bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Kesehatan

13 Bahan Alami Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Imunitas, atau daya tahan tubuh adalah perisai pertama di tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit, baik oleh kuman, bakteri, atau virus.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kita bisa menjalani pola hidup yang sehat. Selain dengan rajin berolahraga, kita juga bisa melakukannya dengan mengkonsumsi minuman dan makanan sehat yang terbuat dari bahan alami.

Jadi buat kamu yang ingin memulai hidup sehat dan tidak mudah terserang penyakit, 7 bahan alami ini bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu lho!

1. Buah Sitrus

Jika kita sedang sakit atau sedang dalam masa penyembuhan, maka salah satu suplemen yang kita cari adalah vitamin C. Vitamin C sendiri dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara membantu memperbanyak produksi sel darah putih.

Salah satu sumber alami vitamin C adalah buah sitrus seperti anggur, jeruk, jeruk nipis, lemon, atau jeruk limau. Kandungan vitamin C pada buah sitrus tergolong tinggi. Dan karena tubuh kita tidak bisa memproduksi dan menyimpan vitamin C, ada baiknya kamu mengkonsumsi makanan kaya vitamin C setiap hari.

2. Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang juga kaya vitamin C. Pada umumnya, setengah buah pepaya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita.

Tidak hanya itu, pepaya juga memiliki kandungan zat papain yang baik sebagai zat anti-inflamasi. Selain itu pepaya juga kaya akan potasium, vitamin B, dan folat yang secara umum baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Kiwi

Sama seperti pepaya, kiwi adalah buah alami yang kaya akan gizi seperti folat, potasium, vitamin K, serta vitamin C. Kandungan vitamin C-nya akan membantu meningkatkan kemampuan sel darah putih dalam melawan infeksi, sementara zat baik lainnya penting untuk menjaga fungsi organ tubuh.

4. Paprika Merah

Tahu gak sih, ternyata buah-buahan bukanlah makanan dengan kandungan vitamin C tertinggi? Siapa sangka, ternyata paprika merah memiliki kandungan vitamin C hingga dua kali lebih banyak!

Tidak hanya itu, paprika merah juga memilii kandungan beta carotene, yang tidak hanya baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga baik untuk menyehatkan kulit dan mata.

5. Brokoli

Brokoli adalah salah satu bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Brokoli adalah salah satu bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Brokoli adalah salah satu makanan tersehat yang bisa kita hidangkan kepada keluarga. Selain kaya kandungan vitamin dan mineral, brokoli juga kaya vitamin A, C, E, serta mengandung zat anti oksidan dan serat yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Untuk mendapatkan semua manfaat brokoli, jangan memasaknya terlalu lama atau dikonsumsi saja secara langsung.

6. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur yang bisa membuat masakan terasa lebih enak. Tapi siapa sangka ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat mulai dari menurunkan kolesterol, mengatur gula darah, hingga mengatasi infeksi jamur.

Tidak hanya itu, senyawa kaya sulfur seperti allicin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

7. Jahe

Jahe adalah salah satu bahan alami yang dikenal lama bisa menyembuhkan banyak penyakit. Jahe sendiri memiliki rasa khas yang terasa hangat di tubuh berkat kandungan gingerol, senyawa mirip capsaicin yang juga terdapat pada cabai.

Beberapa manfaat jahe antara lain meredakan nyeri, mengatasi mual, menyehatkan tulang, melegakan tenggorokan, menyehatkan kulit, dan pastinya meningkatkan daya tahan tubuh kita.

8. Bayam

Sama seperti brokoli, bayam juga termasuk sayuran sehat yang banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Tidak hanya saja kaya akan vitamin C, bayam juga memiliki kandungan anti oksidan dan beta carotene yang bisa meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, jangan memasak bayam terlalu lama dan konsumsi langsung setelah dimasak.

9. Yoghurt

Mengkonsumsi yoghurt baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Mengkonsumsi yoghurt baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Yoghurt adalah produk olahan susu yang sudah melalui proses fermentasi. Pada yogurt terdapat kandungan bakteri baik yang bisa membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit.

Sama seperti susu dan produk olahan susu lainnya, yogurt memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari yogurt, pilih yogurt tanpa perasa (plain). Jika kamu ingin menambahkan rasa manis, cukup tambahkan bahan alami lainnya seperti madu atau irisan buah.

10. Teh Hijau

Semu jenis teh umumnya memiliki kandungan anti oksidan flavanoids yang mampu menteralisir radikal bebas dalam tubuh. Namun pada teh hijau, terdapat kandungan anti oksidan lain bernama epigallocatechin gallate (EGCC) yang juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Teh hitam juga sebenarnya memiliki kandungan EGCC. Namun pada proses pembuatannya, kandungan ini banyak yang rusak dan hilang.

Dan tidak hanya kaya kandungan EGCC, teh hijau juga kaya akan asam amino L-theanine yang baik untuk membantu meningkatkan produksi senyawa yang bisa membasmi kuman.

11. Biji Bunga Matahari

Kuaci yang berasal dari biji bunga matahari ternyata tidak hanya asyik buat nyemil saja lho! Biji bunga matahari ternyata mengandung banyak nutrisi seperti fosfor, magnesium, vitamin B6, vitmain E, serta anti oksidan yang pastinya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

12. Seafood

Mengkonsumsi makanan laut bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, beberapa jenis makanan laut juga memiliki zinc yang ternyata baik untuk mengurangi resiko infeksi dan meningkatkan respon kekebalan tubuh (terutama pada lansia).

Beberapa makanan laut yang kaya akan zinc adalah hewan bercangkang seperti kerang, kepiting, atau lobster.

Meski begitu, jangan mengkonsumsinya terlalu banyak yah. Pada laki-laki dewasa, asupan zinc yang dianjurkan adalah 11 mg, sementara pada wanita dewasa sekita 8 mg. Jika lebih dari itu, zinc justru akan mengganggu fungsi kekebalan tubuh.

13. Kunyit

Kunyit adalah tanaman yang umumnya dipakai sebagai bumbu dapur. Namun kunyit juga memiliki banyak khasiat yang membuatnya sehat dan aman untuk dikonsumsi secara rutin.

Salah satu kandungan yang membuat kunyit menyehatkan adalah curcumin. Zat yang membuat kunyit memiliki warna kuning khas ini baik sebagai anti-inflamasi yang ampuh untuk melawan radikal bebas dan menghambat perkembangan sel-sel jahat.


Dengan semakin merebaknya virus Corona di Indonesia, ada baiknya jika kita mempersiapkan diri agar tubuh kita bisa lebih kebal terhadap serangan kuman, bakteri, dan virus jahat lainnya.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi minuman dan makanan sehat dari bahan alami yang memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan. Slaah satunya adalah dengan mencuci tangan dengan benar setelah bepergian dan menyentuh benda-benda asing di luar rumah.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *