Alternatif susu kental manis yang jauh lebih sehat
Kesehatan

6 Jenis Susu Alternatif Pengganti Susu Kental Manis

Ayo, siapa yang suka minum susu?

Tidak hanya untuk balita dan anak kecil saja, susu bisa dikonsumsi siapa saja yang menginginkan sumber gizi yang baik.

Rasanya yang manis dan gurih membuat penggemarnya selalu mencari produk olahan susu sapi ini di warung terdekat atau di supermarket.

Tidak hanya diminum, susu juga bisa disajikan atau dicampur dengan makanan dan minuman kesukaan kita.

Namun melihat polemik Susu Kental Manis yang akhir-akhir ini banyak diberitakan, ternyata tidak semua yang memiliki embel-embel susu memiliki khasiat yang sama dengan susu asli.

Bila kamu gemar mengkonsumsi Susu Kental Manis baik untuk diri sendiri atau untuk anak tercinta, ada baiknya kamu mulai mencari alternatif lain dari sekarang.

Sebagai permulaan, enam jenis susu pengganti SKM ini bisa menjadi pertimbangan nih!

Alternatif Susu Kental Manis yang Jauh Lebih Sehat!

1. Susu Sapi Segar

Sesuai namanya, susu sapi segar adalah produk alami yang diperoleh langsung dari hasil pemerahan susu sapi.

Susu jenis ini memiliki lebih banyak kandungan nutrisi dibandingkan jenis susu olahan lainnya.

Didapat dari hasil memerah bukan berarti susu sapi bisa langsung diminum yah!

Setelah diperah susu akan disaring terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang ada didalamnya. Setelah itu susu dipanaskan selama 5-7 menit hingga setengah mendidih agar kuman dan bakteri yang ada dalam susu hilang. Baru kemudian susu yang sudah steril ini siap untuk dikemas atau dikonsumsi langsung.

2. Susu UHT

Susu UHT adalah produk olahan susu yang sangat mudah ditemukan baik di warung-warung kecil atau supermarket besar. Rasanya pun beragam mulai dari creamy, coklat, hingga rasa buah.

Berbeda dengan susu segar, susu UHT umumnya akan melewati tahap pemanasan dalam suhu tinggi untuk meminimalisir bakteri dan kuman dalam susu. Karena itulah namanya susu UHT atau Ultra High Temperature.
Tdak hanya membersihkan mikroba, cara ini diklaim efektif untuk membuat produk olahan susu agar tahan lebih lama.

3. Susu Pasteurisasi

Berbeda dengan susu UHT, proses pemanasan pada susu pasteurisasi dilakukan dalam suhu yang lebih rendah namun dalam jangka waktu yang lebih lama.

Bila susu UHT dipanaskan dalam suhu 134 derajat Celcius selama dua detik, susu hasil pasteurisasi hanya dipanaskan pada suhu 72 derajat Celcius selama 15 detik. (sumber)

Hal ini dilakukan agar bakteri dan enzim yang baik bagi tubuh tidak ikut rusak/hilang saat proses sterilisasi. Dengan begitu kandungan yang ada dalam susu ini akan mirip dengan aslinya.

Namun untuk masalah daya tahan, susu pasteurisasi hanya mampu bertahan 2-3 minggu saja dibanding susu UHT yang bisa tahan hingga 9 bulan.

4. Susu Full-cream

Susu Full-cream mudah kita kenali karena biasanya ada label bertuliskan “full-cream” pada kemasannya.

Susu jenis ini adalah susu dengan tingkat lemak yang tinggi dan baik untuk memenuhi asupan lemak harian tubuh.

Dengan lemak sebesar 3.25-3.5%, segelas susu full-cream mengandung 150 kalori dan 8 gram lemak. Jumlah lemak ini setara dengan 12% dari batas konsumsi lemak harian orang dewasa.

Susu full-cream yang umum dijumpai di pasaran

5. Susu Rendah Lemak (Skim Milk)

Jika kamu mencari nutrisi yang sama seperti susu, tetapi ingin memotong jumlah kalori dan lemak, susu bebas lemak (skim milk) adalah pilihan yang baik. Pilihan susu rendah lemak terbaik ini bisa kamu jumpai dengan mudah di mini market atau supermarket terdekat.

Karena memiliki lebih sedikit lemak, hanya ada kurang lebih 0.3% lemak dan 80 kalori dalam susu bebas lemak di setiap gelasnya (236 ml). Jadi cocok banget nih untuk kamu yang ingin tetap sehat tanpa khawatir jadi gemuk.

Ada kesalahpahaman bahwa susu skim ditambahkan air untuk mengurangi kandungan lemaknya, padahal bukan begitu cara membuatnya. Sembilan nutrisi penting, termasuk 8 gram protein berkualitas tinggi di dalamnya, tetap utuh.

6. Susu Evaporasi

Selaras dengan namanya susu evaporasi merupakan jenis susu yang dalam pengolahannya akan dipanaskan hingga kandungan airnya berkurang.

Menggunakan pemanis alami yang berasal dari ekstrak susu segar itu sendiri, serta masa simpan yang cukup lama, susu evaporasi banyak dipilih sebagai minuman sehat untuk keluarga.


Bagaimana, ada banyak kan minuman olahan susu lain yang bisa kamu konsumsi dengan aman? Jadi beralihlah segera dengan alternatif susu kental manis sekarang juga!

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *