Cara mengatasi dehidrasi selama bulan puasa

7 Cara Mengatasi Dehidrasi Selama Berpuasa

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Makanya, agar bisa berfungsi secara optimal, kadar cairan dalam tubuh harus tetap terjaga.

Saat tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Saat dehidrasi, maka kadar gula darah, garam, dan mineral tubuh menjadi terganggu. hal ini pun membuat tubuh menjadi terganggu.

Dehidrasi sendiri terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari ringan hingga berat. Gejala yang umumnya muncul saat dehidrasi adalah mengeringnya anggota tubuh, terutama di sekitar mulut. Selain itu, gejala lain yang biasanya muncul saat dehidrasi adalah sakit kepala, mudah lelah, hingga sembelit. Pada kondisi yang lebih parah, dehidrasi bahkan bisa merusak organ tubuh lho!

Nah, saat berpuasa, kita tidak bisa mengganti cairan tubuh dengan segera. Inilah yang membuat orang yang berpuasa rentan mengalami dehidrasi.

Tapi tenang, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa!

Cara Agar Terhindar dari Dehidrasi Selama Bulan Ramadhan

1. Minum Air Dalam Jumlah yang Cukup

Berdasarkan banyak penelitian, manusia membutuhkan setidaknya 2,5 liter air, atau setara dengan 8 gelas air mineral per harinya. Jika aktifitasnya lebih berat, air yang dibutuhkan akan lebih banyak

Saat berpuasa, kita tidak akan bisa meminum air dalam waktu yang cukup lama. Makanya, agar asupan cairan tetap terjaga, kita bisa membagi jumlah air itu agar dapat dipenuhi saat berbuka puasa.

Salah satu metode yang populer adalah minum dengan pola 2-4-2. Dengan pola ini, kita dianjurkan untuk minum 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas air saat berbuka puasa, serta 2 gelas air lagi di malam hari. Dengan begitu, kebutuhan cairan harian kita bisa tetap terjaga meski harus seharian berpuasa.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran

Cairan tidak hanya bisa didapat dari minuman saja, tetapi juga dari makanan. Makanya, jika kamu tidak suka minum terlalu banyak air, pilihlah makanan yang kaya dengan cairan. Enak kan, perut kenyang, kebutuhan cairan kita pun terpenuhi.

Beberapa makanan yang banyak mengandung air dan baik dikonsumsi selama berpuasa adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Tidak hanya mencegah dehidrasi, buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang pastinya baik untuk menjaga tubuh agar tetap fit selama berpuasa.

3. Kurangi Garam

Duh, makan tanpa garam sih pastinya bikin makanan terasa hambar yah! Buat orang indonesia yang punya ciri khas bumbu yang kuat, meninggalkan garam rasanya bakalan berat. Tapi selama berpuasa, ada baiknya kalau kamu membatasi pemakaian garam dalam masakan.

Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat membuat kita merasa lebih cepat haus. Ini karena garam memiliki pengaruh besar dalam pengaturan cairan dalam tubuh. jadi jika kita ingin menghindari dehidrasi saat berpuasa, coba deh kurangi asupan garam harian kamu!

4. Kurangi Kopi dan Teh

Hindari kopi dan teh untuk mengatasi dehidrasi selama berpuasa

Sama seperti garam, ada baiknya kalau selama berpuasa, konsumsi kopi dan teh juga dibatasi. Ini karena kafein bersifat diuretik yang dapat mengurangi banyak cairan dan membuat kita lebih cepat haus.

Kalaupun kita ingin mengkonsumsinya, ada baiknya dilakukan saat berbuka puasa saja, jangan di saat sahur. Tidak hanya itu, hati-hati juga dengan kadar kafein yang kamu konsumsi dari kopi dan teh. Jangan sampai pola tidur terganggu karena tubuh tidak bisa terlelap di malam hari.

5. Batasi Kegiatan Berat atau Aktifitas di Luar Ruangan

Bahkan saat kita tidak melakukan apapun, tubuh tetap akan kehilangan cairan lho! Sekarang bayangkan jika kita melakukan aktifitas berat, cairan yang hilang jelas akan lebih banyak kan!

Tidak hanya itu, beraktifitas di luar ruangan yang panas di bawah terik matahari juga bisa membuat kita kehilangan dairan tubuh dengan cepat. jadi kalau tidak perlu-perlu amat, kamu bisa membatasi kedua aktifitas ini selama berpuasa agar terhindar dari dehidrasi.

6. Kurangi Jumlah Protein dan Perbanyak Karbohidrat Saat Sahur

Dalam sebuah penelitian yang disampaikan pada pertemuan Experimental Biology, makanan berprotein tinggi ternyata bisa meembuat kita lebih cepat merasa haus dalam waktu yang cepat. Dalam penelitian tersebut disampaikan bahwa orang yang menerapkan diet protein ketat dan menghindari karbohidrat justru lebi rentan mengalami dehidrasi. Jadi untuk mencegah dehidrasi, gunakan menu makanan yang seimbang saat sahur.

7. Perhatikan Obat-obatan yang Dikonsumsi Saat Berpuasa

Jika kita mengkonsumsi obat-obatan selama berpuasa, pastikan kalau obat tersebut aman untuk dikonsumsi selama berpuasa. Beberapa obat memiliki efek samping seperti buang air kecil/besar terus menerus yang pastinya bisa membuat kita lebih banyak kehilangan cairan. Tidak hanya obat-obatan, ada juga suplemen vitamin dan nutrisi yang juga memiliki efek yang sama. Jadi sebelum dikonsumsi, pastikan kamu sudah berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter yah!

8. Pilih Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Olahraga secara rutin selama bulan puasa akan membuat tubuh tetap fit dan bugar selama beraktifitas di siang hari.

Namun karena kita tidak bisa menggantikan cairan tubuh dengan cepat di siang hari, kita harus pintar-pintar mengatur jadwal olahraga selama bulan puasa.

Sebagai langkah awal, kita bisa melakukan olahraga ringan saja seperti jalan kaki. Hindari aktifitas berat seperti olahraga cardio yang akan menguras stamina. Jika ingin melakukannya, kita bisa memilih waktu sore hari menjelang berbuka, atau di malam hari setelah berbuka.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *