10 Selebrasi Gol Unik dan Paling Dikenang Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Melakukan selebrasi setelah mencetak gol adalah hal yang lumrah dilakukan pemain sepak bola manapun. Mau pake gaya yang cool atau pake koreografi, selebrasi gol yang khas bisa juga menjadi trademark bagi seorang pemain. Namun sayangnya tidak banyak yang mengingat selebrasi gol seorang pemain kecuali gol tersebut dicetak di momen-momen penting.

Bicara momen penting, apalagi momen paling berharga bagi pesepakbola selain bisa mencetak gol di Piala Dunia dan merayakannya dengan cara mereka sendiri. Pada momen seperti ini, selebrasi yang tampak biasa bisa jadi luar biasa.

Berikut ini adalah 10 selebrasi gol paling dikenang sepanjang sejarah Piala Dunia versi BlogRumahan.com.

10 Selebrasi Gol Unik Piala Dunia

10. Siphiwe Tshabalala (2010)

Setelah berhasil mencetak gol pertama di Piala Dunia 2010 dalam laga pembuka antara tuan rumah dan Meksiko, Tshabalalala mengajak rekan-rekannya untuk melakukan gerakan dansa yang mirip dengan koreografi Macarena yang sempat terkenal di era 90-an.

9. Finidi George (1994)

Selebrasi yang dilakukan Finidi George saat melawan Yunani ini termasuk ‘nyeleneh’.

Bagaimana tidak, setelah mencetak gol ia berlari ke sudut lapangan lalu merangkak dan melakukan gerakan yang mirip dengan anjing yang sedang buang air kecil.

8. Robbie Keane (2002)

Berbicara mengenai selebrasi gol unik, Robbie Keane adalah salah satu pemain yang memilki ciri khas, dan Piala Dunia 2002 menjadi ajang bagi dirinya untuk menunjukan pada dunia selebrasi uniknya tersebut.

Mencetak gol voli cantik saat melawan Arab Saudi, Keane berlari dan melakukan gerakan akrobatik salto khasnya sambil dikejar dan dikerubingi rekan-rekannya.

Selebrasi golnya ini akhirnya diakhiri dengan gaya memanah ala Robin Hood ke arah kamera.

7. Julius Aghahowa (2002)

Pemain asal Nigeria, Julius Aghahowa, juga terkenal dengan saltonya setiap kali ia mencetak gol. Dan dibandingkan Keane, salto milik Aghahowa jelas lebih baik, haha.

Di Piala Dunia 2002, Julius mempertontonkan skill akrobatiknya setelah ia berhasil menyundul bola masuk ke gawang Swedia. Yang unik, saltonya tidak hanya dilakukan 1-2 kali, tapi bisa 5-7 kali.

6. Marco Tardelli (1982)

Apa yah rasanya mencetak gol di final Piala Dunia? Mungkin selebrasi gol Marco Tardelli bisa menggambarkan hal tersebut.

Menjadi pencetak gol kedua dalam laga final Piala Dunia melawan Jerman Barat yang berakhir 3-1, Tardelli berlari sambil berteriak dan meluapkan semua emosinya di lapangan.

5. Diego Maradona (1994)

Pemain terbaik sepanjang masa dari Argentina, Diego Armando Maradona, menunjukan ekspresi yang tidak biasa saat mencetak gol ke gawang Yunani di Piala Dunia 2014.

Berlari mendatangi kamera, Maradona berteriak sambil melotot dan bertingkah layaknya orang yang sedang kesurupan. Aksinya ini menimbulkan kecurigaan dan membuatnya dipanggil untuk menjalani tes urine.

Dan benar saja, Maradona ternyata positif memakai doping dan akhirnya harus pulang lebih awal dibanding rekan-rekannya.

4. Andrés Iniesta (2010)

Andrés Iniesta menjadi pencetak gol kemenangan dan satu-satunya gol yang tercipta pada laga Final Piala Dunia antara Spanyol dan Belanda di tahun 2010.

Sempat mengalami kebuntuan selama 90 menit, sepakan Iniesta di menit ke 116 membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia pertama mereka.

Selebrasi gol Iniesta sendiri berkesan karena pesan yang ditulis pada kaus dalamnya yang berbunyi, “Dani Jarque siempre con nosotros” (“Dani Jarque, selalu bersama kami”). Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan bagi rekannya yang meninggal pada 2009.

Sejak saat itu, Andrés Iniesta selalu mendapat sambutan hangat di hadapan supporter Espanyol, klub Dani Jarque terakhir, meski keduanya adalah rival sekota.

Embed from Getty Images

3. Brian Laudrup (1998)

Laudrup bersaudara adalah legenda timnas Denmark dan boleh dikatakan sebagai salah satu pemain terbaik di dunia saat itu. Skill dan ketenangan keduanya berhasil membawa Denmark hingga babak perempatfinal.

Salah satu contoh ketenangan Brian Laudrup bisa kamu lihat dari selebrasinya yang super cool saat berhasil mencetak gol ke gawang Brazil.

Embed from Getty Images

2. Bebeto (1984)

Selebrasi gol striker timnas Brazil di Piala Dunia 1994 ini sangat ikonik sampai-sampai masih ditiru sampai saat ini oleh pemain yang baru saja menjadi seorang ayah.

Setelah mencetak gol yang cukup impresif ke gawang Belanda, Bebeto berlari ke pinggir lapangan dan memposisikan tangannya seperti sedang memegang bayi lalu mengayunkannya.

Rekan setimnya, Mazinho dan Romario, lantas mengikuti gerakan ini dan membuatnya menjadi salah satu selebrasi gol paling dikenang sepanjang masa.

1. Roger Milla (1990)

Bicara selebrasi yang paling ikonik di Piala Dunia tidak lengkap tanpa sosok pemain yang satu ini. Pemain timnas Kamerun yang sempat merumput di Liga Indonesia ini menyihir para penonton tidak hanya melalui gol-golnya tapi juga selebrasinya yang asik.

Mungkin tidak banyak yang ingat kalau Milla mencetak empat gol dan membawa Kamerun sampai babak perempat final. Mungkin tidak banyak juga yang tahu kalau Milla masuk tim All-star Piala Dunia 1990 mengalahkan striker legendaris lain seperti Gary Lineker atau Rudi Völler.

Tapi kalau selebrasi golnya dengan berjoget di sudut lapangan siapa yang bisa cepat lupa?

Hai, bila kamu menyukai tulisan ini, jangan segan untuk membagikannya yah!

2 thoughts on “10 Selebrasi Gol Unik dan Paling Dikenang Sepanjang Sejarah Piala Dunia”

    1. Eh, baru ngomongin selebrasinya, belum masuk ke daftar pemain terbaiknya mas, hihihi

      Btw klo dibilang terbaik mungkin iya. Ayah saya dulu fans berat Maradona, katanya nggak ada lagi tuh pemain kyk dia, dewa bgt skillnya. Napoli yang nggak banyak pemain bintangnya aja bisa dibawa Scudetto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *