Tips sehat selama berpuasa
Kesehatan

9 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan

Tidak terasa beberapa minggu lagi kita sudah akan memasuki bulan Ramadhan. Di bulan yang suci ini, umat muslim akan mulai melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Saat menjalani bulan puasa, beberapa dari kita pasti akan mengalami perubahan pola gaya hidup. Jika tadinya kita bangun cukup siang hingga melewatkan waktu shubuh, justru kini kita harus bangun jauh lebih awal untuk melaksanakan sahur.

Begitu pula dalam hal makanan. Jika sebelumnya kita bisa bebas menyantap makanan apa saja kapan saja, maka kini kita hanya bisa makan di jam tertentu saja.

Karena itulah, mumpung belum bulan puasa ada baiknya jika kita latihan dulu agar badan tidak kaget saat nanti mulai puasa di bulan Ramadhan. Dan untuk menjaga kesehatan tubuh selama bulan puasa, kamu bisa melakukan 10 tips singkat berikut ini.

Tips Sehat Agar Selalu Fit Selama Berpuasa

1. Jangan Melewatkan Sahur

Jika memungkinkan, hal pertama yang bisa kamu lakukan agar selalu fit selama berpuasa adalah dengan tidak melewatkan waktu sahur. Sahur sendiri sangat penting karena di waktu inilah kamu bisa mengisi energi untuk digunakan hingga waktu berbuka. Jika terlewat, kamu akan lebih mudah merasa haus dan lapar serta lebih mudah lelah saat beraktifitas. Tidak hanya itu, tidak menutup kemungkinan kamu akan mengalami gejala maag saat berpuasa.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Mengkonsumsi sayur dan buah sebenarnya tidak hanya baik dilakukan saat berpuasa saja. Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, sayur dan buah-buahan adalah makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Karena itulah, kamu bisa memperbanyak konsumsi sayur dan buah selama berpuasa.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, sayur dan buah juga mengandung banyak serat. Selain bagus untuk pencernaan, serat juga bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, kandungan air dalam buah dan sayur jug abisa membantu kita untuk tetap terhidrasi selama berpuasa.

Beberapa buah yang baik dikonsumsi selama bulan puasa antara lain alpukat, brokoli, tomat, hingga pepaya. Meski begitu, ada baiknya jika kamu menghindari buah yang mengandung asam atau citrus seperti jeruk atau lemon, terutama saat berbuka. Dengan tingkat keasamannya yang tinggi, perut ini malah bisa membuat perut kita kaget saat disantap saat perut dalam keadaan kosong.

3. Penuhi Asupan Cairan

Penuhi asupan cairan agar tidak dehidrasi saat berpuasa
Penuhi asupan cairan agar tidak dehidrasi saat berpuasa

Salah satu tantangan terbesar di bulan puasa adalah menahan rasa haus, apalagi di kondisi cuaca beberapa minggu ini yang panasnya bisa lumayan menyengat. Karena itulah, kita harus memastikan kalau di saat sahur kita sudah memenuhi asupan cairan yang cukup untuk berpuasa seharian.

Kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan dehidrasi. Efek dari dehidrasi pun sangat beragam, mulai dari bikin saki kepala, mudah mengantuk, hingga merasa cepat lelah. Bila dehidrasi ini cukup parah, maka ada bahaya kesehatan serius yang bisa mengintai tubuh kita.

Lalu apa yang bisa kita lakukan?

Pertama, yang jelas kita harus sering minum. Tidak perlu sampai kekenyangan, yang penting cairan secara rutin dikonsumsi. Dan kalau bisa, minum air putih saja, jangan meminum minuman manis seperti sirup atau teh manis.

Kedua, jangan minum terlalu banyak di saat sahur. Telalu banyak mengkonsumsi air di pagi hari malah akan membuat kita lebih sering buang air kecil. Ini malah bisa membuat cairan di tubuh kita berkurang dengan cepat.

4. Hindari Makanan Berminyak

Bagi kebanyakan orang, gorengan rasanya jadi menu yang banyak disajikan saat berbuka puasa. Lagipula siapa sih yang tidak senang dengan risol, tempe goreng, tahu goreng,atau bakwan yang disajikan hangat saat berbuka?

Meski begitu, makanan yang digoreng dengan minyak ini sebenarnya bukanlah makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Karena sulit dicerna, perut jadi sulit untuk mencerna gizi pada makanan lainnya. Ini membuat perut tidak terasa kenyang dan malah membuat kita makan lebih banyak.

Jika kamu tidak bisa berpisah dari gorengan, ada baiknya jika kamu membuatnya sendiri. Dengan begitu bahan-bahan serta minyak yang digunakan sudah pasti lebih baik dibanding membelinya di tempat lain.

5. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis adalah hidangan lain yang umum kita temukan di bulan puasa. Mulai dari kue, es buah, sirup, teh manis, hingga jajanan tradisional berbahan dasar gula menjadi makan favorit berbuka banyak orang.

Berbuka dengan yang manis memang menjadi salah satu anjuran agama, namun jangan sampai kamu mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis secara berlebihan. Begitu pula saat sahur, jangan sampai kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis.

Sama seperti karbohidrat, gula adalah makanan yang bisa dijadikan sumber energi. Bedanya, gula lebih cepat diolah oleh tubuh. Karena itulah, mengkonsumsi gula saat sahur akan membuat kita bersemangat di pagi hari. Namun saat siang hari ketika gula sudah habis dicerna, tubuh malah akan terasa lemas.

Begitu pula saat berbuka. Mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan akan membuat kadar gula dalam tubuh meningkat secara drastis. Pada beberapa orang, efek yang ditimbulkan biasanya berupa sakit kepala. Jika terlalu sering, hal ini akan berbahaya untuk tubuh kamu lho!

Karena itulah, batasi makanan dan minuman manis saat berpuasa. Makan dan minum secukupnya saja. Jika kamu ingin mengkonsumsi makanan manis, makan saja kurma yang tidak hanya manis tapi juga sehat, mengenyangkan, dan sesuai anjuran nabi.

6. Lakukan Olahraga Ringan

Meski dalam keadaan berpuasa, bukan berarti kita tidak bisa melakukan aktifitas berat seperti berolahraga. Olahraga sendiri sangat baik untuk kebugaran tubuh agar kita tetap fit selama berpuasa. Selain itu, olahraga juga membantu kita berkeringat dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Agar olahraga tidak banyak mempengaruhi puasa, kita bisa melakukan olahraga ringan saja seperti jalan kaki. Sebagai alternatif, kamu juga bisa berolahraga di sore hari menjelang berbuka agar energi yang banyak hilang saat berolahraga bisa segera disi kembali saat berbuka.

7. Makan Secara Bertahap

Hayoh, siapa yang kalau buka sering kalap makannya?

Berhubung seharian tidak makan dan minum, biasanya banyak nih di antara kita yang saat berbuka justru makan dengan kalap. Pokoknya semua yang disajikan langsung habis dimakan. Padahal yang kayak gini tidak baik untuk badan lho!

Selain membuat perut kaget karena langsung kemasukan banyak makanan, makan terlalu lahap saat berbuka juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Dan jika kamu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis, kadang kepala bisa terasa sakit setelah makan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, cukup berbuka seadanya saja. Yang paling baik adalah meminum segelas air dan beberapa butir kurma. Setelah selesai shalat, kita bisa makan makanan ringan dan tidak terlalu banyak agar perut tidak begah saat shalat tarawih. Nanti setelah tarawih, kita bisa lanjut makan lagi secukupnya.

8. Tidur yang Cukup

Di bulan puasa, waktu tidur menjadi salah satu perubahan gaya hidup yang mungkin sangat terasa. Jika biasanya kita bisa begadang semalaman, kini kita harus bangun lebih awal untuk melaksanakan sahur. Belum lagi jika kamu melakukan amalan-amalan di sepertiga malam terakhir, sudah pasti waktu tidur kamu akan semakin berkurang.

Untuk meyiasatinya, rasanya tidak ada cara lain yang lebih ampuh dibanding mengganti waktu tidur itu sendiri. Tidak perlu waktu seharian, tidur selama 30-60 menit di siang hari sudah cukup bagi kita untuk menyegarkan badan agar tidak lagi mengantuk.

9. Konsumsi Vitamin Bila Perlu

Selama berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan seperti biasanya. Tergantung dari apa yang kita makan saat sahur dan berbuka, vitamin dan mineral yang kita dapat bisa jadi berkurang selama puasa.

Untuk mengatasinya, kita bisa meminum suplemen tambahan agar nutrisi harian tubuh tetap dapat terpenuhi. Salah satu suplemen yang bisa dikonsumsi adalah vitamin C. Selain meningkatkan kekebalan tubuh saat berpuasa, vitamin C juga berfungsi sebagai anti oksidan dan membantu penyerapan zat besi dari makanan.

Blogger yang punya terlalu banyak minat dan selalu nagih dengan bacaan menarik di internet. Mencoba naik pangkat dari silent reader dan ingin tahu rasanya jadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *