cara dapat hosting murah
Blogging

4 Cara Dapat Hosting Murah

Dari Rp300.000-an setahun jadi hampir Rp800.000-an setahun? Bleh, punya website WordPress memang menguras kantong.

Tapi kenapa yah kalau memperpanjang hosting itu selalu lebih mahal dibanding beli baru? Kalau begini mah mending pindah hosting dibanding perpanjang di tempat yang sama!

Blogger vs WordPress?

Di Indonesia, rasanya dua platform blogging ini masih jadi pilihan utama. Kalau gak Blogger ya WordPress, apalagi kalau memang buat keperluan sendiri aja.

Buat yang mau opsi yang murah meriah, Blogger yang pakai nama domain kustom biasanya jadi pilihan.

Meskipun gratis, performa situs Blogger gak mengecewakan. Saya sih belum pernah nyoba, tapi ada yang bikin blog Blogger yang bisa nampung ribuan trafik per harinya. Kalau pakai WordPress sih jelas kudu sewa hosting yang lumayan mahal.

Untuk pengoperasian, Blogger juga beginner-friendly banget. Utak-atik sebentar, bloger pemula pun bisa langsung ngacir bikin konten. Buat tampilan juga, sekarang Blogger punya banyak template yang keren-keren.

Lha kalau Blogger bagus, kenapa masih ada yang pakai WordPress?

Kalau masalah ini sih analoginya kayak punya rumah sendiri vs ngontrak.

Namanya pakai Blogger kan berarti kita numpang sama Google. Kalau sudah pakai WordPress artinya kita punya rumah sendiri. Namanya punya rumah sendiri kan bebas mau diapain tuh rumah. Lha kalau ngontrak, kita berisik dikit aja bisa di-kick sama mamih kos, kekeke.

Serius, memang masalah kebebasan jadi poin plusnya website WordPress. Masalah utak-atik blog juga jauh lebih enak pakai WP. Poin lain yang jadi kelebihan WP ya masalah keamanan data (ini bukan yah nyebutnya). Misalnya aja, kalau kita pakai Blogger dan tau-tau ada yang ngelaporin, gak jarang kasusnya malah ketutup tuh blognya. kalau pakai WP agak lebih tangguh dan gampang di–build lagi kalau kenapa-kenapa.

Dan mempertimbangkan banyak hal lainnya, WP masih lebih worthed lah buat yang pengen serius ngeblog.

Terus Bagaimana Caranya Dapat Hosting Murah?

Meski harga dan perpanjangan hosting cukup mahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hosting murah. Gak cuma murah, kamu juga bisa dapat hosting gratis kalau mau sedikit berusaha. Lalu apa saja cara-caranya?

1. Ikutan Promo Hosting Gratis

Percaya atau tidak, ada beberapa penyedia hosting yang menyediakan program hosting gratis bagi penggunanya. Syaratnya pun cukup mudah karena kita hanya perlu mengikuti akun sosial media hosting tersebut saja. Kalau pun ada syarat tambahan rasanya tidak ada yang memberatkan.

Sebagai contoh, hosting yang saat ini sedang mengadakan promo hosting gratis adalah Niagahoster. Caranya pun mudah karena kita cuma perlu like & share fanspage Niagahoster, pilih nama domain, dan isi data-data diri. Kalau kamu beruntung, ada satu hosting dan domain gratis yang dibagikan setiap minggunya.

2. Manfaatkan Promo Migrasi Hosting

Buat yang merasa harga perpanjangan hostingnya jadi mahal, coba deh manfaatkan promo migrasi hosting. Promo semacam ini bisa ditemukan hampir di setiap penyedia hosting sebagai cara untuk menggaet pelanggan baru. Harga yang ditawarkan juga kadang jauh lebih murah dibanding pesan baru.

Sebagai contoh, dulu ketika saya melakukan migrasi dari hosting lama ke IDCloudhost yang saya pakai sekarang, saya memanfaatkan promo migrasi hosting sebesar 50%. Lumayan dibanding membayar seluruh biayanya. Proses migrasi pun cukup mudah karena tim IDCloudhost memberi layanan migrasi gratis.

Jika kamu ingin memanfaatkan promo semacam ini, ada beberapa hosting yang memang menawarkan promo ini sepanjang tahun. Tapi banyak juga hosting yang hanya menawarkan paket ini saat momen tertentu saja. Jadi coba deh pantengin akun medsosnya hosting-hosting lokal menjelang pindahan hosting, siapa tahu keluar tuh promo migrasi hostingnya!

3. Gunakan Kupon Promo Hosting

Untuk menarik minat pelanggan baru, banyak penyedia hosting yang memiliki program afiliasi. Dengan affiliate marketing, penyedia hosting akan mengandalkan orang lain untuk mempromosikan hosting mereka dengan imbalan komisi.

Nah, selain banner dan link afiliasi, penyedia hosting juga biasanya menyediakan sistem kupon yang bisa dipakai affiliate marketer untuk lebih menarik perhatian konsumen. Lagian siapa sih yang gak mau kupon diskon?

Sebagai contoh, saya sering banget mempromosikan hosting Niagahoster. Kebetulan hosting ini saya pakai sendiri di blog utama saya. Dan di antara banyak hosting yang sudah saya coba, Niagahoster memang punya kualitas yang jempolan, mulai dari performa server yang bagus sampai customer service yang beginner-friendly banget.

Hanya saja, merekomendasikan hosting berkualitas lewat omongan saja masih kurang efektif. Jadi saya menyediakan juga kupon diskon hosting ini suapaya orang lain yang membeli hosting dengan kupon ini mendapatkan potongan tambahan 5%. Lumayan kan!

Pssst, masukan kode kupon “blogrumahan” saat check-out supaya kamu bisa dapat potongan 5% saat pesan hosting di Niagahoter.

4. Ikutan Lomba Blog Berhadiah Hosting Gratis

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hosting murah adalah dengan mengikuti lomba blog yang diadakan penyedia hosting. Saya sendiri lumayan sering dapat hosting gratis dengan cara ini.

Memang momennya tidak terlalu sering, tapi lihat pengalaman tahun 2019 kemarin ada cukup banyak hosting gratis yang dibagi-bagikan.


Nah, gimana? ada banyak kan solusi supaya bisa pakai hosting premium tanpa harus keluar uang banyak?

Sebenarnya di ngeblog itu gak ada tuntutan buat pakai WordPress. Kalau baru merintis, pakai Blogger juga gak masalah. Tapi kalau kamu bingung masalah dananya, tips-tips di atas bisa kamu coba di awal. Nanti kalau sudah bisa menghasilkan uang dari blog, masalah ini sih bakalan hilang dengan sendirinya, kekeke.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *