13 Alat Tukang untuk Kebutuhan Rumah Tangga

  • Rumah
alat tukang bangunan untuk keperluan rumah tangga

Memiliki alat tukang kayaknya bukan jadi prioritas kebanyakan pemilik rumah. Padahal punya perkakas dan alat bangunan bisa mempermudah kita dalam memasang atau memperbaiki kerusakan kecil di rumah.

Memang sih, sekarang semua serba mudah, kalau ada yang rusak bisa panggil tukang. Apalagi sekarang ada jasa tukang yang bisa dipanggil ke rumah. Cuma sayang kan kalau kerusakan kecil harus nunggu orang lain buat ngerjain?

Lagipula kerusakan kecil mudah kok diperbaiki selama ada alatnya. Dan kalau mau pasang sesuatu, punya alat tukang di rumah bakal ngebantu banget!

1. Mesin Bor

mesin bor unutk melubangi kayu dan dinding

Mesin bor adalah alat khusus yang bisa dipakai untuk melubangi kayu dan dinding.

Dibandingkan menggunakan palu biasa, hasil yang didapat dari mesin bor terlihat lebih rapi dan tidak merusak medium yang digunakan.

Sebagai contoh, kalau pasang paku di dinding dengan palu, biasanya plester dinding suka ikut terkelupas. Dan kalau temboknya lumayan keras, ngetok paku pakai palu itu bisa makan waktu yang lumayan lama. Selain itu penggunaan mesin bor juga lebih pas kalau kamu mau pasang sesuatu di keramik kamar mandi.

Mesin bor sendiri terdiri dari banyak pilihan, kamu bisa pilih yang pakai colokan atau baterai besar. Kalau beli model colokan, jangan lupa juga beli kabel roll karena biasanya kabel mesin bor kurang panjang untuk menjangkau beberapa tempat yang jauh dari stop kontak.

Btw di antara alat tukang lainnya, mesin bor memang tergolong mahal, apalagi untuk merek-merek bagus. Tapi kalau kamu pasang-pasang sesuatu dengan rapi dan cepat, mesin bor itu patut banget dimiliki di rumah.

2. Obeng

obeng set untuk membuka semua jenis mur dan baut

Obeng kayaknya jadi alat tukang yang bakalan sering dipakai di rumah. Tidak cuma buat bongkar pasang peralatan eletronik, obeng juga bisa dipakai untuk memasang perabot rumah, memasang furniture, dan bila perlu bisa jadi pahat beton dadakan.

Bentuk kepala obeng yang paling umum adalah plus (+). Tapi tidak ada salahnya membeli obeng bolak-balik yang juga bisa dipasang jadi obeng minus (-).

Buat yang sering utak-atik barang elektronik atau mainan anak, pertimbangkan juga obeng berukuran kecil dan panjang yang lebih mudah menjangkau mur pada barang-barang tersebut. Terus buat yang hobi utak-atik motor, coba cek obeng set yang hadir dengan beragam kepala obeng dengan berbagai ukuran.

3. Test Pen

obeng test pen untuk memeriksa arus listrik

Mirip dengan obeng, tapi punya fungsi khusus untuk mendeteksi arus listrik. Pada bagian ujungnya terdapat lampu atau layar LED yang akan menyala bila sebuah benda dialiri listrik. Jadi cocok dipakai untuk mengetahui apakah instalasi listrik aman atau tidak saat akan diperbaiki.

4. Palu

palu kambing untuk memasang dan memperbaiki banyak hal

Palu adalah alat serbaguna yang bisa dipakai untuk memasang paku, mengencangkan, dan memperbaiki atau memipihkan sesuatu.

Ukuran palu sendiri bermacam-macam mulai dari yang kecil untuk pekerjaan ringan hingga palu besar untuk heavy duty. Untuk penggunaan rumah tangga, pilih saja palu ukuran sedang, bila perlu cari yang gagangnya sudah dilapisi karet agar lebih nyaman saat digunakan.

Dan saat membeli palu, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli palu kambing yang salah satu ujungnya bisa digunakan untuk mencabut paku.

5. Tang

tang kombinasi serbaguna

Buat saya, tang kombinasi juga jadi salah satu alat tukang yang bakal sering dipakai di rumah selain obeng. maklum, tang bisa jadi alat serbaguna yang memudahkan kita untuk memegang benda, memuntir, mencabut paku, mengencangkan mur, hingga memotong kawat dan kabel.

6. Gergaji

gergaji besi untuk memotong besi, pipa, hingga kayu

Gergaji jadi alat penting untuk urusan potong-memotong benda seperti kayu, pipa, ataupun besi.

Gergaji sendiri terdiri dari gergaji kayu dan gergaji besi. Tapi dari pengalaman saya, gergaji kayu akan jarang terpakai kecuali kamu akan sering menggunakannya untuk memotong dahan pohon yang cukup besar atau memanfaatkan kayu dan triplek bekas untuk menambal dan membuat perabotan rumah tangga.

Sebagai persiapan, rasanya lebih baik memiliki gergaji besi yang bisa digunakan untuk memotong beragam hal mulai dari besi, kayu kecil, pipa air, pipa talang, dan lain sebagainya.

7. Gunting Seng

gunting baja ringan untuk memotong seng, fiber, dan dahan pohon

Meski sama-sama gunting, gunting baja ringan umumnya bisa digunakan untuk memotong benda yang lebih tebal dan lebih keras. Cocok untuk kamu yang ingin memotong kawat, seng, karpet talang, fiber, dan sebagainya.

Dan jika kamu sering mengurus tanaman dan pohon kecil, gunting seng juga bisa beralih fungsi sebagai gunting tanaman.

8. Meteran dan Penggaris Besi

meteran untuk mengukur dengan presisi

Pernah dengar istilah, “measure twice, cut once”?

Agar kamu tidak salah melakukan pemotongan atau pemasangan, ukur terlebih dahulu dengan seksama menggunakan meteran atau penggaris besi.

Gunakan meteran untuk mengukur jarak yang jauh. Untuk pengukuran yang lebih presisi, gunakan penggaris besi, bila perlu yang dilengkapi dengan siku.

9. Lem dan Perekat

lem dan perekat serbaguna

Lem dan perekat jadi dua peralatan penting yang akan sangat berguna untuk kamu yang ingin memperbaiki banyak hal dengan cepat (quick fix).

Mulai dari pipa yang pecah, kabel yang terkelupas, perabot yang patah, hingga tangki air yang bocor bisa diatasi dengan lem dan perekat yang baik.

Untuk lem, kamu bisa menyetok lem Korea atau lem epotec atau lem G. Lem serbaguna ini bisa digunakan untuk merekatkan banyak benda mulai dari pipa, plastik, fiber, hingga sol sepatu.

Untuk perekat, kamu bisa menggunakan lakban kain yang cukup lengket, tahan air dan mudah digunakan dengan cara disobek.

10. Waterpass

waterpass

Waterpass sebenarnya bukan alat tukang yang harus kamu punya di rumah. Tapi kalau kamu perfeksionis dan ingin agar perabot yang kamu pasang rata, maka waterpass jadi alat bangunan yang penting untuk kamu punya.

11. Tangga

tangga lipat teleskopik untuk menjangkau tempat tinggi

Tangga jadi alat bangunan penting untuk menjangkau tempat-tempat yang tinggi di rumah. Mulai dari mengganti lampi, mengecek AC, mengecat tembok, sampai memperbaiki atap akan selalu butuh bantuan tangga, apalagi jika tembok rumah kamu tergolong tinggi.

Ukuran tangga sendiri bermacam-macam, jadi sebelum membeli perkirakan dulu tingginya agar pas dengan kebutuhan rumah.

Btw ukuran tangga alumunium bisa cukup besar untuk disimpan di rumah. Supaya lebih praktis, kamu bisa mempertimbangkan model tangga teleskopik yang tingginya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan mudah dilipat.

12. Sarung Tangan Karet

sarung tangan karet

Dalam melakukan pekerjaan kasar, kecelakaan sangat mungkin terjadi, apalagi beberapa alat tukang memiliki ujung yang tajam dan ukuran yang relatif berat. Nah, agar tangan tetap terlindungi, sarung tangan karet jadi alat pelindung yang bisa kamu punya di rumah.

Tidak hanya melindungi tangan dari benda tajam, sarung tangan karet juga bisa membantu melindungi kamu saat memperbaiki instalasi listrik.

13. Sendok Semen

sendok semen

Alat tukang serbaguna lain yang bisa kamu miliki di rumah adalah sendok semen. Meski namanya sendok semen, alat ini bisa digunakan untuk banyak hal mulai dari membersihkan rumput, menggali lubang, memotong dahan kecil, mengelupas cat dinding, dan masih banyak lagi.


Itu dia beberapa alat tukang untuk kebutuhan rumah tangga yang bisa kamu miliki di rumah. Dengan begitu kamu bisa melakukan perbaikan kecil sendiri tanpa harus memanggil tukang.

Setelah memiliki alat-alat di atas, jangan lupa untuk membeli tool box agar kamu bisa menyimpan semua alat tersebut dengan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *