cara mencari ide tulisan untuk blog
Blogging

7 Cara Mencari Ide Tulisan Untuk Blog

Bingung cari ide tulisan yang pas buat blog kamu? lha sama, saya juga lagi pusing nih!

Tapi gara-gara pusing itu saya malah jadi ada ide tulisan buat bikin artikel ini. Nah, biar gak ikutan pusing juga, langsung aja cek daftarnya di sini. Siapa tahu bisa membantu kamu mendapatkan ide tulisan untuk blog.

Cara Mencari Topik untuk Ko nten Blog

1. Manfaatkan Tools Online Gratis

Cara yang paling gampang buat cari ide tulisan adalah dengan menggunakan tools online gratis. Toolsnya juga ada banyak banget, jadi kamu tinggal pilh aja salah satunya.

Sebagai contoh, ada tools online yang bisa bikin kita tahu konten apa aja yang populer di blog kita. Selain Google Analytics, kamu juga bisa lihat statistik semacam ini di Google Search Console.

Kalau sudah tahu konten apa yang paling dicari pembaca, kita bisa mengembangkan tulisan berdasarkan konten tersebut.

Untuk mencari ide tulisannya kita juga bisa pakai tools online gratis lainnya seperti Ubersuggest atau KeywordTool.io. Tinggal masukin saja tema yang mirip, nanti kamu bisa dapat kata kunci lain yang masih berhubungan sama konten blog kamu yang populer.

Kalau sudah dibuat, jangan lupa kasih internal link supaya rankingnya bisa kedongkrak. Selain itu kasih tag/label yang sama supaya pengunjung juga bisa cek konten yang sama dengan mudah kalau kamu pasang related post di bagian bawah artikel.

2. Cek Sosial Media

Akun sosial media bisa jadi sumber ide yang gak bakal ada habisnya. Syaratnya kamu banyak follow blog atau orang lain yang main di niche yang sama. Dengan begitu postingan orang lain bisa jadi inspirasi menulis kamu selanjutnya.

3. Cek Grup Facebook atau Forum

Untuk mempromosikan blog, kita sebenarnya bisa mengikuti grup Facebook atau Forum yang sesuai dengan niche kita. Di situ kita juga bisa membantu menjawab pertanyaan dengan menautkan link artikel yang sudah kita buat. Meski begitu saya juga tidak terlalu menyarankannya karena kadang di grup semacam itu ada saja member yang iseng. Tapi kamu tetap bisa mengikuti grup Facebook atau Forum dan menjadikan pertanyaan para membernya sebagai ide menulis.

4. Cek Situs Tanya Jawab

Selain cara di atas, kamu juga bisa cek situs tanya jawab untuk mendapatkan ide tulisan. Salah satu situs semacam ini adalah Quora di mana setiap orang bebas bertanya dan memberikan jawaban. Tema yang bisa kamu temukan di sini pun sangat beragam mulai dari politik, sains, teknologi, parenting, hingga masalah asmara lho!

Jika kamu sudah mambuat artikel yang menjawab salah satu pertanyaan di Quora, jangan malu juga unutk memposting jawaban kamu beserta link artiklenya supaya bisa dapat backlink gratis (nofollow) dan tambahan trafik juga.

5. Jawab Pertanyaan Pembaca

Saat membuat konten jangan cuma hanya bisa menulis saja, kamu juga harus bisa tanggung jawab atas tulisan tersebut dan menjawab pertanyaan dari pembaca. Kalau pertanyaan yang diajukan ternyata belum sempat dibahas pada artikel yang kamu buat, berarti kesempatan nih buat dibikin jadi artikel baru.

6. Blogwalking

Buat yang belum pernah blogwalking, coba deh sesekali.

Selain jadi kenal sama bloger lain, kamu juga bisa cari-cari inspirasi buat konten blog kamu sendiri.

7. Menerima Guest Posting

Menerima guest posting atau artikel tamu artinya kita memperbolehkan orang lain untuk menulis di blog kita dengan imbalan backlink. Kalau caranya kayak gini sih kita cuma perlu duduk manis. Kalau metrik blognya bagus, pelamar bakalan datang dengan sendirinya. Tapi tetap harus dipromosikan.

Cuma kalau mau menerima guest posting kamu harus kasih syarat khusus supaya artikel yang kamu dapat juga datang dari bloger yang niat. Dan satu hal lagi, jangan kebanyakan menerika guest posting. Selingi juga dengan artikel asli buatan kamu sendiri.

8. Ikut Lomba Blog

Sesuai namanya, lomba blog adalah lomba menulis khusus untuk bloger. Kenapa bisa jadi sumber ide tulisan? karena di setiap lomba blog biasanya sudah ada tema yang disediakan, jadi kita tinggal mengembangkannya saja.

Buat yang belum pernah coba bisa langsung cek daftar lomba blog sekarang. Selain menambah ide tulisan, ikut lomba blog juga punya manfaat lain seperti meningkatkan kualitas tulisan, dapat hadiah menarik, kenal sama bloger lain, sampai jadi terkenal. huehue.

9. Santai Dulu Lur!

Kalau ide tulisan yang biasanya datang bertubi-tubi tiba-tiba kering kerontang, bisa jadi kamu lagi jenuh ngeblog lur. Makanya kalau dah mumet coba santai dulu, cari aktivitas lain selain ngetik atau ngeblog supaya otak bisa jadi lebih segar dan mudah dapat ide-ide baru.


Salah satu tantangan menjadi seorang bloger adalah sulitnya mencari ide tulisan baru. Untungnya hal ini bukan maslaah besar kalau kita tahu caranya. Selain cek blog orang, kita juga bisa dapat inspirasi di platform sosial media seperti Youtube atau Pinterest.

Kalau cara-cara di atas masih belum bisa mendatangkan ide tulisan baru, coba santai dulu lur, siapa tahu otaknya lagi butuh istirahat.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *