Cara cuci tangan yang benar sesuai anjuran kementrian kesehatan RI agar terhindar dari virus Corona Covid-19

Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Virus Corona COVID-19

Virus Corona COVID-19 akhir-akhir ini menjadi momok bagi warga dunia. Dengan tingkat penyebarannya yang cepat, virus ini telah menginfeksi ratusan ribu orang dan menyebabkan ribuan orang lain meninggal.

Lebih parahnya lagi, sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat menangkal virus ini meski banyak orang yang berhasil sembuh.

Karena itulah, Badan Kesehatan Dunia (WHO) hanya bisa menyarankan kita untuk menjauhi keramaian dan menjaga kebersihan, terutama pada bagian tubuh yang sering bersentuhan dengan benda asing, seperti tangan.

Jadi jangan heran yah jika kampanye mencuci tangan menjadi anjuran yang sering didengungkan agar virus Corona tidak dapat dengan mudah menyebar.

Tapi apakah kamu sudah mencuci tangan dengan benar untuk mencegah penyebaran virus Corona COVID-19?

Cara Mencuci Tangan yang Benar Sesuai Anjuran Kemenkes RI

Berdasarkan imbauan Kementrian Kesehatan RI, kita diwajibkan untuk mencuci tangan minimal selama 30 detik. Cuci tangannya pun sebisa mungkin dilakukan dengan menggunakan sabun. Penggunaan sabun diperlukan karena sifat deterjen yang bisa melarutkan ‘pembungkus’ virus Corona agar virus tersebut menjadi tidak efektif lagi.

Lalu bagaimana cara cuci tangan yang benar menurut Kemenkes RI? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini yah!

  1. Basahi tangan. Setelah itu tuang sabun pada telapak tangan dan gosok kedua tangan secara memutar.
  2. Usap juga bagian punggung tangan secara merata.
  3. Gosok sela-sela jari tangan agar kuman dan bakteri tidak lagi menempel di tangan.
  4. Bersihkan ujung jari dengan posisi mengunci.
  5. Gosok dan putar ibu jari.
  6. Letakan ujung jari ke telapak tangan lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.
  7. Keringkan dengan lap sekali pakai. Hal ini kan lebih baik dibanding mengeringkan tangan dengan alat pengering.

Setelah mencuci tangan, pastikan kamu tidak lagi menyentuh benda asing yang beresiko terpapar virus Corona, seperti kran yang kamu gunakan untuk mencuci tangan. Dengan begitu tangan kita tidak akan terkontaminasi lagi setelah bersih dicuci.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan?

Berdasarkan anjuran Center for Disease Control and Prevention (CDC), waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah

  • Sebelum, selama, dan sesudah memasak
  • Sebelum makan
  • Sebelum dan setelah merawat orang sakit
  • Setelah menggunakan toilet
  • Setelah memegang hewan atau makanan hewan
  • Setelah menyentuh dan membuang sampah
  • Sesudah bersin, batuk, dan ketika akan menyeka hidung
  • Setelah berjabat tangan

Bagaimana jika kita tidak menemukan air dan sabun?

Jika pada kondisi tertentu kita tidak bisa menemukan air dan sabun, maka kita bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Jika kamu sering bepergian, ada baiknya kamu selalu membawa hand sanitizer berukuran kecil yang mudah dibawa kemana-mana.

Untuk hand sanitizer sendiri, CDC menyarankan produk yang memiliki kandungan alkohol setidaknya 60%. Kandungan sebesar ini cukup untuk membunuh sebagian besar bakteri dan kuman yang ada di tangan kita.

Untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer, kita cukup mengoleskan gel pada tangan, lalu gosok permukaan tangan, jari, dan sela-sela jari hingga jel mengering.

Meski begitu, kamu harus tahu bahwa penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering dapat menimbulkan efek smping seperti tangan yang kering hingga luka. Karena itulah basuh tangan dengan air dan sabun setelah beberapa kali memakai hand sanitizer. Sebagai alternatif, kita bisa memakai lotion sebagai pengganti cuci tangan agar kulit tidak kering.


Bagaimana, mudah bukan? Membersihkan tangan dengan sabun bisa kita lakukan setelah bersentuhan dengan benda asing di luaar rumah kita sendiri. Jika kamu belum menemukn waktu yang tepat untuk mencuci tangan, pastikan kamu tidak menyentuh tiga bagian penting di kepala seperti mata, hidung, dan telinga agar virus tidak dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat agar imunitas kita meningkat dan membantu menurunkan resiko tertular penyakit.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *