cara mengusir binatang kalajengking dari rumah
Info

7 Cara Mengusir Binatang Kalajengking Dari Rumah

Kalajengking rasanya menjadi salah satu hewan yang tidak kita ingin jumpai di dalam rumah. Bagaimana tidak, selain punya bentuk yang cukup seram, bisa yang ada pada ekornya cukup berbahaya untuk manusia.

Bisa dari beberapa jenis kalajengking memang tidak akan membunuh manusia. Tapi efeknya tetap saja membuat kita tidak nyaman seperti demam atau bengkak pada bagian tubuh yang tersengat.

Jadi jika melihat hewan tersebut di rumah, tangkap dan segera usir hewan tersebut daru dalam rumah.

Kalau kamu takut untuk menangkapnya sendiri, ada beberapa cara mengusir binatang kalajengking dari rumah yang bisa kamu coba.

Cara Ampuh Mengusir Kalajengking Masuk Rumah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir kalajengking dari rumah. Dan sebagai pencegahan, ada beberapa tips agar serangga yang mengganggu seperti kalajengking tidak masuk ke dalam kamar dan rumah kamu.

1. Gunakan Tanaman Lavender

Lavender yang memiliki nama latin Lavandula Afficinalis adalah tanaman berbunga yang berasal dari daerah Laut Tengah Selatan hingga Afrika.

Tidak hanya memiliki tampilan yang bagus, bunga ini juga memiliki aroma yang khas dan memberi terapi relaksasi bagi orang yang menciumnya. Namun tidak cuma itu, kandungan zat linalool dan lynalyl asetat yang terkandung di dalam bunga lavender ternyata ampuh untuk mengusir beragam jenis serangga, termasuk kalajengking.

2. Gunakan Obat Serangga

Jika kamu tidak ingin menanam bunga lavender, kamu bisa menggunaan obat serangga yang memiliki khasiat yang sama.

Sebenarnya menggunakan obat serangga saja tidak cukup untuk membunuh kalajengking. Tapi menggunakan obat serangga bisa membantu mengusir kalajengking yang sudah terlanjur masuk ke dalam rumah.

Tidak hanya itu, kita juga bisa menyemprot sarang kalajengking dengan obat serangga agar mereka tidak kembali lagi ke sarangnya. Hal ini bisa dilakukan di siang hari saat kalajengking sedang berisitirahat di sarang mereka.

3. Gunakan Cairan Pemutih

Jika kamu tidak memiliki obat serangga di rumah, kamu bisa membuat cairan pembasmi serangga dengan mencampurkan air dan pemutih pakaian. Cairan ini nantinya bisa kamu semprotkan saat ada serangga berbahaya yang masuk ke dalam rumah. Selain itu, kita juga bisa menuangkan cairan pemutih ini pada sarang serangga.

4. Bersihkan Pekarangan

Untuk mencegah kalajengking masuk ke dalam rumah, cara paling ampuh adalah dengan membersihkan lingkungan sekitar kita agar tidak menjadi sarang serangga.

Serangga kecil seperti ini biasanya menggunakan dedaunan kering, potongan kayu, bebatuan, hingga tumpukan barang-barang bekas sebagai tempat mereka bersembunyi. Jadi jika ingin mencegah binatang kalajengking masuk ke dalam rumah, kita bisa mulai dengan membersihkan dan merapikan halaman rumah kita.

Jika masih ada banyak sampah dauh berserakan, segera buang/bakar sampah tersebut. Jika terdapat barang bekas yang tertumpuk di halaman, segera buang jika sudah tidak terpakai. Selain itu potonglah rumput yang sudah terlampau tinggi.

5. Gunakan Lem Tikus

Meski namanya lem tikus, alat ini bisa dipakai untuk memperangkap hewan apa saja yang melaluinya, termasuk kalajegking.

Perangkap berupa lem yang sangat rekat ini bisa denga mudah ditemui di mana saja, mulai dari warung kelontong, mini market, hingga via aplikasi belanja online.

Agar lebih efektif, letakan perangkat lem tikus pada tempat gelap yang berpotensi untuk dilalui hewan. Selain itu kita juga bisa meletakan perangkap tersebut dekat sumber air atau dekat pintu keluar masuk rumah.

6. Tutup Celah Dalam Rumah

Dengan ukuran badannya yang relatif kecil, kalajengking bisa masuk ke dalam rumah melalui celah dan lubang yang tidak tertutup. Sebagai contoh, celah pada pintu atau pada tembok bisa menjadi jalan masuk bagi serangga kecil seperti kalajengking, kecoak, atau ketonggeng.

Sebagai langkah pencegahan, kita bisa menutup lubang-lubang tersebut agar rapat kembali. Jika kita tidak ingin menutup lubang, kita bisa memakai kain kasa berbentuk jaring agar lubang bisa tertutup tanpa menghambat aliran udaranya.

7. Cara Mengusir Kalajengking dengan Garam, Bisa?

Satu cara yang menjadi mitos dalam mencegah hewan masuk ke dalam rumah kita adalah dengan menaburkan garam di sekitar rumah. Namun apakah cara mengusir kalajengking dengan garam ini efektif atau tidak masih belum terbukti secara ilmiah.

Jika ingin memanfaatkan bahan dapur, kita bisa menggunakan cuka putih untuk mengusir binatang kalajengking dari rumah. Zat yang terkandung pada cuka putih diklaim dapat meracuni dan merusak sensor pada tubuh kalajengking.


Bagaimana, ada banyak kan cara mengusir binatang kalajengking dari rumah?

Jika kamu cukup berani, mengambil dan membuangnya adalah jalan tercepat untuk mengatasi masalah ini. Dan untuk mencegahnya, kita bisa menggunakan beberapa tips mengusir kalajengking di atas.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *