cari tahu arti odp, pdp, lockdown, epidemi, social distancing, dan istilah corona lainnya

Yuk Cari Tahu Arti PDP, ODP, Lockdown, dan Istilah Corona Lainnya!

Cepatnya penyebaran virus Corona membuat virus ini tidak hanya menginfeksi negara Cina sebagai asal virus saja, tetapi juga menyebar hingga ke seluruh Indonesia, termasuk Indonesia. Tidak kurang ada ratusan ribu orang yang terkena infeksi virus ini dengan ribuan orang meninggal dunia.

Dibandingkan negara lainnya, Indonesia sendiri termasuk telat terkena dampaknya. Di saat Cina berhasil menekan jumlah pasien, di Indonesia virus Corona justru baru mulai menjalankan aksinya. Jadi jangan heran jika kini kamu sering mendengar berita mengenai virus ini di berbagai daerah.

Dengan semakin banyaknya berita mengenai virus Corona, semakin banyak juga istilah baru yang mungkin kita baru dengar. Agar kamu tidak keliru, simak yuk pengertian PDP, ODP, lockdown, dan istilah Corona lainnya!

18 Istilah Virus Corona yang harus Kamu Ketahui

1. COVID-19

Meski kita lebih mengenalnya sebagai Corona, nama yang lebih tepat untuk menyebut virus yang merebak saat ini adalah COVID-19. COVID-19 sendiri merupakan nama resmi yang diumumkan oleh Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus pada 11 Februari 2020 di Jenewa, Swiss.

COVID-19 sendiri merupakan sebuah singkatan di mana CO berasal dari kata Corona, VI yang merupakan penggalan kata Virus, dan D yang mengambil huruf depan kata Disease (penyakit). Sedangkan 19 mewakili tahun di mana virus tersebut ditemukan untuk pertama kalinya di tahun 2019.

2. Wabah

Wabah adalah skenario penyebaran penyakit dalam skala kecil namun berdampak luar biasa. Sebuah penyakit dapat disebut sebagai wabah jika terdapat peningkatan jumlah kasus pada periode waktu, tempat, dan pada populasi tertentu.

Sebagai contoh, ketika pertama kali meningkatnya kasus gangguan pernapasan di area Wuhan, virus Corona masih berupa wabah yang hanya terjadi pada area tertentu saja.

3. Epidemi dan Pandemi

Meski sekilas sama, Epidemi dan Pandemi memiliki skala penyebaran yang jauh berbeda. Pada Epidemi, wabah menyebar ke area yang lebih luas. Sebagai contoh, sebelumnya wabah COVID-19 hanya terjadi di Wuhan, namun setelah menyebar ke banyak provinsi lainnya, maka virus tersebut sudah berstatus Epidemi.

Sedangkan Pandemi artinye menyebar hingga ke luar negara dan berada di luar kendali. Misalnya jika ada turis dari beberapa negara yang pergi ke Cina, dan sepulangnya dari sana ia menularkan virus tersebut pada teman dan keluarganya, maka status penyakit tersebut sudah masuk ke Pandemi.

4. Hazmat Suit

Hazmat Suit adalah alat pelinddung yang dipakai oleh mereka yang berada di garis depan penanganan pasien virus Corona seperti dokter, perawat, atau mereka yang berdekatan dengan pasien positif Corona.

Pakaian ini terbuat dari bahan yang kedap yang menutupi seluruh tubuh dan dilengkapi dengan penutup kepala, masker, sarung tangan, dan kacamata. Dengan begitu virus tidak akan dengan mudah menginfeksi orang yang memakai hazmat suit.

5. Imported Case

Imported case adalah kasus infeksi virus corona yang penularannya terjadi di luar lokasi penderita. Sebagai contoh, jika ada orang Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri dan tertular virus Corona di sana, kemudian ia kembali dan diketahui sakit setelah berada di Indonesia.

Kebalikan dari imported case adalah local transmission di mana pasien tanpa riwayat perjalanan ke luar negeri terinfeksi virus di Indonesia.

6. Isolasi

Isolasi adalah tindakan pemisahan suatu hal dari hal yang lain. Dalam kaitannya dengan virus Corona, isolasi adalah tindakan yang dilakukan untuk memisahkan pasien sakit dari orang sehat.

7. Karantina

Karantina adalah tindakan untuk membatasi pergerakan seseorang untuk melindungi mereka dari sesuatu, atau agar tidak menyebarkan sesuatu kepada orang lainnya.

Meski hampir mirip dengan isolasi, karantina berlaku kepada siapa saja, seperti pada orang yang tepapar virus Corona namun tidak menunjukan gejala. Karena itulah orang yang baru saja pulang dari negara dengan kasus Corona dianjurkan untuk melakukan karantina selama 14 hari.

8. Kluster/Klaster

Cluster/kluster/klaster, dalam kaitannya dengan virus Corona, adalah istilah untuk suatu kelompok dengan satu kejadian kesehatan yang sama.

Sebagai contoh, kluster Depok artinya pasien sama-sama berasal dari daerah tersebut.

9. Local Transmission

Istilah virus corona selanjutnya adalah local transmission. Istilah ini digunakan untuk pasien yang positif virus corona tetapi tidak memiliki riwayat berpergian ke negara terdampak dan tidak ada kontak dengan pasien positif lain sebelumnya. Kebalikan dari local transmission adalah imported case di mana pasien positif Corona tertular di negara lain yang sedang tekena kasus Corona.

10. Lockdown

Istilah Corona yang mungkin sering kamu dengar akhir-akhir ini adalah Lockdown Lockdown sendiri adalah tindakan darurat di mana otoritas tertinggi mengunci akses masuk serta keluar dari suatu daerah atau bahkan satu negara. Dengan begitu, penyebaran virus dapat diminimalisir agr kasus baru tidak cepat bertambah.

11. ODP

ODP adalah singkatan dari Orang Dalam Pemantauan. Istilah ini diberikan kepada seseorang yang pernah melakukan kontak atau berpergian ke negara yang mengalami penyebaran virus corona walau belum menunjukan gejala sakit.

Meskipun tidak menampkn gejala, orang dalam kategori ODP tetap akan mendapatkan pemantauan dari instansi kesehatan setempat.

12. PDP

PDP adalah singkatan dari Pasien Dalam Pengawasan. Orang yang termasuk PDP adalah mereka yang telah dirawat karena menunjukan gejala demam, batuk, dan sesak napas.

Pasien dengan kategori PDP perlu mendapatkan pengawasan, perawatan, dan pengobatan dari tenaga medis.

13. Pasien Negatif

Pasien negatif adalah pasien yang tidak terbukti terinfeksi SARS-CoV-2 melalui hasil pengujian laboratorium. Istilah ini juga bisa diberikan kepada pasien yang sebelumnya dinyatakan positif corona, namun sudah sembuh dan terbebas dari virus itu.

14. Pasien Positif

Positif diberikan kepada seseorang yang sudah terbukti terinfeksi virus corona. Kepastian ini bisa didapat melalui tes swab atau cek usapan lendir saluran pernapasan di laboratorium.

15. Screening Pasien

Screening adalah pemeriksaan sekelompok orang untuk memisahkan orang yang sehat dari orang yang memiliki gejala terinfeksi virus Corona, atau beresiko tinggi terkena virus tersebut.

16. Self-Limiting Disease

Penyakit Corona seringkali disebut tergolong self-limiting disease. Istilah ini merujuk pada kemampuan pasien untuk sembuh dengan sendirinya setelah terinfeksi virus ini. Hal ini sendiri diketahui setelah banyak pasien yang sembuh dari Corona meski hingga kini belum ditemukan obatnya.

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, pasien positif Corona tetap perlu mendapatkan perawatan untuk mengurangi gejala serta mempercepat proses penyembuhan.

17. Social Distancing

Selain lockdown, social distancing adalah salah satu istilah Corona populer dalam menekan upaya penyebaran virus corona. Dengan social distancing, warga dianjurkan untuk menghindari kontak fisik secara langsung dan menjaga jarak dengan orang lain di tempat umum.

18. WFH

Istilah Corona terakhir adalah WFH alias Work From Home. Istilah ini sebenarnya bukan istilah baru karena memang sering digunakan oeh mereka yang bekerja dari rumah. Namun demi mencegah penyebaran virus secara masif, kini banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang juga memberlakukan WFH dan membuat istilah ini semakin dikenal banyak orang.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *