cara cek daya listrik rumah secara online untuk pengguna token dan pasca bayar
Info

Cara Cek Daya Listrik Rumah, Bisa Lewat Online Juga!

Daya listrik rumah pada umumnya berkisar antara 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, hingga 6.600 VA ke atas. Besarnya daya listrik yang terpasang akan menentukan berapa banyak perangkat listrik yang bisa kita pakai di rumah.

Jadi jika kita ingin menambah perangkat elektronik baru, pastikan total dayanya nanti tidak melebihi daya listrik rumah. Nah, buat yang masih ragu berapa daya listrik yang terpasang di rumah kamu, simak dulu yuk cara cek daya listrik rumah berikut ini.

Cara Mengetahui Daya Listrik Rumah

1. Cek Kode CL pada Meteran Listrik

Cara paling mudah adalah dengan cek kode CL pada meteran listrik. Kode CL ini bisa kamu lihat pada Miniature Circuit Breaker (MCB) yang ada pada meteran tersebut. Nilai pada kode ini merepresentasikan besarnya daya listrik rumah, misalnya

CL 2450 VA
CL 4900 VA
CL 61300 VA
CL 102.200 VA
CL 163.500 VA

Agar lebih mudah menghafal tabel di atas, kita cukup mengkalikan nilai CL dengan besar tegangan dari PLN (220 V). Sebagai contoh, CL10 artinya 10 dikalikan 220 = 2.200 VA.

Btw buat yang penasaran 450 VA berapa Watt? atau 1300 VA berapa Watt? Meski sama-sama dipakai untuk menyebut daya listrik, ada perbedaan mendasar di antara keduanya. VA umumnya dipakai untuk menyebut daya semu yang biasa dipakai untuk perhitungan indikator dan pengamanan alat-alat listrik. Sedangkan satuan Watt dipakai untuk menyatakan daya aktif yang mempertimbangkan faktor daya / power factor (PF).

Power Factor atau Cos Phi sendiri merupakan perbandingan antara daya semu dan daya tampak. Nilai power factor berkisar antara 0.0-1.0. Semakin besar nilainya, semakin baik pula efisiensi dayanya. Hubungan VA dan Watt bisa dilihat pada rumus berikut ini

P (W) = 1.000 x S (KVA) x PF

Jika nilai PF sempurna (1) maka nilai daya dalam VA akan sama dengan Watt. Namun pada kenyataannya nilai daya dalam Watt akan lebih kecil dibanding VA karena faktor PF.

2. Cek Daya Listrik Rumah Lewat Aplikasi

Jika kamu sedang tidak di rumah, cara mudah untuk mengetahui daya listrik rumah adalah melalui aplikasi pengisian token listrik. Sebagai contoh, kamu bisa cek daya listrik rumah melalui aplikasi e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia yang menyediakan fitur pembelian token listrik dan pembayaran tagihan listrik.

Caranya sendiri sangat mudah. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan Tokopedia, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Tokopedia
  • Cari menu TOP-UP & TAGIHAN ► LISTRIK PLN
  • Pilih JENIS PRODUK LISTRIK (Token atau Tagihan) lalu masukan nomor IDPEL atau nomor meteran listrik
  • Klik tombol LANJUT
  • Pada halaman selanjutnya, akan ada info seperti nama, tarif, serta daya yang digunakan
cek daya listrik rumah lewat aplikasi
cara mengetahui daya listrik rumah tangga lewat aplikasi

3. Cek Daya Listrik Secara Online

Cara terakhir yang bisa kamu pakai untuk memeriksa daya listrik rumah adalah dengan mengunjungi situs layanan PLN. Layanan ini bisa dipakai untuk mengetahui info pelanggan, baik pengguna token / pra bayar atau pasca bayar. Caranya?

  • Masuk ke situs layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html
  • Pilih menu IDPEL (Token/Pra Bayar) atau NOMOR METER (Pasca Bayar)
  • Masukan nomor IDPEL atau nomor meteral listrik
  • Klik tombol CARI
  • Jika sudah kamu bisa melihat info pelanggan pada bagian bawah situs ini
Cara cek daya listrik secara online lewat situs layanan PLN

Bagaimana, mudah kan cara cek daya listrik rumah kamu sendiri?

Kalau sudah tahu besarnya daya yang terpasang di rumah, kita jadi tahu apakah listrik rumah cukup jika kita ingin menambah perangkat baru. Dan kalau ternyata sudah tidak kuat, kita bisa mempertimbangkan untuk menambah daya listrik tersebut.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *