Cara Mendapatkan Uang Dari Bitly. Beneran Bisa?

cara mendapatkan uang dari bit.ly

Baru-baru ini ada yang tanya ke admin tampan ini, “bang, emang bisa y pake bitly buat dapetin duit?” Lha, saya malah baru tahu. Usut punya usut, ternyata ada yang bikin artikel cara mendapatkan uang dari bitly.

Duh, baca artikelnya cuma bisa ketawa aja. Mungkin yang bikin juga gak cobain dulu makanya kurang tahu kalau cara kerja bit.ly itu beda sama URL shortener yang membayar.

Jadi, apakah bitly membayar?

Jawabannya jelas tidak!

Kalau cek artikel yang ada, jawabannya cuma muter-muter aja nyuruh daftar ke bit.ly, bikin link pendek, terus bagiin ke blog atau sosial media.

Kalaupun bisa dapat uang dari bitly, caranya ya cuma pakai link pendek bitly buat redirect link tersebut ke artikel landing page kita. Selain itu kita juga bisa pakai bitly buat ‘menyembunyikan’ link afiliasi kita. Lha, kalau ini sih bukan link yang menghasilkan uang secara langsung namanya!

Btw biar lebih yakin, coba deh sekali-kali main ke situs resminya bitly.

Di situ sama sekali tidak ada keterangan kalau user bisa mendapatkan uang dari layanan pemendek link ini.

Dan kalau lihat halaman pricing-nya, tidak ada satupun skema, baik yang Free, Basic, Premium, atau Enterprise yang bicara masalah cara mendapatkan uang dari bitly.

Terus apa fungsinya bitly?

Kalau kamu sudah familiar dengan shortlink atau safelink yang membayar, maka bitly tidak jauh berbeda. Bedanya bitly tidak akan memberikan komisi untuk setiap klik pada link yang telah dipendekkan.

Bit.ly biasanya memang khusus dipakai buat memendekan link doang dan melihat seberapa banyak orang yang mengklik link tersebut. Hal ini bakalan berguna banget buat kamu yang bikin campaign dan pengen lihat seberapa banyak interaksi yang kamu dapat.

Layanan dari Bitly sendiri bisa kamu gunakan gratis dengan beberapa fitur seperti:

  • Membuat link hinggga 1,000 link per bulan tanpa ada batasan jumlah klik
  • Memberi tag dan mengelompokan link dalam kategori tertentu
  • Custom back-half di mana kamu bisa membuat link dengan nama kustom seperti bit.ly/NamaLink. Pada akun gratis, kamu bebas membuat 50 link kustom setiap bulannya.
  • Melihat history dan performance metric untuk setiap link selama 30 hari terakhir

Kalau kamu mau menggunakan fitur tambahan seperti custom domain, branded links, dan lain sebagainya, kamu bisa melakukan upgrade akun mulai dari $29 per bulannya.

Terus bagaimana cara membuat link yang menghasilkan uang?

Waduh, kalau ini sih gampang banget. Kamu cuma tinggal cari layanan pemendek url, shortlink, safelink, atau URL shortener yang membayar aja. Biar gak bingung cari-cari, cek aja rekomendasi shortlink terbaik yang sudah dikumpulin blogrumahan.

Daftarnya gratis. Kalau sudah, kamu bisa langsung bikin link pendek dan dibagikan ke sosial media dan blog. Untuk setiap klik unik, kamu bakalan dapat komisi menarik. Dan kalau saldonya sudah terkumpul, kamu bisa melakukan penarikan lewat berbagai macam cara mulai dari pulsa, token listik, OVO, Gopay, Paypal. atau Bitcoin.


Kesimpulannya, bitly bukanlah URL shortener yang membayar. Jadi kamu gak bakal bisa dapat uang lewat bitly. Kalaupun mau mendapatkan uang dari link tersebut, kamu bisa memanfaatkan bitly untuk menyingkat link afiliasi supaya tidak kelihatan mencurigakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *