblogger, iseng-iseng saya mulai bangun blog download. Cuma berhubung masih baru, dapatnya masih recehan. Yang gede justru dapat dari komisi referalnya 🙂

7. Jual Backlink

Hmm, bingung juga mau masukin ini bareng content placement atau gak? Karena konsepnya hampir mirip. Intinya pasang satu artikel yang punya backlink dofollow ke yang pesan artikel.

Cuma dari pengalaman saya, orang yang beli link kadang lebih seneng beli backlink di salah satu artikel kita yang dah populer. Kebetulan saya pernah dapat tawaran ini di salah satu artikel saya yang punya peringkat tinggi. Dulu kepikiran lumayan juga tinggal kasih link dapet duit Rp150.000. Sekarang sih saya mungkin lebih pilih-pilih, apalagi link seperti ini kan ditanam di pos kita yang paling bagus. Mending dimanfaatin buat bangun authority blog kita sendiri.

Btw buat yang serius pengen jualan backlink, bisa coba daftar di RajaBacklink. Tinggal daftar, pasang tarif, terus tunggu deh orderan pertama kamu.

Penutup

Selain cara-cara di atas, sebenarnya masih banyak lagi cara untuk menghasilkan uang lewat blog. Tinggal disesuaikan aja sama jenis blog yang kamu punya.

Satu hal penting yang harus kamu tahu sebelumnya, cari duit lewat blog bukan perkara mudah. Ada yang baru mulai sudah bisa langsung dapat uang, tapi banyak juga yang sudah setahun ngeblog masih belum dapat apa-apa.

Kalau kata master-master yang sudah dapat jutaan rupiah per bulannya sih, kuncinya tekun dan mau banyak belajar. Lagian kalau mau hasil instan kayaknya lebih bagus jualan online dibanding ngeblog, hihihi. So, tetap semangat yah brosis!

28 thoughts on “Cara Saya Menghasilkan Uang Lewat Blog

  1. Aku new blogger dan masih memahami semua cara-cara di atas. Tapi, belum nyoba mengaplikasinya sih, soalnya masih pengen fokus nulis-nulis artikel sesuka hati. Temanya suka2, tapi belajar memperbaiki tulisannya terus menerus.

    Terima kasih Kak.

    1. Justru lebih bagus seperti itu menurut saya, fokus di konten dulu aja sambil pelan-pelan memperbaiki kualitas tulisan. Dulu juga saya begitu soalnya, jadi pas dimonetasi lebih mudah 🙂

  2. Dulu saya pernah yang nomor 4, ditawari content placement. Jujur karena baru pertama kali, jadi bingung nentuin harga. Akhirnya dengan kesepakatan bersama, terjadilah kerjasama. Tapi sayang sekarang perusahaannya tutup. Dan karena dulu domain saya belum ganti, jadi ketika pindah, kontennya pun gk saya pindahkan, masih di domain lama.

    Perusahan streaming legal btw.

    1. Wah, keren tuh kalau tawaran CP-nya dari perusahaan streaming legal. Jadi inget dulu pertama kali dapat tawaran CP juga saya bingung nentuin harganya, akhirnya ikut harga klien aja. Selanjutnya jg ttp begitu karena pengen bikin portfolio biar keren banyak yang ngajak kerjasama 🙂

  3. Waahh keren ini, saya baru gajiannya di sponsored post hahaha.
    Kebanyakan blogger wanita kayaknya lebih suka jualan backlink 😀

    Sebenarnya agak tertarik ama adsense dan mulai belajar membidik CPC gede, lumayan terihat sih duit yang kekumpul tapi masih keciill banget.

    Dan rata2 untuk itu kudu mikir lama buat nulis sebuah postingan.

    Malah sakit kepala saya, ga nulis2 hahaha

    Btw, serem banget ya dunia iri2an zaman sekarang hiks

    1. Iya, klo diliat-liat kayaknya memang yang blogger wanita banyak main di CP/backlink. Untuk Adsense kalau sudah punya trafik tinggi bisa dicoba, saya liat kak Rey dah pasang juga y 🙂 Klau mau cepet gajian harus pasang strategi khusus. Gak cuma konten, pemilihan jenis iklan sama penempatannya juga ngaruh soalnya. Semangat kak!

  4. wah pengalaman yang sangat menarik ini gan, bisa ane cobain nih buat cari uang di internet, jadi semangat nih ternyata ngenet bisa dapetin duit ya, lumayan ya bisa buat beli kuota internet dan perpanjang blog 😀

    1. Haha, iya mas. Saya juga dulu kepikiran yang penting bisa nutup beli paket internet sama biaya hosting + nama domain dulu. Alhamdulillah dapetnya lebih dari itu malah 🙂

  5. Wah…. informatif banged. Aku malah cuma hobby aja nulis tapi kalo ada yg nawarin cuma dpt voucher nginep jg diambil atau dapat voucher belanja dan hanya bingkisan hehe hitung-hitung menyenangkan. Tapi baca ini jadi kepikiran enak juga kalo dapat uang banyak dari ngeblog ya.

    Btw.. Lazada dan teman2nya mang suka ada ya.. pantes kalo paa buka blog seseorang ada iklannya gitu. 😁😁

    Maklum tukang hobby nulis yg gaptek dunia blogging.
    Permisi.
    Pamit

    1. Yah bu, dah pamit aja, ngopi dulu … eh, puasa ding 🙂
      Buat saya kalau bisa ngeblog sambil nyari duit kenapa nggak? yang penting sih jangan terlalu berlebihan aja sampe ngganggu pembaca. Pilihannya juga banyak, gak melulu harus ngandelin iklan adsense aja.

    1. Iya, klo adsense dari pertamanya aja dah sulit, proses approvalnya kadang bisa berbulan-bulan, belum lagi pas proses verifikasi nungguin pin juga bisa cukup lama.

  6. Dilihat dari gambar diatas lumayan juga besarnya komisi program afiliasi, ya …

    Cuma, apakah diperbolehkan blogger mengikuti program afiliasi setelah blognya dimonetisasi oleh google?.

    1. Iya, karena kebetulan saya ikut program afiliasi hosting yang memang lumayan besar komisinya. Enaknya bisa dibarengin sama iklan Adsense, jadi gak masalah 🙂

      1. Lengkap bgt infonya untuk pemula macam emak gaptek macam saya ehehe.. Yg saya kenal baru adsense dan disuruh orang mempromosikan produknya. Adsense blm pernah coba. Keder. Blog saya cuma alakadarnya dan gratisan 😊
        Tapi kaget juga sih kmaren ada yg nawari untuk menulis tentang produknya, trus saya dikasi recehan. Lumayan buat beli pulsa. Soalnya saya tahunya blog itu ya cuma untuk nulis saya pribadi saja. Eh tahunya bisa menguntungkan juga. Tapi Kalau untuk blog gratisan apa ada ya yg bisa sukses?
        Penasaran.

        1. Pakai blog gratisn bisa banget kok mba pakai Adsense, selama trafiknya besar pendapatnnya bisa lumayan. Bicara penghasilan, ada kok blog gratisan yang bisa sukses, contoh yang paling fenomenal mungkin blognya Linda Ikeji yang katanya sih bisa dapet di atas 1 milyar per tahun. Cuma memang jarang kasus seperti ini jadi agak sulit dicontoh.

          Kalau tertarik sama content placement, coba upgrade blognya pakai domain sendiri mba biar blognya lebih menarik di mata klien. Jd gpp kalau mau tetep pakai Blogger / Blogspot yang penting alamatnya pakai domain sendiri, jadi gak ada embel-embel .blogspot.com-nya.

    1. Iya, kalau adsense memang cukup lama kalau trafiknya kecil. Sya juga pas dah tembus 1,000 pv/day baru mulai kelihatan hasilnya meski belum rutin juga gajiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *