Metode Pembayaran Belanja Online Selain Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit saat belanja online adalah cara mudah untuk membayar tagihan secara online. Tidak hanya praktis dan cepat diproses, kartu kredit memiliki banyak keuntungan seperti cashback atau poin yang nantinya bisa dikumpulkan dan ditukar dengan uang.

Namun jika kamu tidak memiliki kartu kredit, jagnan khawatir! Masih ada banyak metode pembayaran alternatif selain kartu kredit yang bisa kita pakai.

Cara Membayar Tagihan Belanja Online Tanpa Kartu Kredit

Cara bayar tagihan belanja online tanpa kartu kredit
Cara bayar tagihan belanja online tanpa kartu kredit (image: https://www.pexels.com/photo/woman-holding-card-while-operating-silver-laptop-919436/)

1. Transfer bank

Transfer bank adalah metode pembayaran yang palng umum dan banyak digunakan di Indonesia. Tidak hanya lewat ATM saja, kita juga bisa memakai aplikasi mobile banking atau internet banking untuk melakukan transfer uang.

Sayangnya cara ini memiliki kekurangan seperti proses verifikasi yang memakan waktu lebih lama, kecuali kita transfer ke virtual account. Selain itu kamu juga harus mempertimbangkan biaya admin, terutama saat kita transfer ke bank berbeda.

2. Bayar di minimarket

Minimarket kini tidak hanya menjadi tempat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari saja. Dengan jaringan yang luas dan tersebar di seluuh Indonesia, minimarket kini bisa dipakai juga untuk membayar tagihan belanja online kita.

Jika kamu tidak memiliki rekening bank, maka ini bisa jadi metode pembayaranlaternatif paling efektif. Cukup datang ke minimerket terdekat saja untuk menyelesaikan transaksi kamu. Namun sebelumnya, pastikan situs belanja yang kamu pakai sudah punya sistem pembayaran ini yah!

3. Paypal

Paypal adalah layanan yang berasal dari ide Elon Musk untuk memudahkan transaksi keuangan antar negara yang dulu terlalu rumit. Namun tidak hanya antar negara saja, Paypal juga bisa digunakan untuk transaksi online di satu negara saja, seperti Indonesia.

Penggunaan Paypal sendiri cukup populer di Indonesia dan banyak dipakai oleh pengguna yang ingin bertransaksi secara aman. Prosesnya cepat, dan uang Paypal bisa ditransfer atau dicairkan dengan mudah.

4. E-Money

Saat ini ada banyak layanan transaksi keuangan yang bisa digunakan sebgai dompet virtual untuk menampung dana kita secara online. Beberapa di antara layanan semacam ini adalah OVO, Gopay, atau DANA. Tidak hanya bisa dipakai untuk membayar transaksi belanja online, layanan ini juga menyediakan fitur agar kita bisa membayar tagihan dengan mudah.

Satu hal lain yang cukup menarik dari metode pembayaran ini adalah reward serta bonusnya.

Jika kita berbelanja di situs e-commerce seperti Shopee Bukalapak, mereka juga memiliki dompet virtual sendiri dengan fungsi yang sama. Tidak hanya bisa dipakai untuk bertransaksi, dompet virtual ini juga menjadi tempat penyimpanan dana untuk transaksi yang batal.

5. Kredit Online

Salah satu kelebihan kartu kredit adalah sistem pembayarannya yang tidak langsung menguras saldo kita. Nah, jika kamu menginginkan cara pembayaran seperti ini namun tidak memiliki kartu kredit, ternyata ada cara lainnya lho!

Beberapa layanan e-commerce seperti Tokopedia bekerja sama dengan OVO untuk menghadirkan layanan OVO PayLater. Dengan layanan ini, kita bisa berbelanja terlebih dahulu dan tidak perlu melunasi tagihan dengan cepat. Namun untuk menggunakannya, kita harus mendaftar dan melengkapi syarat-syarat yang sudah ditentukan terlebih dahulu.

6. Kartu debit online

Tidak hanya kartu kredit, kartu debit juga ada yang bisa dipakai untuk membayar tagihan online. Salah satu bank yang mengeluarkan produk semacam ini adah Jenius dari BTPN.

Tidak seperti kartu kredit, limit penggunaan kartu ini adalah murni saldo kamu, atau saldo yang sudah kamu sisihkan di kartu ini. Jadi lebih mudah dikontrol kan?

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *